Tutorial Mengatasi Soft Brick pada Beberapa Smartphone Android Samsung

Oct 2, 2012 by Under Tips & Trik - 83 Comments  

Bagi anda yang terbiasa dengan smartphone android, terkadang kita mengalami Soft Brick atau bahasa simpelnya kegagalan dalam instalasi software. Tutorial kali ini akan memperlihatkan cara mengatasi problem Soft Brick pada beberapa smartphone android Samsung.

Secara garis besar masalah Soft Brick disebabkan oleh gagalnya device masuk ke os. Hal ini disebabkan karena macam-macam hal.

Untuk smartphone Samsung android biasanya dikarenakan downgrade os yang tidak direkomendasikan, salah memasukan file-file firmware sesuai dengan firmaware device tersebut, atau kegagalan saat flashing dan lain-lain.

Beda dengan Hard Brick yang disebabkan oleh masalah hardware. Masalah pada hardware sering kali disebabkan oleh kerusakan pada hardware, overclock/underclock atau memodifikasi hardware.

Kali ini kita akan membahas tutorial mengatasi masalah Soft Brick pada smartphone android Samsung. Ciri-ciri device yang mengalami Soft Brick  ialah, tidak bisa masuk recovery (CWM), tidak bisa masuk masuk pada mode fastboot ( downloading mode), dan tidak bisa menyala saat dinyalakan atau saat charging.

Tutorial ini sukses beberapa kali digunakan dengan beberapa device Samsung Android berikut ini:

  • Galaxy S GT i9000.
  • Galaxy Mini GT – S5570
  • Galaxy Gio GT – S5560
  • Galaxy Ace GT – S55830

Bagi yang device yang tidak tertulis diatas tidak dianjurkan untuk mengikuti tutorial mengatasi Soft Brick ini. Jika mau mencoba, resiko tetap pada anda. Link download akan kami sertakan untuk beberapa file yang berbeda.

Bahan-bahan yang diperlukan ialah sebagai berikut;

  1. Download dan instal driver usb Samsung disini
  2. Download dan ekstrak Firmware di XDA Developer atau di samfirmware (untuk samfirmware biasanya diminta register terlebih dahulu), dan pilih firmware sesuai model yang dipakai
  3. Cari Odin yang kompatibel dengan device anda. Setiap device memiliki odin yang berbeda-beda. Link download disediakan di bagian paling bawah.

Untuk beberapa file harus diperhatikan dengan seksama, agar tidak salah memakai odin dan firmware. Untuk Firmware, anda bisa mencarinya di XDA developers atau di samfirmware.

berikut ini file odin yang harus dijadikan bahan (firmware silahkan ke xda atau samfirmware). Perhatikan, jangan mengambil odin untuk yang bukan devicenya.

Jika semua sudah didownload, maka sekerang tahap pelaksanaan flashing.

  • Buka file odin dan masukan ops. Bagi yang tidak ada seperti file ops, maka tidak usah. Untuk Galaxy S, silahkan pilih salah satu file Pit, lalu centang repartition. Untuk Galay Gio, Mini, Ace, tidak usah memakai repartition.
  • Masukan file firmware pada Odin. Jika pada firmware hanya memiliki 1 file, maka ceklis One Package, dan masukan 1 file tersebut. Bagi yang terdapat 3 file pada firmwarenya, maka Code = PDAModem = PhoneCSC = CSC.
Cara mudah mengatasi Soft Brick pada Android Samsung
  • Setelah memasukan berbagai file tersebut, jangan pernah menceklis kolom-kolom yang tersedia sesuai yang dianjurkan.
  • Lepaskan baterai, Sim Card, MicorSD pada device anda.
  • Sambungkan kabel USB ke device
  • Tekan tombol Downloading Mode ((volume down + Home + Power) tanpa baterai.
  • Tetap tekan tombol Downloading Mode sambil memasukan baterai kedalamnya.
  • Jika berhasil, maka odin akan mendetect device anda dan device anda menyala dalam mode Downloading mode. Seandainya device menyala, namun odin tidak mendetect, maka kesalahan terletak pada driver usb anda.
  • Lepaskan Tombol Downloading Mode (kabel tetap tersambung ke device).
  • Tekan tombol Start pada odin, dan biarkan prosesnya berlangsung.

Jika pada beberapa percobaan gagal, usahakan pada kesempatan selanjutnya timing/waktu saat memasukan baterai harus lebih tepat. Segala tutorial ini sudah dilakukan beberapa kali dengan berbagai kali kesempatan. Selamat mencoba.

  1. Razaldin
    Oct 21, 2012

  2. Gan kalo ane pake kabel datanya BB bisa gk?

  3. razaldin
    Oct 21, 2012

  4. gan kalo pake kabel data punya BB bisa gk?

  5. Akbar
    Nov 16, 2012

  6. @razaldin: bisa saja.
    @Windy Febrianto : Sudah coba metode diatas?

  7. retu
    Nov 29, 2012

  8. ”Tetap tekan tombol Downloading Mode sambil memasukan baterai kedalamnya”

    klo tetep gak bisa masuk download mode gimana boss?tp posisi device kedetect sama odin….. syarat flasing pake odin kan harus masuk download mode terlebih dahulu…. mohon bimbingannya….

  9. Akbar
    Nov 30, 2012

  10. @retu: klo udah kedetect sama odin biar ga masuk downloadin mode, itu berarti bisa ke flashing. jd dalam artian ada juga kasus seperti itu, jika udah kedetect odin, klik start n flash aja.

  11. Gilang
    Dec 1, 2012

  12. “klo udah kedetect sama odin biar ga masuk downloadin mode, itu berarti bisa ke flashing. jd dalam artian ada juga kasus seperti itu, jika udah kedetect odin, klik start n flash aja”.
    .Udh q cb tp ttp j gk sukses gan, mlae mlm ampk pagi q biarin proses gt mulu gan. gmn gan -,-)??

  13. retu
    Dec 3, 2012

  14. @gilang bnr gan,,, hampir 6 jam ”starting connection” mulu… kmrn saya bawa k tmpt service d flas pake box jtag data masuk tp ttp gk mau booting,katanya mesti pake usb zig spya bisa masuk download mode,kemudian flashing pake odin,skg hh saya masih keadaan brick karena keterbatasan alat… sempet bikin usb zig tapi gak pernah berhasil…

  15. Akbar
    Dec 4, 2012

  16. @gilang & Retu: saya mengalami kasus seperti itu pada Galaxy Gio dan Galaxy S, namun bisa berhasil memakai metode diatas. coba dicek USB drivernya sudah benar2 terpasng atau belum?

  17. chandra
    Dec 24, 2012

  18. gan,, samsung gio ane kok tiba2 gak bisa internetan??
    mohon solusinya gan….

  19. joe slash
    Feb 15, 2013

  20. thx bray!!!Samsung Gtab 2.10.1 berhasil direcovery ^_^

  21. ardie
    Mar 2, 2013

  22. HP saya samsung Ace GT 5830.. mulai kemarin ada masalah yaitu kartu operator tidak terbaca, alias tidak ada layanan yg tersedia.
    namun di hp lainnya kartu saya tidak bermasalah.

    kira” ada problem apa gan?? bagaimana cara mengatasinya??
    thank

  23. bagust
    Mar 3, 2013

  24. gan kalo samsung gt s5570 ane sama sekali gx ada tanda2 kehidupan alias mati total tadinya cuman saya flash pake odin tiba2 kabel usbnya ke cabut ama saya sampe sekarang odin gax mau detect tu hh , gimana ya gan…….

  25. arnold
    Mar 6, 2013

  26. kalo young bisa gak gan ??

  27. Alex
    Mar 25, 2013

  28. sip gan! sukses galmin ane. sudah gak ada masalah lagi.
    mikirnya takut gak bisa, setelah coba tutorialnya dari agan udah beres dan udah hidup dengan selamat.. :D

  29. Fikri
    Mar 25, 2013

  30. @Alex: Congratulation untuk anda. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya :)

  31. Tika
    Apr 9, 2013

  32. itu yg gio GT-S5560 atau GT-S5660 ? Trims.

  33. kholid
    Apr 11, 2013

  34. gan punya saya Samsung galaxy ace duos,udah q ikutin cara datas tapi ttp gk bisa masuk download mode
    brp detik ira2 gan mencet tombol n masukin batrei nya?

  35. muhammad kholid
    Apr 11, 2013

  36. berpa detik gan antar nekan combo tombol dg masukin batreinya?

  37. shinta
    Apr 11, 2013

  38. mohon bantuannya

    hp saya samsung galaxy mini GT S5570 versi 1
    untuk charge via usb knapa ga connect yah.

    dari menu nirkabel dan jaringan , ga ada menu utilitas usb…

    mohon di bales

  39. Fikri
    Apr 11, 2013

  40. @shinta: Coba lakukan reset ulang HP, mungkin bisa menjadi solusi utama.

  41. shinta
    Apr 11, 2013

  42. ikutin tutorial d atas gitu?

  43. ardy
    Apr 14, 2013

  44. Gan pux ane gt-s5570i keadaan mati..
    pas ane ikutin diatas bner ke detect tp tiba” remove sndri dan gagal…
    tolong bntuanx gmna gan….
    pleace….

  45. anto
    Apr 21, 2013

  46. gan saya punya Galaxy s5660 tiba tiba ga bisa booting, terus getaran nyala terus, ada rekan yang punya masalah spt itu,.. mohon bantuannya,..

  47. dafid
    Apr 27, 2013

  48. Gan ane punya samsung Wave 5253 gagal flasing dan sekarang hanya bisa loading saja sampai tulisan samsung wave525
    dan udah beberapa kali nyoba trik tapi belum bisa yg jadi maslah HP g kedetek di komputer

    punya solusi g gan..dan juga g bisa masuk menu download

    terimakasih

  49. abi
    May 5, 2013

  50. gan punya ane g GTi9000 yg mati total ,.. aq coba cara diatas di odin g mau muncul kodenya gan gmn .. terima kasih

  51. tobears
    May 6, 2013

  52. kalo galaxi chat gt-b5330 cara downgrade ke stock rom dgn odin bagaimana tutorialnyaa

  53. yura
    May 16, 2013

  54. gan, HH ane udah ke detect sama odin, tapi pas di start odinnya ada tulisan di messagenya begini gan — cannot open the usb serial port. code: 5, itu gimana gan?

  55. masbay
    Jun 3, 2013

  56. gan,device nya aja ga mau nyala.cuma anget doank. gimana mau ke detect sama kompinya gan? ada solusinya gak nih?
    cara di atas sudah saya lakukan semua

  57. hanmut
    Jun 9, 2013

  58. pake box Z3x masalah teratasin dan ga usah nunggu hp masuk ke download mode .. jalankan software Z3x sambungkan kabel Rj45 dan usb masukan firmware yang sesuai kemudian tekan menu flashing ukuti petunjuk di menu Z3x tekan tombol on dibarengi pasang batrey tunggu pc membaca usb hp dan biarkan proses flashing finish …mantap… cendolnya dong….

  59. fendiC
    Jun 9, 2013

  60. Gan hp ane samsung Ace s5830 hpnya dihidupin kok cuma ada tulisan samsung mulu, tolong dibantu

  61. Oomdy
    Jun 16, 2013

  62. Gan Galmin ane abis flashing rebot malah gak nongol2 mati total, udah di coba cara diatas kok gak nongol2 ya di odinnya ? ke download mode sebelum colok batre kira kira berapa lama ya timeing nya ?, trims kasih

  63. huang
    Jun 19, 2013

  64. gan klw recovery bisa tapi setelah recovery pun tetep ga bisa masuk ke menu ,klw untk samsung young gimana ya ? n odin versi apa yg perlu di gunakan tq bro …

  65. Akbar
    Jun 21, 2013

  66. Shinta: Mungkin kerusakan ada di port USB
    Ardy: Dicoba lagi. Mungkin timingnya kurang pas
    Anto: udah coba tutorial diatas?
    dafid: Samsung Wave bukan android ya? jd mungkin ga bisa dengan cara diatas

    Abi: Mati total kenapa? Klo softbrick bisa pake cara diatas
    Tobears: Download rom nya, lalu instal pake odin.
    Yura: Itu drivernya belum kepasang.
    Masbay: Awalnya kenapa? Semua yg softbrick juga dlm keadaan mati
    Fendic: Coba download rom n instal via odin. gampang kog.
    Oomdy: dicoba lag. mungkin timingnya kurang pas.

    All maaf baru dijwb :)
    Semoga membantu :)

  67. benny Chandra
    Jun 22, 2013

  68. Gan HP ane ga bisa masuk ke Download Mode gmana cara gan supaya bisa download mode soalnya kalo di hidupkan m,asih bisa nya layarnya apakan itu yang di sebut Softbrick…tolong bantuannya gan

  69. benny Chandra
    Jun 22, 2013

  70. apa beda nya softbrick dengan hardbrick

  71. Akbar
    Jun 25, 2013

  72. Benny Chandra: Smartphone yang dipakai apa? Klo normal tp dikatakan ga bisa masuk downloading mode itu ga mungkin. Smartphone samsung android semua bisa masuk downloading mode.
    Softbrick = masalah di software atau os
    Hardbrick = Masalah di hardware

  73. mega
    Jun 28, 2013

  74. tiba tiba hp gga bisa nyala dan di cas. nyala tapi ada tulisan peringatan os. itu kenapa ya ? tipe hp nya samsung gt-b5330

  75. hadyan
    Jun 28, 2013

  76. gan, hp ane Shuvit, sekarang lagi brick. itu tadinya ane install cusrom android JB 4.1.2 trus ane downgrade ke Gb 2.3.4. pas flashing via odin, file firmwarenya kayanya ane salah tapi ane tetep paksa flash akhirnya sekarang ngebrick n ga bisa masuk ke recovery mode. udah ane coba install CWM 5 tp tetep ga bisa masuk ke recovery. solusinya gimana ya gan? trims..

  77. gealgeol
    Jun 28, 2013

  78. gan ane salah masukin file di kolom phon malah jadi kedapkedip hpnya langsung gk kdetek comportnya solusinya gmn gan????

  79. gealgeol
    Jun 28, 2013

  80. harusnya di kolom phon di isi file modem ini malah saya masukin file DefaultCalDataWithBoot_S5830iXXKK5_REV00.tar.md5 hp jadi bgitu ,, ada solusinya gk gan????

  81. gealgeol
    Jun 28, 2013

  82. oea hpnya samsung glaxy ace gt-s5830i gan

  83. gealgeol
    Jun 28, 2013

  84. oea hpnya samsung glaxy ace gt-s5830i gan.. thanxs

  85. adib
    Jun 29, 2013

  86. Akbar : Gan ane punya masalah hh gal ace ane brick, gara2 flashing pke odin tp ane salah masukin file n ternyata itu punya galaxy young..
    skrg hp ane brick.. booting tulisannya sam gal y n layarnya kecil bgt..gx full layar.. mau flasing ulang tp gx mau masuk menu dowload.
    help gan.

  87. Budi Waskito
    Jul 8, 2013

  88. Gan, kalo Samsung Galaxy S3 Mini GT-I8190 susah masuk Download Mode atau bisa dikatakan gak bisa, apakah tutor di atas bisa diterapkan? Masih Stock Rom 4.1.1 JB, Stock Recovery dan Unrooted. Kalo masuk Recovery Mode bisa dengan mudah. Masalahnya gak bisa masuk Download Mode, tekan kombinasi 3 tombol seperti biasanya gak muncul-muncul Download Modenya malah cuma hidup mati berulang kali sampai logo Samsung mati trus hidup lagi begitu seterusnya kalo ketiga tombol gak dilepas. Udah coba dilepas dengan timing yang berbeda-beda tapi sama saja malah mati sepenuhnya atau nyala sampai masuk Homescreen. Dan satu lagi, terkadang kalo timingnya pas, bukannya masuk Download Mode malah masuk Factory Mode. Itu HP masih sehat lho. Mohon bantuannya gan, trims…

  89. taruna
    Jul 11, 2013

  90. gan ngapa ane download fimware ne dk bisa

  91. chacha
    Jul 20, 2013

  92. gan, thanks infonya. kalo buat samsung galaxy faame gimna ? hape saya mati, stelah saya charger, trus sya hidupkan kagak hidup2 mulu -_- itu gmna ya gan ? mohon dibantu`\~ terimakasih

  93. Agnes Tri Anggara
    Jul 24, 2013

  94. mas,kalo ga kedetek sama odinnya gimana?
    hp saya Galaxy s2 kmaren mau custom room malah salah download roomnya
    tolong bantuannya mas

  95. rifky
    Jul 27, 2013

  96. semua bahan dah siap tgl eksekusi,tp mncul USB Device not recognized gan,tlong bantuanya.HH ane gal ace duos…..mksh sblumny..

  97. ristio hardi
    Jul 30, 2013

  98. gan gmana cara ngatasin klo hp samsung galaxy chat nih mati hidup truss..?

  99. oka
    Aug 3, 2013

  100. maaf mas,,gal Ace ane klo dinyalain masuk tulisan samsung terus nih,, nah klo masuk download mode (yg mencet 3 tombol tu) ada tulisan emergency dload mode..gmn tuh gan? nyoba cara di atas odinnya gak detek jg
    thx

  101. lisna
    Aug 10, 2013

  102. maaf mas… mau nanya samsung ace 2 saya tuh sering gak nyala gitu LED flashnya. itu kira2 penyebabnya apa ya? trus kalo biar bener lagi gimana cara perbaikinya?
    Tolong siapapun yg tau, silakan dikawab.

  103. rizky
    Aug 15, 2013

  104. link nya broken

  105. fadli
    Aug 28, 2013

  106. Gan,
    Kalau untuk Samsung Galaxy Note 1 Gimana ya?

  107. adurl
    Sep 3, 2013

  108. thanks gan, jadi nambah ilmu gua, thank y gan

  109. Fikri
    Sep 3, 2013

  110. @adurl: Thanks sudah berkunjung ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lagi ya.

  111. roni
    Sep 11, 2013

  112. gan klo pas masuk download mode hp tetep mati gmna..?

  113. sutrisna
    Sep 13, 2013

  114. buat instal driver samsung yang ke brik gimana gan kan posisi hh lagi mati atau gak kedetek.
    kalo sudah kedetek juga masih ada tulisan setup connection mulu….
    minta pencerahannya dong…………………..
    thanks

  115. fatchul
    Sep 18, 2013

  116. Ikut nanya gan… tolong dikasih solusi. galaxy ace s5830i saya rencana saya update, tapi salah masukin fimwarenya punya galaxy young yg saya masukin, akibatnya hp skrg coma nyala tulisan samsung ace saja dan tdk mau masuk download mode atau recovery mode. udah saya coba berbagai cara termasuk cara diatas.

  117. martha
    Sep 21, 2013

  118. Saya beli samsung tab 3 di denpasar lalu kirim ke flores dan lamax perjalanan 10hr, sampai sini tidak bisa on dan tdk bisa di cas….tlg bantu solusix

  119. ABhy
    Sep 21, 2013

  120. Saya mu coba cusrom jellycream pada SGA2 I8160 android 4.1.2 saya, tapi gagal update dan skr gak bisa masuk ke mode recovery sama sekali. Apakah ada cara untuk mengatasinya gan?

  121. Aditya
    Sep 28, 2013

  122. gan, help me… saya nyoba otak-atik root super user dan alhasil HH ane nge-brick
    - ane install blazing kernel di s3 mini via memory micro sd
    - alhasil setelah sukses ane restart lalu nge-brick alias ga mau nyala sama-sekali

    apakah HH ane hard-brick or Soft-brick
    Mohon pencerahannya beserta solusinya

    trims…

  123. jidan
    Oct 6, 2013

  124. gan pnya ane ko ga kedeteck2 y..?

    cman lampunya doank nyala,abis itu mati truz nyala lagi..

    mohon bantuannya gan..
    pleace….

  125. dede
    Oct 10, 2013

  126. gan hp samsung galaxy ace gt-s5830, ane coba trik di atas tpi susah bgt nyambung sama odin nya gan gmna solusi nya gan.

  127. supri cyber stress
    Oct 11, 2013

  128. ehhmmm,,, gk iso mas brow,,,, tetep ae gk maw connect ke odin,, sampe bngung aq,,

  129. pret
    Oct 26, 2013

  130. preettt gag kasih solusi

  131. asep
    Oct 27, 2013

  132. file ops nya gak bisa di donlot boss …………… bisa upload ulang ?

  133. ibhtuq the Muslim
    Nov 7, 2013

  134. saya menginstal recovery HP LG pada smsung gts5570,setelah itu hp saya mati total{tidak bisa nyala,download mode,dan pokoknya gk bisa nyala sama sekali}saat saya tekan vol down+home+power gk ngefek gimana ini mohon dibalaas

  135. vicky
    Nov 11, 2013

  136. ko bahanya ga bisa do download .. gmna yaah,…lewat pc kan dowlaodnya,,,,
    tolong bantuanya,, hp di tinggalin . pas mau di ambil ee ga maw nyala,,,
    emang tadinya habis downlod aplikasi penstabil memori ,,
    al nya memori ram nya kecil,, hp. nya galaxi ace biasa.,,

  137. congli
    Nov 13, 2013

  138. bro yang file dr link
    http://www.mediafire.com/download/gy12y2m4qbwtcyb/S5660DXKP6.rar
    odin buat gio file rar minta password
    bisa dibantu bro passwordnya apaan?

    thanx

  139. nico
    Nov 15, 2013

  140. kejadian yg sama, HH galmin sy ga mau nyala lagi (matot) gara2 coba upgrade kernel, udah coba pake odin, oneclick dll, ga bisa jg, help me….. ada solusi lain?

  141. anton
    Nov 17, 2013

  142. gan kalo hp ane,ane root trus ane kembaliin ke pengaturan pbrik tp boot nya cma nyala ampe tulisan samsung doang.itu termasuk soft brick gak.
    mohon pencerahannya gan.

  143. dandy
    Nov 17, 2013

  144. Bos kok saya pencet tombol HOME + Volume bawah + power
    Yg keluar emergency dload mode
    Saya pengen benerin HP saya kalau ingin dinyalain keluar tulisan
    lcd_backlight_ctrl start determine-lcd-type, lcd type:61bc11

    Mohon bantuannya gan

  145. hamz
    Dec 9, 2013

  146. gan itu buaat pas odin gionya apa ko di paass

  147. umam
    Dec 10, 2013

  148. saya punya samsung galaxy y di update ke JB kog susah hidup y

  149. hafidz
    Dec 14, 2013

  150. yang galaxy ace, saya menemukan cara yang berbeda dari tutorial, biasanya kalo masuk download mode adalah tekan vol down+powe+home, punya saya ga bisa masuk, tapi saat pencet vol up+vol down+ power bisa masuk download mode, satu masalah bg saya adalah odin tidak bisa detect padahal usb driver sudah terinstal dan coba ganti dari port kiri ke port kanan hasilnya sama saja, ada solusi lain gak???

  151. lhie
    Dec 15, 2013

  152. Mau nanya dong, hp sya samsung galaxy young GT-S6310, bru beli +/- 2bln, tpi wkt saya lg download tiba” muncul tulisan “kerusakan pada DU baterai, segera lakukan upgread” -gitu2 deh sya lupa lg –” apa itu krn sya sering mainin hp pas lg d cas ?
    Itu kenapa yah ? Gimana solusi’y ??

  153. rendy
    Dec 25, 2013

  154. masalah saya sama kaya kang hafidz .. gimana cara atasin nya .. di pc ke detteck tapi di odin ga .. gimana solusinya ..

  155. jhon
    Jan 23, 2014

  156. Gan, gmana cara download Firmware di XDA Developer ??
    mohon bimbingannya

  157. doni alfarizi
    Feb 14, 2014

  158. gan, gemana cara mengatasi samsung ace gt 5830 mati total gk bisa kedetec sama odi gk bisa masuk download gk bisa masuk cmw juga ni gan,,,,

  159. MARWAN_PM
    Mar 9, 2014

  160. gan!!! HP ane SAMSUNG GALAXY YOUNG GT-S6310 gak bisa masuk recovery & download mode. hanya mncul tlisan

    ##########################
    # #
    # RAMDUMP Mode #
    # (ARM9 mode) #
    – CP -
    qcsbl-mc. c LINE=0
    Format :
    qxdm_message :
    ——————FSA INFO——-
    ————–
    cont = 0x1f
    int1 = 0×00 int2 = 0×00
    dtype1 = 0×00 dtype2 = 0×00
    manual1 = 0×00 manual2 = 0×00
    ———————————
    ————–
    ######################

  161. opank
    Mar 18, 2014

  162. kalau samsung galaxy chat gmna

  163. fauzan
    Mar 26, 2014

  164. numpang tanya, kalau samsung galaxy s5570 habis di nyalain trus beberapa menit mati lagi itu knpa?

  165. Fikri
    Mar 28, 2014

  166. @fauzan: Mungkin saatnya di factory reset. :D

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

cara yang susah masuk download mode galaxy ace galaxy ace gt-s5830 susah masuk download mode s4 bricked masi bisa di selamatkan recovery mode samsung galaxi mini Cara Masuk Download Mode Galaxy Ace Kok Sulit Munculnya situs solusi samsung firmware brick cara mendetect samsung matit dengan kies tutorial memperbaiki galaxy ace gt-s5830 ke download mode cra mengatasi brick akibat battery lemah pada android samsung chat knpa mati idup terus mengatasi galaxy y yang cuma ada tulisan samsung mikro sd kingston tidak bisa di format mendeteksi pacar lewat kontak bbm cara install windows 7 iso pakai flash macam macam bentuk tabel microsoft excel cara bikin font bb sendiri Spesifikasi Nokia 501 502 dan 503 seting 3G kartu im3 cara merubah tampilan teks pada hp android cara menaikkan ram di laptop toshiba menggunakan windows 7 rumus cari persen di excel ganti gambar pas shutdown