Panduan Mengaktifkan Fitur Parental Control pada Windows 7

Mar 9, 2013 by Under Tips & Trik - Leave a Comment  

Dalam sebuah keluarga, wajar rasanya jika harus berbagi komputer. Seorang anak biasanya menggunakan komputer sang Ayah untuk kegiatan-kegiatan tertentu terlebih dengan ketersediaan komputer yang tidak mencukupi. Dengan kondisi seperti ini, penerapan user account sangat disarankan agar setiap pengguna mempunyai pengaturan sendiri-sendiri dan dapat melakukan pekerjaannya tanpa harus khawatir menggantu pekerjaan user lain.

Akttifkan fitur parental control pada Windows 7

Orang tua juga sangat disarankan untuk mengatifkan fitur parental control agar dapat mengendalikan kegiatan user terutama apabila pengguna lain adalah anak di bawah umur atau pelajar.

Panduan berikut adalah step by step mengaktifkan fitur parental control default bawaaan Windows. Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi tambahan untuk dapat menerapkan fungsi ini.

  • Klik tombol Start Menu – Control Panel – User Accounts and Family Safety, maka Anda akan melihat tampilan seperti gambar ini, kemudian klik Parental Controls.

Cara mengaktifkan parental control pada Windows 7

  • Pada pengaturan Parental Controls Anda akan menemukan kembali daftar user komputer Anda, klik salah satu user yang hendak diberi penerapan parental control, dalam hal ini adalah akun anak Anda, saya menggunakan user dengan nama Bebas.

Buat user khusus untuk anak anda

  • Selanjutnya pilih tombol radi “On, enforce current settings”, kemudian klik Program Limits: Off di bawah ikon user Bebas.

Setting user parental control

  • Lalu pilih tombol radio Bebas can only user the programs I allow. Sesaat kemudian sistem akan memindai program-program yang ada di komputer Anda, tunggu sesaat hingga proses pemindaian selesai. Setelah selesai, sistem akan menampilkan sederet daftar program dan permainan yang aktif di komputer Anda. Tugas Anda sekarang adalah memilih beberapa program dan permainan yang ingin ditutup dari akses anak Anda atau pengguna – dalam test run ini – adalah user Bebas.
  • Setelah selesai And centang, periksa sekali lagi dan pastikan sudah benar. Setelah merasa yakin, klik tombol OK untuk menerapkan pengaturan.

Aplikasi yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan

Mengatur Waktu Penggunaan Komputer

  • Selain membatasi akses ke program atau permainan tertentu, Anda juga dapat mengatur waktu dan hari di mana pengguna dapat menggunakan komputer. Caranya, lakukan langkah pertama dan kedua di atas, kemudian pada langkah ketiga klik Time Limit: Off di bawah ikon user Bebas.

Mengatur waktu penggunaan komputer

  • Kemudian silahkan Anda tentukan hari dan jam user dapat menggunakan komputer. Setelah selesai klik tombol OK.
Jam penggunaan komputer

Sekarang pengguna Bebas tidak akan dapat mengakses program dan permainan yang Anda centang pada proses pengaturan di atas plus waktu yang telah dibatasi. Dengan melakukan pembatasan akses, Anda telah berhasil menerapkan parental control kepada user komputer Anda sehingga diharapkan dapat membatasi sekaligus mengatur akses pengguna dengan ketat dan disiplin.

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

cara membatasi fitur user bebas di windows 8 fungsi parental control cara menyimpan foto di picmix grup bbm islami#facrc=_ printer hp tinta pita gay gambar wintoflash tidak eror pada saat tranfer file download aplikasi facebook cepat server vpn yang bisa digunakan user name dan passwordnya konsep kerja sistem operasi windows 8 pindah kontak ke android samsung 5 inch photo frame keren di android