Tutorial Melakukan Backup dan Restore Lisensi Windows dengan Advanced Tokens Manager

Aug 31, 2013 by Under Tips & Trik - 8 Comments  

Dalam kondisi tertentu terkadang instal ulang menjadi keputusan berat yang harus kita ambil tatkala masalah benar-benar berat dan tak bisa diatasi. Melakukan instal ulang itu mudah, prosesnya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja bahkan lebih cepat untuk versi Windows 7 dan 8. Tapi masalah menjadi semakin besar tatkala ternyata Anda lupa dengan kode lisensi untuk aktivasi Windows. Jika itu yang Anda alami, Anda benar-benar dalam masalah besar.

Tutorial Melakukan Backup dan Restore Lisensi Windows dengan Advanced Tokens Manager

Anda tentu tidak ingin mengalami hal seperti itu, untuk itu ada baiknya untuk melakukan backup lisensi Windows Anda agar bila dibutuhkan nanti tidak akan ada lagi masalah berarti terkait kode produk. Untuk membackup kode produk Windows kita bisa menggunakan sebuah aplikasi portabel bernama Advanced Tokens Manager. Aplikasi ini bersifat portable dan juga gratis, simpan aplikasi ini di flashdisk agar mudah untuk melakukan restore. Oke, sekarang kita langsung coba pakai ya.

  • Download dahulu aplikasi Advanced Token Manager di halaman resminya di sini: http://www.joshcellsoftwares.com/2011/07/advanced-tokens-manager-activation.html kemudian simpan aplikasi di dalam flash disk Anda agar mudah digunakan saat harus restore lisensi ke instalasi Windows yang baru.
  • Buka aplikasi dengan cara meng-klik kanan dan Run As Administrator. Kemudian klik Backup Activation, secara otomatis aplikasi akan membuat beberapa file Dat, ini dan DLL. Simpan file tersebut ke flashdisk. Setelah itu Anda bisa memulai proses instal ulang.

Cara Melakukan Restore di windows

  • Saat proses instal ulang jangan aktifkan Windows secara manual, skip saja dan saat berada di desktop baru lakukan aktivasi dengan cara merestore kode lisensi tadi. Hubungkan flash disk Anda dan buka aplikasi Advanced Tokens Manager dan klik tombol Restore Activation.

Backup dan Restore Lisensi Windows dengan Advanced Tokens Manager

  • Nah, Windows sudah berhasil diaktifkan kembali dengan kode lisensi yang sama.

Melakukan Backup dan Restore Windows 8

  • Cek kembali keaslian produk.

Selamat, Anda sudah berhasil menginstal ulang komputer Anda dengan memanfaatkan aplikasi Advanced Tokens Manager sebagai tool restore aktivasi. Silahkan dicoba bagi Anda yang belum atau berencana instal ulang.

  1. shesha
    Aug 31, 2013

  2. saya menggunakan sony vaio w7 ultimate,dari awal beli tdk disertakan disk instal,.dibwh pc ada stiker hlgram brtuliskan produk key 25 digit.apakah sn itu bs digunakan utk instal ulang,.langkah2nya bgmn.,mhn pencerahanya mas brow,…trmksh

  3. Fikri
    Sep 2, 2013

  4. @shesha: Download Windows 7 original tanpa serial number di website Microsoft, kemudian gunakan serial number tersebut untuk mengaktifkan “original OS” laptop anda. Jika kesulitan, anda bisa kontak terlebih dahulu kontak Microsoft via email atau telp sebelum download Windows ke laptop anda.

  5. shesha
    Sep 3, 2013

  6. makasih mas fikri,tp satu lg ni pertanyaan aq.
    di tab boot kok g ada tulisanya DVD R nya ya…gimana cr gantinya..ada 8 pilihan tp g ada tlsan dvd r nya.
    phoenik trusted{tm}set up utility
    boot
    boot priority order;
    1 internal hard disk drive
    2 internal optical drive
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    exclude from boot order;
    flopy disk drive{*}
    usb hdd{*}
    usb optical drive{*}
    network
    i.link hdd{*}
    i.link optical drive{*}
    di kolom sblah knn ada ket;{*}external drive anvaliable when the external drive boot is set to enable.yg saya tanyakan mas fikri…bag yg mn yg hrs sy pindah ke no 1 spy saya bisa instal ulang dgn dvd r.
    trm ksh.

  7. Fikri
    Sep 5, 2013

  8. @shesha: Nah itu ada pilihan “Internal Optical Drive”.

    Jika belum mengerti apa itu “Internal Optical Driver”, bisa ke sini https://www.google.com/search?q=Optical+Drive+adalah

    Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lagi ya.

  9. Arbel
    Sep 20, 2013

  10. Mas Fikri saya mo Nanya klo kita mo ganti hardisk yg baru di laptop/notebok apakah kita bisa copy aja drive C dan D aja yg dr hardisk laptop lama ke hardisk baru tanpa instalasi ulang kira2 bisa nggak ?

  11. Fikri
    Sep 21, 2013

  12. @arbel: Bisa dengan cara cloning partition to partition, menggunakan software cloning. Saya biasanya menggunakan software Norton Ghost untuk cloning antr partisi.

    Kalau copy paste lansung menggunakan Windows, tidak akan bisa karena yang tercopy hanya file saja, bukan system boot-nya.

  13. kalo
    Sep 23, 2013

  14. kalo saya tidak mengetahui serial numbernya bagaimana?

  15. purnama
    Nov 19, 2013

  16. mas fikri bagaimana cara menghapue virus trojan di modem mobile vodafone. thanks berat

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

cara menggunakan flashdisk baru cara menggunakan flashdisk cara memakai flashdisk bagaimana cara menggunakan flashdisk cara menggunakan flashdisk pertama kali cara menjalankan flasdis pertama kali cara menakai flash dhisk cara restore file di wp 8 1 Cara memakai flashdisk baru masalah instal windows 8 ori ke windows 7 tujuan restore pada iPhone cara pasang cwm di xperia e 1 tanpa pc google crome tidak mau browsing Alplikasi wechat n70 cara agar hp jadi adapter usb wifi untuk pc cara install windows 8 1 laptop asus a451l baru cara membuka file rar dan zip di android App n70 cara mempercepat loading google chrome bahasa indonesia cara bikin handphoene jadi cdtv cara membuka task manager pada mitoo a300 eClean penjelasan