Tips Burning DVD atau CD

Apr 10, 2012 by Under Tips & Trik - 52 Comments  

Walaupun dewasa ini media penyimpanan data atau file (data backup) sudah beranekaragam mulai dari hardisk (HDD) komputer itu sendiri ataupun yang portable seperti flashdisk dengan kapasitas yang besar, berbagai jenis memory card, HDD portable bahkan sampai pada media penyimpanan dengan cloud computing yang terkoneksi internet langsung.

Namun selain media seperti yang disebutkan di atas, ada juga media backup data melalui DVD dan CD yang sangat popular beberapa tahun kebelakang.  Walaupun proses mem-burning( menyimpan data digital di kepingan DVD/CD) DVD atau CD ini sangat mudah dan banyak sekali software gratisan yang bisa kita dapatkan, namun ada beberapa hal yang sebaiknya kita pahami dan perhatikan sebelum mem-burning DVD atau CD untuk membackup data kita tersebut.

1. Selalu memilih DVD/ CD kosong  dengan kualitas bagus

Walaupun saat ini dipasaran tersedia berbagai merek DVD/CD kosong ( Blank DVD/CD) dengan harga yang sangat murah, namun anda sebaiknya memilih kepingan DVD/CD dengan kualitas bagus walaupun dengan harga yang lebih mahal. Karena kepingan disk dengan merek antah berantah atau tidak bermerek seringkali memliki lapisan pelindung yang tipis dan mudah terkelupas sehingga DVD/CD hasil burning tersebut tidak terbaca dengan baik atau bahkan tidak terbaca dalam beberapa waktu kemudian.

Pepatah “ada harga, ada rupa” berlaku dalam hal ini.Ada baiknya anda memilih DVD/CD yang berkualitas atau bahkan kepingan disk dalam kemasan box, karena disk yang berkualitasmemiliki ketbalan yang merata dan sesuai standar serta dilapisi lapisan pelindung yang baik sehingga proses burning menjadi maksimal.

2. Periksa kembali permukaan disk sebelum proses burning

Walaupun anda telah membeli kepingan disk yang berkualitas, namun ada baiknya anda kembali memeriksa permuakaan kepingan agar terbebas dari kotoran, goresan, retakan, lapisan yang terkelupas ataupun kerusakan lainnya. Hal ini dilakukan agar menjaga DVD/CD Rom kita tidak kesulitan dalam proses membaca dan menulis data di kepingan disk tersebut.

Untuk kepingan yang telah tergores, anda dapat mecoba menggunakan cairan pembersih CD yang dijual di pasaran ataupun dengan menggunakan lotion kulit digosokkan dengan kapas hingga bersih. Selain itu hindari menyentuh dan mengusap permukaan kepingan disk, kita dapat menyentuhkan melalui lubang di tengah disk yang disediakan.

3. Bersihkan area DVD/CD Rom

Selain menjaga kepingan disk dalam keadaan bersih, kita juga sebaiknya menjaga kebersihan area DVD/ Rom yang akan kita gunakan untuk proses burning. Apabila di area tersebut sudah banyak debu, dapat dibersihkan dengan kuas halus dan dengan cairan pembersih komponen komputer menggunakan kapas.

4. Gunakan software burning original dan hardware berkualitas baik

Pemilihan hardware DVD/CD RW tentunya hanya bisa dilakukan pada PC, sedangkan pada laptop, hardware DVD/CD RW-nya sudah menjadi menjadi satu paket bersama hardware lainnya. Untuk itu pilihlah DVD/CD RW dengan merek yang popular dan dengan dukungan layanan purna jual yang baik. Beberapa merek seperti Samsung, Lite-On  dan lainnya layak menjadi menjadi pertimbangan sidamping kualitas dan harganya yang terjangkau. Selain itu, agar hardware anda selalu bekerja optimal, anda dapat melakukan update firmware dari hardware itu sendiri.

Untuk urusan software, sebaiknya anda selalu menggunakan software original ataupun software bawaan DVD/CD RW tersebut yang umumnya disertakan dalam paket penjualan. Salah satu software burning yang paling terkenal adalah Nero, selain itu anda juga dapat mem-burning DVD/CD dengan software seperti Windows Media Player,Ashampoo, Windows DVD Maker dan lainnya.

5. Pada saat proses Burning

Sebelum memulai proses burning ke kepingan disk, ada baiknya anda menutup sementara aplikasi lainnya yang tidak berhubungan dengan proses burning data tersebut, walaupun dengan teknologi multicore CPU yang canggih sudah dapat melakukan banyak proses aplikasi sekaligus. Hal ini untuk mengurangi resiko kesalahan dan kegagalan pada saat burning disk.

Pada saat burning, sebaiknya kita menggunakan kecepatan burning yang rendah. Tidak harus pada kecepatan terendah namun sebaiknya dibawah kecepatan maksimum hardware kita.

Sekedar catatan, kecepatan burning DVD dan Cd sedikit berbeda. Untuk kecepatan burning CD 1x setara dengan 156 KB/s sedangkan untuk DVD 1x setara dengan 1.4 MB/s.

6. Pengecekan setelah proses burning selesai

Selesai proses burning selesai, kita dapat langsung secara manual mencoba disk tersebut apakah menyimpan data sesuai yang kita inginkan atau biasanya ada opsi Verify untuk mengecek ulang DVD yang selesai di- burning. Walupun memakan waktu lebih lama, namun opsi ini untuk memastikan hasil kepingan yang di-burn sebagaiman mestinya.

Dengan semua tips yang sudah disebuatkan di atas, anda pasti sudah bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan ketika ingin burning CD/DVD, baik itu ketika backup file, membuat film, cloning CD/DVD dan banyak hal yang lain.

Semoga bermanfaat!!

  1. haji umrah
    Apr 10, 2012

  2. Selama ini burning, sembarang saja…. namun dengan tips di blog ini, semakin mencerahkan…

  3. umrah haji
    Apr 10, 2012

  4. Terima kasih tips nya….. sangat bermanfaat

    Saya dulu pernah melakukan tips yg seperti dijelaskan di atas tapi tetap saja terjadi kegagalan pada saat saya burning data di CD walaupun itu CD yg baru saya beli. Kira2 ada solusi lain sob untuk masalah yg saya sebutkan ini….

  5. utha
    Apr 20, 2012

  6. saya burning cd r pakai laptop compaq presario cq 40 berhasil burning data tetapi kenapa pada saat saya ingin lihat data yang saya burning isi cd tdk ada (atau kosong ),saya pindahkan cd nya ke pc data yang di cd bisa terbaca
    kalau saya masukkan cd mp3 bisa terbaca
    kira – kira laptop saya perlu perbaikan atau bagaimana ?????
    laptop saya compaq presario cq 40

  7. Fikri
    Apr 21, 2012

  8. @utha: Kemungkinan besar daya baca CD/DVD Rom anda kurang peka, jadi tidak bisa membaca.

  9. utha
    Apr 22, 2012

  10. ada solusinya

  11. kharisma
    Jun 2, 2012

  12. Mau nanya nih, saya kan pernah beli film yg diburn ke dvd online gitu,
    Saya beli banyak, dan setelah filmnya saya copy ke laptop, ternyata seller itu cuma memasukan sekitar 2-3 giga aja per disc, pdhl kapasitas maksimumnya kan 4,7 giga
    Saya protes ke dia, katanya kalau burn sampai 4 giga suka gagal, tdk terbaca, jd dia cuma memasukan 2gigaan (rata”) per disc

    Apa kata seller itu benar?
    Kalau iya, kira” faktor apa ya yg membuat dvdnya tdk bisa dibaca?
    Kalau berkenan tlg dibalas ke email saya kharismasania@yahoo.co.I’d

    Terima kasih sebelumnya

  13. Fikri
    Jun 4, 2012

  14. @kharisma: Kadang kala memang seperti itu karena kukuatan untuk baca data (Dalam hal ini film) dari tiap optic pada DVD itu berbeda. Bisa karena kepingan DVD nya atau karena DVD playernya.

  15. oom
    Jun 4, 2012

  16. yg jelas salah bikin kecepatan rendah hasil burn nya susah di baca pake dvd player yg benar bikin 8x atau 16x gampang pengalaman burn aku selama 8 thn

  17. Fikri
    Jun 5, 2012

  18. @oon: Terima kasih banyak sudah berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lain di FastNCheap Blog.

  19. ady
    Jun 26, 2012

  20. mas,,mau tanya,,,
    saya kmren bermaksud menambahkan isi data yg ada di DVD..jadi saya burning ajah DVD yg udah ada isinya..nah ternyata proses burningnya gagal,,, dan setelah saya check file awal yg udah ada di DVD hilang,, nah yang ingin saya tanyakan,, ada gak solusi buat nyari data yg sebelumnya ada di DVD tsb,,data penting soalnya mas,,, mohon bantuannya,, :)

  21. Fridrik
    Jul 3, 2012

  22. Gan ada tips lain ga supaya hasil burning dapat terbaca secara mulus di dvd player?

  23. Firgie
    Jul 20, 2012

  24. gan, aq mw nanya, ketika aq burn CD di komputer kantor, sudah berhasil, tp ketika di cek malah hanya ada data .iri saya bingung bagaimana cara mem burn foto-foto ke dalam CD

  25. Fikri
    Jul 21, 2012

  26. @firgie: Coba burning ulang menggunakan CD/DVD yang lain, yang memang masih kosong dan belum ada isinya sama sekali.

  27. Dini
    Aug 13, 2012

  28. Saya burn menggunakan windows dvd maker. Setelah selesai burning memory di C berkurang kira” 2GB. Knp ? padahal kn saya burning nya ke DVD kosong kenapa malah memory (c) berkurang ?

  29. nurmansyah
    Aug 30, 2012

  30. Permisi,saya mau nanya,apakah benar mem burn cd di leptop bisa merusak leptop? makasih

  31. Fikri
    Aug 31, 2012

  32. @nurmansyah: Kalau memang merusak laptop, ngapain di pasang di laptop?

    Mungkin logikanya seperti ini. Setiap benda, yang sering digunakan pasti kualitasnya semakin lama semakin menurun.

  33. Aldi
    Sep 3, 2012

  34. thx agan Fikri infonya ,, maju terus buat blog.fastncheap semoga tambah semangat buat mosting” ilmu komputer :D

  35. Fikri
    Sep 4, 2012

  36. @Aldi: Terima kasih banyak sudah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  37. Rudy
    Oct 1, 2012

  38. mau nanya nih, kl nggak bisa burn cd tp bisa burn dvd kira kira apa penyebabnya, siapa tau ada yg bisa bantu thanks seblmnya
    sebagai tambahan: sy sdh coba pada 2 unit dvd writer (LG) tapi tetap nggak bisa

    mohon bantuannya guys

    Rudy (rudy_red_11@yahoo.com)

  39. Fikri
    Oct 1, 2012

  40. @Rudy: DVD Room yang anda pakai memang DVD Writer atau cuman CD Writer?

  41. Meidhy Alamsyah
    Oct 6, 2012

  42. gan ane mau tanya, klo ane mau burning file iso tapi kapasitasnya melebihi kapasitas dvd, contoh: file iso 6.32 gb mau dd burn k dvd 4.7 gb…nah itu gmna gan?? mohon bantuannya thanks.

    bales k email ane aj y gan..hehe
    meidhy_alamsyah@yahoo.co.id

  43. Fikri
    Oct 7, 2012

  44. @Meidhy: Ya tidak akan bisa.

  45. djendral
    Dec 2, 2012

  46. I will bookmark this page. Thanks for sharing this important information.
    I was searching the internet for this for very very long time. So, I should say thaks you very much for the post, great info.

  47. yasa
    Dec 6, 2012

  48. bos kenapa saat bruning q selalu gagal, pada saat bruning emang complit tp selalu keluar tampilan save image.
    dan saat saya cek CD-rw,nya ternyata tak terdeteksi olh komputer ,selalu keluar pesan pleesss inset disc

  49. yasa
    Dec 6, 2012

  50. kenapa ya bos, pa q nya yg blum tau ya,
    pa semua CD yng bru itu tak ter baca ya boss, tpi lok emng dvd rom, nya , kenapa saat dimasukin Cd yng udah terisi / sidi lainya msuk terbaca??? tp kok masak semua CD yg bru atau kosong selalu tx terdeteksi olh komputer ku.
    pertanyaanya Apakn ada softwar 2 atau perangkt lain yng hrus di jalankn

  51. Fikri
    Dec 7, 2012

  52. @yasa: Pada saat burning dan baca disk, sudah pernah coba menggunakan komputer lain?

  53. Fikri
    Dec 7, 2012

  54. @yasa: Untuk lebih jelas, saran saya, coba lepas CD Rom nya dan test di komputer lain, kemudian, jangan lupa bandingkan dengan test di CD Rom yang lain.

  55. adent
    Dec 14, 2012

  56. gan..
    kalo merek keping DVD yang bagus ap ya..
    sayang bgt kan klo beli keping DVD tuh suka ga bisa d burn..

    sebut merek ga papa kok gan..

  57. Fikri
    Dec 15, 2012

  58. @Adent: Kalau saya snediri lebih memilih GT Pro.

  59. ujho
    Dec 31, 2012

  60. setelah memburning pakai deep burning , semua cd kosong saya tidak terbaca kapasitas MB / GB nya ….
    dan jadi g bisa ngburning lagi ….
    thx gan

  61. Soeharto
    Jan 2, 2013

  62. Sya Pingin Nanya Cara dapatkan Alat Burn DVD atu VCD dan Mp3 selain laptop Dan computer, kebetulas sya usaha jualan Kaset DVD/Vcd bajakan, brapa harga per unit mesin tersebut?????????????

  63. andreas r
    Mar 19, 2013

  64. Apakah dvd r plus (bukan dvd rw) yang sudah terisi burningan bisa ditambah data2/gambar lagi untuk diburning? kalau masih bisa bagaimana caranya sebab masih banyak ruang kosong di cd tersebut.

  65. Fikri
    Mar 21, 2013

  66. @andreas: Kalau pasa saat burning pertama kali menggunakan multi session maka masih bisa digunakan. Kalau tidak menggunakan multi session, ya memang sudah tidak bisa ditambahkan lagi.

  67. Fikri
    Mar 23, 2013

  68. @anreas: Kalau pada saat burning menggunakan metode MultiSession, masih bisa diisi dengan data yang lain.

  69. rahman pradika
    Apr 8, 2013

  70. ane punya CD, klo di buka di VCD player terbaca, tpi klo di masukkan sama komputer tidak ada file, gmna cra menampilkan filenya di komputer, ane bingung nich.

  71. Fikri
    Apr 9, 2013

  72. @rahman: Sepertinya CD Rom anda kurang peka untuk membaca isi dari kepingan CD nya.

  73. andreas rasidi
    Apr 10, 2013

  74. kalau kita mau menambah file/film kedalam DVD-RW yang sudah berisi dan agar file lama tidak ter “errased” prosedurenya apa sama dengan diatas?

  75. Fikri
    Apr 11, 2013

  76. @andreas: Kalau memang CD/DVD RW ya tinggal hapus lama dan isi dengan yang baru. Kalau cuman CD/DVD R ya tidak bakal bisa dihapus.

  77. azhar
    Jun 5, 2013

  78. bang gmn caranya burn file tanpa lewat aplikasi nero ?

  79. Fikri
    Jun 7, 2013

  80. @azhar: Kalau pakai Windows 7 bisa saja menggunakan Write do Disk bawaan Windows 7, tapi tetap saja, pilihan terbaik menggunakan aplikasi pihk ke tiga semacam Nero atau yang lain.

  81. nazri
    Jul 16, 2013

  82. salam admin boleh tak kalau kita convert mp3 ke format audio cd,slepas itu save ke pndrive..slepas di save baru diburn ke cd write..???ada sofware ke cnvert mcm tu..???

  83. deni
    Jul 26, 2013

  84. permisi bang numpang nanya !
    saya beli cd-r kosong merek GT-pro, awalnya mau burning file iso psx, eehhh malah cd-r kosong tersebut tidak terdeteksi sama sekali, tapi kalau saya masukin cd ps1 atau cd yg lain (ada isi) kok bisa terdeteksi bang, itu apanya ya ?
    terima kasih atas pencerahannya.

  85. Fikri
    Jul 26, 2013

  86. @deni: Kalau CD hasil burning tersebut dimainkan di PS bisa apa tidak?

  87. reza
    Aug 28, 2013

  88. mas saya beli 2 kaset tuh pas saya copy file lamaaa banget soalnya 4.7gb nah saking lamanya saya cancel dan delet file yang setengah install tapi kenapa size nya tidak berkurang setelah di delet ??

  89. BLOGGER SOLUTIONS
    Sep 11, 2013

  90. saya coba burn pake nero mas, saya mau burning file word ke cd kenapa format nya salah ya, apa maalahnya itu mas?
    mohon pencerahannya.

  91. Fikri
    Sep 15, 2013

  92. @blogger: Sudah pernah coba test ulang menggunakan CD yang lain? Atau melakukannya di komputer lain?

  93. siska
    Dec 20, 2013

  94. saya pernah burning xp di kepingan cd-RW ,,dan setelah komplit bunr nya,,trus pas mo di coba booting kok ngga mau ,pdahal dah standart ISO segala..mohon bantuan nya..makasih.

  95. Fikri
    Dec 21, 2013

  96. @siska: Ada banyak hal penyebabnya:

    1) File ISO memang error atau memang tidak bisa untuk booting.
    2) Keping CD yang tidak bisa terbaca.
    3) CD Rom yang error.
    4) Pengaturan BIOS yang belum benar.

    Terima banyak sudah berkunjung ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lagi ya.

  97. bael kulpee
    Jan 15, 2014

  98. numpang tanya : saya burn kepingan baru dvd sll gagal, pada saat penulisan/burn pesan error dvd sudah ada isi (padahal kosong) kemudian dvd rom eject/terbuka, saat lihat info kepingan dvd tsb di Nero ternyata dvd-r bagaimana merubah menjadi jadi dvd-r/w trmakasih sebelumnya.

  99. Fikri
    Jan 23, 2014

  100. @bael: Kalau mau DVD RW ya harus beli kepingan yang memang DVD RW.

  101. royan
    Apr 4, 2014

  102. mau tanya: kan saya burning kok gagal, terus ada tulisan burning failed at apa gitu

    gimana solusinya???

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

harga kaset kosong dvd mp3 cara memindah fhasil ketikan ke cd kosong kualitas kaset dvd jelek error disk merk kaset dvd yg bagus cara kerja memory card mengatasi file iso tidak terbuka padahal kapasitas ada apa itu burn dvd cd-r yang bagus merek apa dvd portable rusak Tips agar piringan cd bs terbaca hasil burning CD tidak terbaca di VCD edit beberapa foto dalam satu kali Modem mobile partner ce0682 cocoknya menggunakan kartu cara menambah ram pada laptop windows 7 kekurangan advan s5e sim dua mengunakan jaringan printer jenis laser jet laptop tidak bisa membaca usb cara flash lumia 520 manfaat mozilla firefox aplikasi kamera android yang bisa timer cara menghapus aplikasi yg tidak berguna membuat gambar transparan online