Merubah Ukuran Partisi Hard Disk di Windows 7

Jan 20, 2011 by Under Tips & Trik - 199 Comments  

Berbeda dari versi sebelumnya, pada Windows 7 dan Wndows Vista sudah tersedia built-in aplikasi yang bisa digunakan untuk mem-partisi hardisk drive. Sama seperti tool yang dibuat oleh pihak ketiga (Third party software) seperti pastition magic, Easeus Partition Manager atau aplikasi lain, tools ini juga bisa digunakan untuk merubah kapasitas drive dari hard disk pada sistem operasi buatan Microsoft.

Kita asumsikan anda ingin merubah kapasitas dari drive F, maka ikuti langkah langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  • Pertama buka Control Panel.
  • Selanjutnya ketik “partition” (Tanpa tanda petik) pada form Search yang ada di pojok kanan atas dan lanjutkan dengan klik link “Create and format had disk partitions“.
  • Pada jendela Disk Management pilih partisi yang akan dirubah partisinya.
  • Klik kanan volume partisi tersebut dan pilih Shrink Volume.
    Disk Management Windows 7
  • Pada jendela dialog dari volume partisi, tentukan besar kapasitas dari sebuah drive. Jika ingin memperbesar kapasitas drive F, pastikan ada partisi kosong yang terletak di sebelah drive F. Jika tidak tersedia, perkecil partisi lain sehingga bisa digunakan oleh drive F.
    Shrink Volume Partition
  • Anda bisa juga membuat drive baru pada hard disk dengan catatan ada space kosong yang bisa digunakan. Jika tidak tersedia, bisa disiasati dengan memperkecil drive lain sehingga bisa dipakai untuk drive baru.
    Delete Partitsi Windows 7 Menggunakan Disk Management
  • Jika sudah yakin dengan kapasitas partisi yang telah dibuat, klik tombol Shrink untuk mengakhiri.

Meskipun tool bisa digunakan untuk memperkecil partisi atau kapasitas drive tanpa harus kehilangan data di dalamnya, sebaiknya backup terlebih dahulu data anda sebelum menggunakan tips ini. Hal ini akan memperkecil resiko jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mohon diperhatikan!

Sebelum anda melakukan partisi hardisk, langkah terbaik adalh BACKUP DATA anda terlebih dahulu untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun tools ini dirancang agar semua proses berjalan maksimal tanpa harus kehilangan data, backup data merupakan bagian terpenting sebelum melakukan partisi hardisk.

Trik ini belum bisa digunakan secara penuh jika anda menggunakan Operating System Windows 7 Starter. Harap teliti terlebih dahulu OS yang terinstall di PC atao notebook anda.

Jika ingin lebih jelas, anda bisa menonton video di bawah ini, Courtesy by YouTube.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  1. nandar
    Jan 26, 2011

  2. Saya baru beli Laptop thosiba, baru diinstal windows 7 Ori, tapi belum di partisi, apakah kalau di partisisi keaslian windowsnya ga hilang ,tq

  3. Fikri Online
    Jan 26, 2011

  4. @nandar: Boleh kami tanya sebelumnya? Windows 7 ada original bawaan notebook atau beli sendiri secara terpisah?

    Kalau Windows 7 merupakan bawaan dari notebook, selama anda tidak menghapus partisi hidden tempat menyimpan master Windows 7 maka tidak akan menghapus partisi dari Master windows. Kalaupun master Windows 7 terhapus, keaslian windows anda tidak akan hilang karena anda masih memiliki serial number pada stiker yang ada dibalik notebook. Tetapi untuk mengembalikannya, anda harus membawanya ke service center toshiba.

    Jika membeli CD installer original secara terpisah, meskipun hard disk anda partisi berapa kalipun tidak akan menghilangkan keaslian windows karena anda sendiri memiliki CD Windows Original.

    Intinya, keaslian windows bukan terletak pada partisi, melainkan pada serial number yang anda dapat dri Microsoft, apakah pada CD installer atau sticker yang ada di notebook. Semoga bisa mengerti dan terima kasih telah berkunjung ke FastNCheap Blog!

  5. Anu
    Jan 27, 2011

  6. gini,,, kalau udah nambah partisi d win7 n kalau kita melakukan recovery apakah partisi yang d bagi itu bisa ilang…

  7. ezra
    Feb 26, 2011

  8. gan..mw tanya …ane pda saat prtisi harddisk D: di disk management….kpastias 200Gb jd 100Gb..tp pda saat nge-shrink volume dan membuat volume baru..saya tidak sengaja mengklik tmbol shutdown,,,dan saya hidupkan lagi..p[rtisi harddisk 100gb I2 tidak mncul di explorer mwpun di disk management…apa perlu di instal ulang? ato apa ad software nya gan? trims ats bntuannya….

  9. Fikri Online
    Feb 28, 2011

  10. @ezra: Install ulang (Partisi ulang) merupakan jalan terakhir, coba beberapa alternatif ini sebelum install ulang:

    1) Coba gunakan 3rd party software untuk mempartisi hardisk seperti Easeus Partition Manager atau software yang sejenis.
    2) Coba start-up partition seperti CD Hiren atau yang sejenis.
    3) Jika belum bisa, coba gunakan Linux Live CD untuk mendeteksi partisi yang tersembunyi dan buat partisi baru pada partisi tersembunyi tersebut.

    Jangan lupa, sebelum melakukan itu semua, backup data penting anda terlebih dahulu. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog!

  11. Ferdi
    Feb 28, 2011

  12. saya mau tanya, untuk menambah partisi baru caranya gimana?
    thanks

  13. Fikri Online
    Feb 28, 2011

  14. @Ferdi: Coba kecilkan ukuran partisi yang sudah ada, kemudian buat partisi baru pada partisi kosong yang terbuat dari pengecilan partisi lain pada hard disk.

  15. Ardi
    Mar 7, 2011

  16. Wah, terima kasih banyak mas Fikri, artikelnya sangat membantu… Bisa nambah ilmu juga… Hhehehe… Keep Moving Forward deh… :)

  17. Fikri Online
    Mar 8, 2011

  18. @Ardi: Sama-sama dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog! :)

  19. ga two
    Mar 14, 2011

  20. bang partisi C 80gb cukup ga buat win7……….. thanks info na…

  21. Fikri Online
    Mar 14, 2011

  22. @ga two: Kapasitas segitu lebih dari cukup untuk menginstall Windows 7 dan aplikasi standar (Pengalaman pribadi, notebook saya sendiri cuma saya sediakan 47GB untuk partisi Windows 7).

  23. ridwan
    Mar 30, 2011

  24. permisi Bang, saya mau tanya…
    bagaimana langkah-langkah/cara membuat partisi HDD PC seperti partisi HDD netbook yang sudah ada master instaler system (windows 7 starter)
    terima kasih

  25. Fikri Online
    Mar 30, 2011

  26. @ridwan: Mohon maaf, kami belum pernah mencoba trik seperti itu. Kami akan coba mencarikan infonya. Jika ketemu akan kami coba sendiri kemudian kami share di sini. Harap maklum dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  27. arif
    Mar 30, 2011

  28. gan klo buat XP ada gk cra’a ..??

  29. Fikri Online
    Mar 30, 2011

  30. @arif: Kalau di Windows XP pakai third party software seperti partition magic atau yang lain. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung.

  31. Haikal Sinae
    Mar 31, 2011

  32. bang mau nayak nih giman caranya..mengembalikan data yang sudah didelet terus hardiskX udah dipartisi ulang..klpn ada aplikasinya tolong dong bang..infox..

  33. Fikri Online
    Apr 1, 2011

  34. @Haikal Sinae: Coba cari aplikasi yang bernama Easy Recovery Professional. Beberapa data bisa kembail dan beberapa yang lain tidak bisa. Selamat mencoba.

  35. Ani
    Apr 2, 2011

  36. nanya dong, saya baru aja beli note book lenovo s10-3s, sudah ada windows 7 starternya, masalahnya di situ disk D hanya dikasih 29GB, disk C : 154,14 Gb. ada 100GB unallocated. Saya ingin merubah partisi tersebut sehingga disk D nya menjadi lebih besar soalnya untuk menyimpan data. bagaimana caranya ya? saya mencoba cara diatas kok tidak bisa ya?, he he mungkin memang agak gaptek takutnya entar malah error semua. Mohon dibantu dong….

  37. Fikri Online
    Apr 4, 2011

  38. @Ani: Kalau Windows 7 Starter memang belum bisa digunakan untuk hal-hal seperti itu, anda harus upgrade versi windows minimal versi Basic. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke sini.

  39. zein
    Apr 7, 2011

  40. saya baru beli netbook hp mini 110-3500 dengan windows 7 starter
    saya coba partisi hardisk karena hanya ada drive c sama drive untuk recovery..
    saya sudah menggunakan EPM sama partition wizard dengan mengurangi/mengecilkan drive c tapi di unalocated itu kok ga bisa di create drive baru ya, tertulis disana tidak cukup MBR katanya, apa itu ya? trus kira2 solusinya bagaimana mas..

    sedang pada tutor diatas saya masih belum jelas mas, jadi belum berani coba karena setelah kita kecilkan volume dan shrink..membuatnya jadi drive baru itu bagaimana masih belum jelas, digambar malah tertulis delete tu bagaimana??,
    mohon diberi petunjuk lebih detail..

    terima kasih.

  41. Fikri Online
    Apr 7, 2011

  42. @zein: Setahu saya Windows 7 Starter belum support fitur ini, jadi anda tidak bisa mengaplikasikannya pada netbook anda. Semoga bisa jelas dan terima kasih banyak telah berkunjung ke sini.

  43. oyonx
    Apr 10, 2011

  44. lam kenal fast n cheap crew. aku ada masalah dg HP mini 210-1000,OS Windows 7 starter . waktu partisi HD dg srhink setelah selesai pada hasil partisi ( unallocated disknya ) kokdi create nggak bisa ya bos gimana solusinya bisa tolongi aku ya, thanks sebelumnya

  45. Fikri Online
    Apr 11, 2011

  46. @oyonx: Kemungkinan besar masalahnya ada pada Windows 7 Starter yang belum full support menggunakan trik ini. Atau mungkin juga karena ada crash dengan partisi hidden bawaan dari produsen netbook.

  47. pitoxs
    Apr 19, 2011

  48. Salam,…
    pertanyaan saya sama dengan @zien & @oyonx
    tp NB saya toshiba L630, win7 premium…
    kok ga bisa ya pa..?? mohon pencerahannya..
    thx

  49. Fikri Online
    Apr 20, 2011

  50. @pitoxs: Notebook anda preinstalled Windows apa bukan? Kalau preinstalled, kemungkinan ada crash dengan partisi hidden, jika bukan preinstalled windows, saya kurang mengerti juga karena tidak bisa berinteraksi langsung dengan notebook anda. Harap maklum.

  51. abah jupe
    Apr 24, 2011

  52. salaam
    saya baru membuat partisi baru pada win7 tapi space yang kosong di drive c tidak mencukupi ketika saya install office, gimana cara memperbesar drive c agar cukup untuk menginstall program aplikasi baru?

  53. Fikri Online
    Apr 24, 2011

  54. @abah jupe: Coba rubah destination folder Office tidak di drive C lagi tetapi di drive yang lain sehingga space drive C tidak begitu banyak termakan oleh Office. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke sini.

  55. antah berantah
    Apr 25, 2011

  56. gan ane waktu itu beli laptop toshiba, dan udah nyoba2 partisi

    tapi kesalahan ane adalah cuman ngasih space partisi buat drive C: sebesar 17 giga

    gimana ya gan biar drive C: nya itu bisa ane tambah space nya?
    soalnya beberapa software butuh alokasi memori di drive C: juga, sedangkan udah hampir penuh

    thanks

  57. Fikri Online
    Apr 25, 2011

  58. @antah berantah: Jika anda menggunakan Windows 7, coba kecilkan ukuran partisi D dengan mengambil lokasi awal pastisi kemudian gunakan untuk menambah partisi pada drive C. Untuk meminimalisir resiko, backup terlebih dahulu data penting anda.

    Atau anda juga memilih menggunakan cara lain yaitu dengan cara meletakkan destination installer software pada drive lain selain drive C. Cara ini adalah cara paling praktis tanpa harus merubah ukuran partisi hard disk drive.

    Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  59. fikar
    May 7, 2011

  60. mas, apa yg dmaksud dgan backup data, dan bgaimna cra mnggunakanx…?
    sorry..,cos bru blajar…,trims sblumx.

  61. Fikri Online
    May 8, 2011

  62. @fikar: Backup data yaitu memindahkan data/file penting ke tempat lain, bisa ke Flash Disk, Ekternal Hard Disk atau ke komputer lain. Data biasanya berupa file Word, Excel dan file lain yang menurut anda penting. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (Seperti gagal partisi, partisi tidak terbaca, file rusak dan lain-lain), maka anda tidak perlu bingung untuk mencarinya (Merancang/membuat ulang file. Sebagai contoh, selama 1 bulan ini anda sudah mengetik manual laporan sebanyak 30 halaman. Tidak lucu kalau file itu hilang hanya karena partisi hard disk) karena sudah memlilki cadangan data.

    Semoga mengerti dengan penjelasan saya.

  63. rizal
    May 11, 2011

  64. mas mau tanya, laptop saya kan dibagi 3 partisi, C D E, volume D 179 dan E 188.
    bagaimana caranya ya supaya saya bisa menambahkan volume D mengambil volume dari E?
    saya agak bingung setelah mencoba cara2 diatas, setelah E di Shrink, muncul space disebelah kanan E, lalu bagaimana caranya supaya bisa ditambahkan ke drive D?
    terimakasih ditunggu jawabannya

  65. Fikri Online
    May 11, 2011

  66. @rizal: Kalau masalahnya seperti itu, coba gunakan software 3rd party karena hasilnya biasanya lebih baik. Jangan lupa backup data anda terlebih dahulu.

  67. Dicky
    May 13, 2011

  68. mas, saya udah lakukan cara partisi di win 7 dgn cara diatas tanpa menggunakan software pihak ke 3. awalnya leptop saya ada 2 prtisi, c (80GBan) & D (500 gban). saya shrink yg D jadi 250 Gb, stelah saya lakukan tahapan diatas, ternyata akhirnya gak bisa, tp hardsik yg D udah berkurang spacenya dan muncul 1 partisi yg unnallocated. gimana caranya ngehapus atau balikin partisi yg unnallocated tsb? tk

  69. Fikri Online
    May 13, 2011

  70. @Dicky: Yang unallocated coba dibuat partisi lagi (Create Partiton) dan jangan lupa diformat agar dibaca di Windows Explorer. Semoga berhasil.

  71. Dicky
    May 13, 2011

  72. caranya gimana ya mas? pake software atau di disk managementny? tk

  73. Fikri Online
    May 13, 2011

  74. @Dicky: Pakai Disk Management-nya.

  75. Dicky
    May 13, 2011

  76. bisa di jelaskan mas caranya gimana? saya nggak ngerti , tk

  77. Fikri Online
    May 13, 2011

  78. @Dicky: Wah, bakalan panjang kalau dijelaskan. Coba ke sini saja http://www.youtube.com/watch?v=Hyhg-H5k6js, barangkali bisa membantu. Terima kasih.

  79. Dicky
    May 19, 2011

  80. ok thanks mas, terakhir kemaren saya format ulang, saya partisi ulang..
    hehee

  81. Bob
    May 25, 2011

  82. Salam Mas Fikri.
    Mas saya minta pencerahannya ya. saya mau mengambil sisa ruang pada Drive C: untuk dibuat partisi baru tapi begitu saya mau SHRING kenapa kapasitas yg bisa di SHRING hanya 5 Gb padahal saya mau mengambil sebesar 30 Gb buat dual boot dengan Ubuntu 11.04. Ruang kosong pada Drive C saya 124 Gb dr 150 Gb. Apa krn di C: itu tempat System Win 7 Ultimate saya sehingga tdk bisa di SHRING lebih besar dari 5 Gb….Mohon pencerahannya Mas, Makasih.

    Nb ; Partisi Compi
    Drive C: (150 Gb)
    Drive D: (100 Gb)
    Drive E: (50 gb )

  83. Fikri Online
    May 26, 2011

  84. @Bob: Windows 7 memang membatasi besarnya shring dari ruang kosong yang ada di hard disk (Tidak semua ruang kosong bisa di shring). Karena itu anda harus menggunakan aplikasi 3rd party untuk melakukan partisi. Coba gunakan trik di sini http://blog.fastncheap.com/easeus-partition-manager-alternatif-software-partisi-gratis-untuk-windows/.

    Tetap harus diingat, BACKUP DATA PENTING ANDA TERLEBIH DAHULU SEBELUM MELAKUKAN PARTISI. Semoga berhasil.

  85. acun
    Jun 11, 2011

  86. Numpang tanya ya mas, Saya mau partisi disk c kenapa gak bisa ya? katanya dlm disk c ada mbr-nya jadi gak bisa di bagi… Gimana solusinya ya? saya pake wins 7 home basic 64bit. Mohon pencerahannya ya? thx

  87. Fikri
    Jun 12, 2011

  88. @acun: Anda partisinya dari mana? Dari DOS atau dari Windows-nya? Kalau membuat partisi baru dari Windwosnya ya jelas tidak bisa sebab drive C dipakai untuk booting (Ada MBR nya)

  89. impho'
    Jun 24, 2011

  90. bgamana mnghapus unallocated disk space di windows 7 ultimate .. ?
    mhon bantuannya

  91. Fikri
    Jun 24, 2011

  92. @impho: Kapasitas unallocated-nya berapa giga?

  93. jason Dachi
    Jun 30, 2011

  94. salam Mas Fikri, sebelumnya terima kasih banyak atas ilmunya yg di bagikan.
    aq mau tanya, Laptop ku merk toshiba hardis 500Gb dan aq uda partisi jadi 6 drive yaitu
    Drive C: (80 Gb) terpakai (69Gb)
    Drive D: (10 Gb) data pribadi (data kuliah dan Album)
    Drive E: (80 Gb ) utk campuran, terpakai (0Gb)
    Drive F: (90 Gb) utk Soft master
    Drive G: (185 Gb ) utk media terpakai (156Gb)
    dan (21Gb) (healthy primari partition)
    yg saya tanyakan,
    1. Drive E (80Gb) itukan ga terpakai, dan skrg aq mau hapus dan saya bagi dua buat nambah ke Drive C dan G
    caranya gimana.? dan

    2. 21Gb (healthy primari partition) itu maksudnya apa dan fungsinya apa, dan apakan bisa dihapus buat nambah ke Drive lain.?

    aq harap pertanyaan saya ini Mas Fikri mengerti. dan sebelumnya aku ucapkan terimakakasih banyak. Tuhan m’berkati….!!!

  95. jason Dachi
    Jun 30, 2011

  96. salam Mas Fikri, sebelumnya terima kasih banyak atas ilmunya yg di bagikan.
    aq mau tanya, Laptop ku merk toshiba hardis 500Gb dan aq uda partisi jadi 5 drive yaitu
    Drive C: (80 Gb) terpakai (69Gb)
    Drive D: (10 Gb) data pribadi (data kuliah dan Album)
    Drive E: (80 Gb ) utk campuran, terpakai (0Gb)
    Drive F: (90 Gb) utk Soft master
    Drive G: (185 Gb ) utk media terpakai (156Gb)
    dan (21Gb) (healthy primari partition)
    yg saya tanyakan,
    1. Drive E (80Gb) itukan ga terpakai, dan skrg aq mau hapus dan saya bagi dua buat nambah ke Drive C dan G
    caranya gimana.? dan

    2. 21Gb (healthy primari partition) itu maksudnya apa dan fungsinya apa, dan apakan bisa dihapus buat nambah ke Drive lain.?

    aq harap pertanyaan saya ini Mas Fikri mengerti. dan sebelumnya aku ucapkan terimakakasih banyak. Tuhan m’berkati….!!!

  97. jason Dachi
    Jun 30, 2011

  98. maaf aq kirim 2 kali cos, aq kirain kiriman pertama gagal

  99. Fikri
    Jun 30, 2011

  100. @jason Dachi: Wah kalau loncat-loncat begitu ya gak adak susah maz, harus melakukan banyak tahap.
    1) Hapus drive E
    2) Geser letak pastisi D ke belakang (Ke drive E yang sudah dihapus, tapi jangan sampai ke track paling akhir)
    3) Baru antara dive C dan D ada ruang kosong, di situ anda baru bisa menambah ukuran partisi pada drive C dengan cara menambah ke bagian kosong yang ditinggalkan oleh drive D
    4) Geser partisi F ke depan (Sisa geser partisi E pada langkah ke 2)
    5) Setelah partisi F bergeser, baru ada ruang kosong antara drive F dan G, di situ anda baru bisa menambah partisi G menggunakan ruang kosong tersebut.

    Catatan: Kalau kondisinya seperti itu, KAMI SANGAT TIDAK MENYARANKAN melakukannya karena RESIKO KEHILANGAN DATA LEBIH BESAR dan proses akan memerlukan waktu yang lama.

    Healthy partition berfungsi sebagai source partisi untuk recovery. Sederhananya, partisi ini bersisi Windows Asli notebook anda dan bisa digunakan saat notebook anda mengalami error.

    Semoga bisa jelas dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap.

  101. jason dachi
    Jul 1, 2011

  102. oke terima kasih banyak mas .. Tuhan M’berkati..!!

  103. Rian
    Jul 6, 2011

  104. mas, drive c sy 228 gb yg free msh 137 gb lg, blh ga, sy kurangin lg kapasitas drive c-nya utk ditambahin ke drive yg lain??? apa ga beresiko dgn data yg ada di drive c??? mksh sblmnya…

  105. Fikri
    Jul 7, 2011

  106. @Rian: Kalau ditambahkan ke drive D bisa (Drive yang secara track record fisik berada di sebelah drive C) dan bukan ke drive lain. Untuk resiko TETAP ADA karena bisa saja saat melakukan perubahan terjadi kegagalan yang kemugkinan bisa merusak data. Kalau memang ingin menggunakan trik ini, tetaplah berhati-hati saat menggunakannya dan jangan lupa backup data penting anda ke media lain seperti Flash Disk atau hard disk eksternal.

  107. Fariz Yoga Syahputra
    Jul 20, 2011

  108. mas fikri, mau nanya nih…
    tadi laptop saya abis install ulang…
    nah pas masuk ke disk management, kan ada Unalocated Paritisi gitu deh kalo gak salah, soalnya saya pas install ulang gak bisa ngasih partisi Drive Letter gitu kyk C: D: tapi itu gak bisa…

    terus saya klik kanan Unalocated Partisi tadi dan saya bikin New Simple Volume …
    nah abis itu semua partisinya kok jadi ikutan Simple Volume ya ?
    kira kira ada acara buat balikin itu semua gak mas ?

  109. Fikri
    Jul 20, 2011

  110. @Fariz Yoga Syahputra: Kalau untuk mengembalikan sepertinya memang tidak bisa karena sudah terlanjur. Jika pada komputer/notebook anda belum ada DATA PENTING, alangkah lebih baik kalau anda hapus semua partisi dan melakukan partisi ulang seperti pada saat pertama kali membeli notebook/komputer.

    Pilihan itu lebih baik agar tidak terjadi crash saat pembacaan pengaturan partisi oleh system.

    Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  111. Daniel
    Jul 26, 2011

  112. @ Ani line nomor 18 : Jawabnya : BISA!
    Win 7 Starter bisa untuk membesarkan disk capacity dgn menggunakan free space disk, tapi bukan menu shrink yg dipakai, melainkan extend volume :)
    @ Mas Fikri : tolong dikoreksi jawabannya

  113. Fikri
    Jul 26, 2011

  114. @daniel: Hemm, seperti itu ya? Kok hasilnya berbeda dengan punya saya? (Mohon maaf, jawaban saya berdasarkan pengalaman dan kalaupun ada yang punya pengalaman lain, terima kasih banyak telah berbagi dengan kami).

    Untuk semua, mohon eksperimen sendiri, mungkin hasilnya akan berbeda. Mohon maaf karena ilmu saya masih terbatas, jadi mungkin belum bisa memberikan jawaban terbaik.

  115. edi
    Jul 26, 2011

  116. mas fikri saya mau tanya ? saya baru beli NB tosibha setelah saya cek drive c saja , gimana caranya membagi partisi drive c menjadi 2 bagian drive c dan d ?,,,,, trimakasih sebelumnya

  117. Fikri
    Jul 26, 2011

  118. @edi: Perkecil ukuran hardisk menggunakan trik ini kemudian buat partisi baru pada partisi kosong yang baru saja anda kosongkan. Sebelum melakukan semuanya,ingat selalu BACKUP DATA PENTING ANDA terlebih dahulu demi keamanan anda. Meskipun kemungkinannya kecil, kegagalan perubahan partisi bisa menyebabkan notebook menjadi error.

  119. rico
    Jul 27, 2011

  120. tanya gan..
    saya punya laptop del win7 ultimed asli bawaan waktu beli..
    pas waktu tambah prtisi dengan window. bukan pake sofware.
    sudah di creat..
    kemudian partisi yang udah dibagi ngak bisa di format,,,pake sofware partision tidak juga…
    mohon bantuannya…

  121. alex
    Sep 21, 2011

  122. master….. mohon bantuannya.
    saya instalkan laptop teman acer aspire 4738G pakai software windows 7 ultimate, setelah selesai proses instal ulang, partisi yg muncul cuma “local disk (c)” saja, padahal sebelumnya tu laptop HDD-nya di bagi menjadi 2 partisi C = 68,35 GB & D = 397,40 GB.

    Pertanyaan saya kemana partisi (D)-nya 397,40 GB kok gak ada kelihatan sama sekali, padahal ukuran partisi (C)-nya tetap2 saja gak bertambah………. kenapa bisa begitu? mohon solusinya harus saya apakan lagi tu laptop master. terima kasih sebelumnya

  123. Fikri
    Sep 21, 2011

  124. @alex: Pada waktu partisi, formatnya menggunakan apa? Apakah sama dengan yang digunakan di Windows 7 Ultimate.

    Coba gunakan disk management bawaan Windows 7 untuk mendeteksi partisi tersebut. Semoga berhasil.

  125. ikhwanul qirom
    Oct 3, 2011

  126. saya baru beli notebook asus eee pc. saya pingin mempartisi HD. saya sudah menggunakan EPM sama partition wizard dengan mengurangi/mengecilkan drive c tapi di unalocated itu kok ga bisa di create drive baru ya, tertulis disana tidak cukup MBR katanya, apa itu ya? trus kira2 solusinya bagaimana mas..

    Read more: http://blog.fastncheap.com/merubah-ukuran-partisi-hard-disk-di-windows-7/#ixzz1ZgbMkHGc

  127. Fikri
    Oct 3, 2011

  128. @ikhwanul qirom: Bisa dijelaskan dengan lebih detail? Kapasitas berapa? Dibagi berapa? Unallocated-nya berapa? Dan informasi lain mengenai hardisk tersrebut.

  129. Rusdi
    Oct 5, 2011

  130. Mas Fikri Saya mau tanya..
    Bagaimana Cara Menambah Driver C nya..
    Driver c 49 GB yg sudah terpakai 40 GB..
    Saya mau menambahkan dengan mengurangi driver D..

  131. Fikri
    Oct 5, 2011

  132. @Rusdi: Ya tinggal merubah ukuran pastisinya menggunakan tools bawaan Windows 7 (Kurangi partisi C dan gunakan untuk partisi D). Ingat BACKUP DATA PENTING anda terlebih dahulu seelum mencoba menggunakan trik ini.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  133. Eri Karim Khan
    Oct 11, 2011

  134. Mas Fikri Saya tanya
    Gimana tambah volume size drive c dengan mengurangi volume size drive d. Thanks

  135. emsa
    Oct 23, 2011

  136. mas saya mau nanya. saya berencana untuk membuat ulang partisi.
    awalnya di laptop saya ada 3 partisi C, D, dan E.
    saya ingin menghapus D dan E karena kapasitasnya tidak sama.
    yang ingin saya tanyakan apa tidak apa” kalau saya langsung FORMAT D dan E tersebut, dan langsung membuat volume baru menjadi D,E, dan F dengan kapasitas yang sama tanpa melalui SHRINK?
    tolong di jawab. terima kasih mas..

  137. adit
    Oct 24, 2011

  138. mas saya memiliki laptop dengan win 7 ultimate. yg mau saya tanya,
    apakah bisa saya mengurangi/shrink volume di drive C, kemudian saya gabung di drive D?
    sebelumnya saya sudah mencoba, tapi hasil dr shrink volume tersebut berubah menjadi unalocated dan tidak bisa saya gabung ke drive D.
    jadi bagaimana caranya agar volume dr unalocated tersebut bisa digabung kedalam drive D. (* saya menggunakan Disk Management Win 7)
    terima kasih atas jawabannya.

  139. Fikri
    Oct 25, 2011

  140. @emsa: Kalau langsung format tidak masalah. Yang paling penting di sini adalah, data anda harus diselamatkan sebelum melakukan format/partisi ulang.

  141. Fikri
    Oct 25, 2011

  142. @adit: Coba perbesar partisi D ke arah unallocated sehingga bisa dipakai untuk drive D. Jangan lupa backup data penting anda terlebih dahulu sebelum melakukan semuanya.

  143. REGGY
    Oct 25, 2011

  144. saya sudah partisi di windows7 startert tp koq ga bisa di format ya…? yg sya partisi disk (C) sistem’a
    trus kl mw partisi ulang gimana caranya ?…
    mohon bantuanya ….trimakasi….

  145. maipin
    Oct 26, 2011

  146. komputer saya trdiri atas tiga partisi, saya coba install ulang tapi dijadikan 4 partisi (dengan cara delet ketiga partisi, kemudian partsi ulang jd empat partisi) namun partisi yang keempat saya buat unallocated. stelah istalasi slesai saya format yang unallocated tadi lewat computer management. namun stelah restart wndows saya tdak bisa boot. saya coba install ulang namun hanya partisi c yang bisa diformat, dan yang lain tidak bisa diapa-apakan. celakanya stelah install ulang windows saya ttp saja tidak bisa boot..

    mohon bantuannya..
    trimakasih sebelumnya..

  147. Fikri
    Oct 26, 2011

  148. @Reggy: Kalau format partisi C ya harus booting dari CD atau falsh disk terlebih dahulu, baru bisa diformat. Jika memagn ingin dipartisi ulang, bisa dilaksanakan pada saat pertama kali menginstall Windows. Selalu ingat, backp dulu data penting anda.

  149. Fikri
    Oct 26, 2011

  150. @maipin: COba partisi manual menggunakan dos, atau bisa menggunakan tools yang ada pada Cd Hiren Boot (Saya biasanya menggunakan itu). Semoga berhasil.

  151. Sabil
    Nov 12, 2011

  152. Mas fikri saya mau nanya,, saya menggunakan Laptop Compaq Presario CQ42 dengan windows7 home premium,, HDD 450GB,, LocalDisk C:100GB ,, LocalDisk D:350GB… saya mau nambahin LocalDisk C nya gmana… sedangkan C nya udah terpakai 95GB…

  153. Fikri
    Nov 12, 2011

  154. @sabil: Coba pakai cara ini:

    1) Gunakan ‘Shrink Hardisk” yang sudah dijelaskan pada artikel ini.
    2) Kalau tidak bisa, gunakan software pihak ketiga seperti Easues, yang bisa dibaca di sini http://blog.fastncheap.com/easeus-partition-manager-alternatif-software-partisi-gratis-untuk-windows/
    3) Kalau masih tidak bisa gunakan cara di sini http://blog.fastncheap.com/partition-wizard-home-edition-cara-mudah-partisi-hardisk-dengan-cepat-dan-aman/
    4) Kalau masih tidak bisa juga, cara terakhir yang saya tahu anda harus partisi ulang hardisk (Dan tentunya data pada drice C dan D akan terhapus).

    Untuk cara ke 1-4, BACKUP DATA penting anda terlebih dahulu untuk meminimalisir kegagalan partisi.

    Semoga berhasil dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

    cara Shrink partition yang ada pada artikel ini. Kalau tidak bisa ya sepertinya hardisk anda harus di partisi ulang (Dengan catatan data akan akan terhapus semua, baik itu drive C atau D.

  155. dimas
    Nov 16, 2011

  156. ang aku belum bisa nich pas klik finish ada tulisan “the operation you selected will convert the selected basic disk(s) to dynamic disk(s). If you convert the disk to dynamic, you woll not be able to start installed operating system from any volume on the disk. Are you sure you want to continue? Pas aku klik yes “dynamic disk are not supported by this operating system or server configuration. Dynamic disk are not supported on clusters. Mohon bantuannya

  157. Fikri
    Nov 17, 2011

  158. @dimas: Kalau dapat pesan seperti itu berarti OS Windows tidak bisa digunakan menggunakan drive dinamis (Karena setelah partisi dirubah, Windows akan mendeteksi kalau partisi ini sebagai partisi dinamis).

    Kalau beolh tahu anda mecoba merubah ukuran partisi pada drive C ya?

  159. pepe
    Nov 20, 2011

  160. mas saya mau tanya, kan saya punya partisi c dan d dan saya ingin menambah kapasitas partisi d dengan mengambil setengah dr c krn di partisi c msh tersisa 112gb. yang saya bingung kenapa ya di partisi d ga bisa extend volume?saya jg udh coba untuk shrink partisi c dulu yg hasilnya unalocated. mohon bantuannya ya mas :)

  161. Fikri
    Nov 20, 2011

  162. @pepe; Coba hasil unallocated tadi di tambahkan ke partisi D sehingga partisi D menjadi beertambah. Kalau masih belum bisa juga ya mau tidak mau harus dipartisi ulang secara manual seluruh drive pada hardisk. Dan yang paling penting, ingat selalu backup semua data penting anda terlebih dahulu.

    Semoga berhasil.

  163. anca
    Nov 26, 2011

  164. master sya mau nanya,,,
    saya punya dua partisi C dan D, yg mau saya tanya
    gimn y cara untuk membagi kapasitas dari D ini ke C
    pada disk D ada 219 gb
    disk C ada 78.98 gb, smentr pd disk c udah trpakai 60 gb..
    dan D kosong 100 gb lg

    tlng di bantu y mas..

  165. Fikri
    Nov 28, 2011

  166. @anca: Kalau pakai cara yang sudah saya jelaskan di sini apakah masih belum bisa?

    **Tetaplah backup data anda sebelum melakukan partisi.

  167. rizy
    Dec 3, 2011

  168. bisa minta tolong?
    gmna caranya, ini saya ada LOCAL DISK (D) 135 gb..

    terus ada unallocated sebesar 53gb

    nah, kenapa local disk (d) tersebut tidak bisa di extended?

    dan unallocated sebesar 53gb tersebut juga tidak dapat digunakan menjadi local disk.. ada alasan (maximum number of partitions)
    padahal hanya terdapat 2 partisi ( c dan d)

    bagaimana?

  169. Fikri
    Dec 4, 2011

  170. @rizy: Kemungkinan karena proses partisi saat pertama kali menggunakan laptop yang bermasalah, jadi terjadi seperti itu. Sepengetahuan saya, untuk mengatasinya harus melakukan langkah-langkah:

    1) Partisi ulang mulai dari awal, kemudian install lagi (Semua data akan hilang).
    2) Merubah partisi menggunakan software pihak ke tiga (Software partisi lain). Kalau anda melakukan ini, backup semua data anda ke komputer/media lain sebelum melakukannya demi keamanan data. Software yang bisa dipakai semacam Easeus Partition Manager, Partition Wizard atau Partition Magic.

    Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  171. YADI
    Dec 7, 2011

  172. setelah dishrink terus laptop dimatikan, kok ketika dinyalakan gak bisa cuma muncul crusor di kiri atas. tolong solusinya

  173. Fikri
    Dec 7, 2011

  174. @Yadi: Maksudnya kursor di kiri atas bagaimana ya?

  175. gamal
    Dec 8, 2011

  176. mas ketika sy partisi hardisk win 7 saya pada laptop toshhiba L35, kenapa paaaartisi drivenya langsung menjadi drive : E dan Drive : F, kok tidak Drive : D dulu

  177. Fikri
    Dec 8, 2011

  178. @gamal: Drive D biasanya sudah dipakai oleh DVD/CD Rom. Biasanya kasus seperti ini karena drive D sudah pernah dipasangi oleh CD/DVD Rom dan akan terus didimpan dalam memory system selama komputer/notebook tersebut belum diinstall ulang. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  179. anto11bc-barkom
    Dec 16, 2011

  180. Gan saya melihat kelemahan partisi pake windows 7. Ketika hardisk di partisi pake windows 7 misal 3 partisi. Ketika akan di down grade ke windows XP tuh hardisk cuma kebaca 1 partisi. Jadi kalau langsung di install data bisa hilang. Mungkin agan punya solusi yang cepat, tanpa harus mengkopi hardisk yang mau di downgrade di windows 7 yang lain. Bagaimana gan? Terima kasih

  181. Fikri
    Dec 16, 2011

  182. @anto: Sepertinya memang tidak bisa karena Windows XP belum mampu membaca partisi yang demikian. Satu cara yang saya tahu secara teori (Tapi belum tahu secara praktek), tipe partisi dirubah terlebih dahulu dengan jenis partisi yang support dengan Windows XP. Tetapi, itu juga masih beresiko dengan data didalamnya.

    Jadi, menurut saya (Dan juga pasti berpengalaman dengan hal ini), cara terbaik adalah dengan backup data terlebih dahulu, baru install Windows XP.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  183. Fend
    Dec 30, 2011

  184. @dimas: Kalau dapat pesan seperti itu berarti OS Windows tidak bisa digunakan menggunakan drive dinamis (Karena setelah partisi dirubah, Windows akan mendeteksi kalau partisi ini sebagai partisi dinamis).

    Kalau beolh tahu anda mecoba merubah ukuran partisi pada drive C ya?

    —————————————————————————
    kalau masalahnya seperti itu bagaimana solusinya gan? krn unallocated partitionnya kosong tidak bisa di buat drive dan di format.
    mohon pencerahannya gan.tq

  185. Fikri
    Dec 31, 2011

  186. @Fend: Kalau sudah seperti itu, solusi terbaik, partisi ulang secara manual dan tentunya akan menghapus semua data di hardisk anda. Jadi JANGAN LUPA BACKUP DATA anda terlebh dahulu.

  187. Abdal
    Jan 5, 2012

  188. Pagi Mas Fikri mohon bantuan and solusi
    laptop saya asus (buka Kotak) hardisk total 750 Gb OS win 7 home premium servis pack 1 64 bit kondisi partisi hardisk bawaan pabrik sbb:
    A. C : 25 Gb (Healty System) primary partition. NTFS. kondisi 25 GB free
    B. C : 305,67 GB (Healty system,Boot,Page file,Active,
    Crash Dump,primary partition) .NTFS.Kondisi free 264,65 GB Free.
    C. D : 367,87 GB .NTFS .Healty (Logical drive) kondisi 100 % free

    Masalah saya :

    Point A. berubah menjadi FAT 32 setelah saya lakukan back up yang disaran oleh system . kini setelah back up menunjuk pilihan iso file kondisi terpakai 16.5 GB dan free 8.43 GB. volume yang tadinya C : berubah menjadi R: dengan label Recovery apakah OS Win 7(masternya) berada disini ? bagaimana perubahan NTFS ke Fat 32 apakah ini sebuah masalah .??

    Point B. Menurut Saya terlalu besar untuk alokasi system OS . saya coba lakukan shrink volume cuman dapat jatah 150 GB . saya mengingikan system hanya 100 GB dan sisanya 205,67 GB buat data tepatnya untuk tambahan partisi . bagaimana caranya mohon pencerahan.

    Sebelumnya terima kasih atas info dan ilmunya.

    Salam kenal.

  189. Fikri
    Jan 6, 2012

  190. @Abdal: Mengenai partisi drive C yang berubah jadi R, dan menjadi Fat32, saya belum tahu (Dan memang belum pernah mengalami masalah yang sama), mohon maaf belum bisa membantu.

    Untuk shrink volume, memang Windows 7 memiliki aturan sendiri, tidak boleh lebih dari 50% dari partisi asli Windows. Jika ingin mengurangi lebih dari 50% dari asli, harus menggunakan disk partition manager selain bawaan Windows. Saya sendiri pernah menggunakan Easeus Partition Manager dan bisa digunakan.

    Harap diingat, jangan lupa untuk backup data anda terlebih dahulu sebelum merubah partisi hardisk.

  191. Mardy
    Jan 20, 2012

  192. Mas fikri saya pake win 7 ultimate, volume drive C hampr penuh, kebetulan drive F ga dipakai, bisa ga drive F digabung ke drive C, caranya sih dah tau tp takut ada trouble dgn drive C apalgi harus di install ulang, mohon jawabannya makasih ya….

  193. Fikri
    Jan 21, 2012

  194. @Mardy: Kalau digabung dengan drive F sepertinya tidak bisa sebab drive C hanya bisa digabung dengan drive D. Kalau anda takut terjadi apa-apa, itu sudah menjadi konsekuensinya menggunakan trik semacam ini.

    “Kalau anda takut, jangan pernah memulai!”

    Terimakasih banyak telah berkunjung ke fastNcheap blog.

  195. Taufik
    Jan 26, 2012

  196. Assalamu’alaikum.

    minta pencerahannya Bang,
    ane baru dapt hp probook dgn hdd 500gg. disk nya dinamic, stelah ane shrink mash skitar 260gg untuk C (sytem), sy ingin kurangi disk C nya tp dengan shrink volume sdh tdk bisa, partition magic, easus, dan parttn wizard jg tdk bisa. kira2 gmn lg y??
    dan apakah jika dinamic di konvert ke basic win 7 yg ada bisa hilang? trimaksh atas pncerahannya

    jawaban bs jg ke : taufik_elrahman@yahoo.com

  197. Fikri
    Jan 28, 2012

  198. @Taufik: Wa’alaikum salam. Kalau semua cara tidak bisa ya jalan terakhir, partisi ulang mulai dari awal (Dan tentunya semua partisi sebelumnya kan terhapus). Terima kasih banyak telah berkunjung ke fastNcheap blog.

  199. Arnold
    Feb 9, 2012

  200. gan, permisi mw nanya, saya menggunakan notebook toshiba L745 dgn win7 HP ori…
    berhubung terserang Win.Sality, saya memformat laptop saya, dgn windows bajakan…
    yang jadi pertanyaan saya adalah,
    pertama, apakah win7 asli saya bisa kembali?
    kedua, saya menggunakan win7 ultimate 32 bit, dan RAM saya hanya 2.8GB saja, tertulis (2.78 usable)…
    mohon bantuan nya, thanks before

  201. Arnold
    Feb 9, 2012

  202. maaf, gan, sekiranya pertanyaan saya kurang lengkap…
    RAM saya 4GB, tetapi hanya terbaca 2.8GB
    tlg dijawab disini atau ke email saya:

    kushrenada_peacecraft@yahoo.com

  203. Fikri
    Feb 10, 2012

  204. @Arnold: Coba install ulang menggunalan Windows 7 OEM installer dan masukkan serial number yang ada pada belakang notebook. Kalau boleh tahu RAM nya berapa keping? Kalau dua keping coba periksa hardwarenya (Buka bagian penutup belakang notebook dan coba bersihkan). Kalau cuman satu keping bisa jadi Windows anda yang bermasalah.

  205. alvin
    Feb 13, 2012

  206. kalo yg local disk c mau dtambah bisa gk???
    and caranya gmna??/

  207. alvin
    Feb 13, 2012

  208. tapi d tambah ny dri local disk d dan e

  209. Fikri
    Feb 14, 2012

  210. @alvin: Kalau yang C agak susah sebab merupakan partisi system.

  211. irham
    Feb 17, 2012

  212. maaf gan kemaren saya pergi ke toko install windows 7 tapi tidak di partisi,terus saya minta di partisi jadi dua,padahal sudah terinstall.kok bisa di bagi dua padahal tidak di install ulang gimana caranya ya gan,,?

  213. Fikri
    Feb 18, 2012

  214. @irham: Bisa memakai trik pada tutorial ini atau bisa juga menggunakan software partisi seperti Easeus Partition manager, Partition Wizard atau software yang lain.

  215. eddy
    Mar 2, 2012

  216. mas… kemaren sy bl asus vx6s ber OS windows home premium OEM, krn drivenya cm 2, C (150 Gh) & D (350 Gh) sy bermaksud menambah partisi E & F, jd partisi D sy shrink menjadi 150 Gh utk E, kemudian D sy shrink sekali lg utk F (100 Gh), masalahnya koq di disk managementnya bertambah menjadi C, D, E, F, G & H yg sy heran E (15 Gh) & F (16 Mb-raw) itu partisi apa? mengapa tiba2 ada. trs sekarang semua partisi menjadi free space dan bertype dynamic.. bagaimana cara mengatasinya? atau bagaimana cara mengembalikan seperti keadaan semula, sy tkt windows ori nya hilang?

  217. Fikri
    Mar 4, 2012

  218. @eddy: Kalau begitu kemungkinan anda salah melakukan proses partisi. Kalau tabel partisinya sudah dirubah, biasanya tidak bisa dikembalikan lagi.

    Satu-satunya jalan untuk mengembalikannya ke kondisi semula (Yang saya tahu), coba bawa ke service center resmi ASUS terdekat di kota anda.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  219. @aCcink
    Mar 4, 2012

  220. laptop acer 4741
    Partisi C 19.53 GB
    Partisi D 97.66 GB
    Partisi E 29.29 GB
    Partisi F 39.05 GB
    Partisi G 112.54 GB

    sy ingin mnmbah partisi C menjadi 35 GB dan mengurangi
    Partisi E, caranya Gmn Bang ?? MOhon pencerahannya

  221. Fikri
    Mar 5, 2012

  222. @aCcink: Kalau seperti itu tidak bisa, anda harus mengurangi partisi D untuk menambah partisi C. Dan INGAT, sebelum melakukan perubahan partisi BACKUP DATA PENTING anda terlebih dahulu ke tempat lain.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  223. riyan
    Mar 5, 2012

  224. mas mau nanya, kemaren saya membagi partisi pake cara di atas, tapi saat lagi proses shrink tiba2 error trus kapasitas di C nya berkurang dan partisi barunya gak muncul karena error..
    gimana cara balikinnya yaa mas?
    mohon solusinyaa..

  225. Fikri
    Mar 6, 2012

  226. @riyan: BACKUP DATA PENTING anda ke komputer lain, lalu hapus partisi yang error, kemudian shrink lagi yang bagian yang kosong agar kembali ke partisi C. Kalau belum bisa, install ulang Windows dan coba perbaiki partisi pada awal setup Windows.

    Jika masih belum bisa juga, lakukan partisi secara manual seperti saat baru beli notebook (Dengan catatan, semua partisi akan terhapus dan mulai lagi dari awal).

  227. riyan
    Mar 6, 2012

  228. iya mas, hmm masalahnya partisi yang error itu gak muncul, gak tau hilang kemana..
    kalau mau melakukan partisi secara manual berarti harus instal ulang windows lagi mas??
    maav yaa mas saya banyak bertanya, maklum saya sedikit awam kalo untuk masalah kayak gini hehe..
    mohon bantuannyaa ..

  229. Fikri
    Mar 7, 2012

  230. @riyan: Kalau partisi secara manual, pastinya install ulang Windows. Jika partisinya hilang, mungkin masih bisa dikembalikan lagi dengan software pihak ketiga seperti EaseUS partition manager, atau software yang lain. Tetapi, harap tetap diingat, semua ada resikonya karena berhubungan dengan partisi hardisk.

  231. Ilhamchp
    Mar 9, 2012

  232. Mas, Kalo Shrink Volume Bisa Ngerusak data – data yang ada di dalam Partisi Itu Sendiri Ya ? Hmm.. Saya Mau Buat Partisi Baru Tapi Gak Ngerusak File Dalam Partisi Yang Lama ?

  233. Fikri
    Mar 13, 2012

  234. @Ilhamchp: Shrink pada dasarnya dibuat untuk partisi hardisk agar tidak merusak data yang lama. Tetapi, resiko kehilangan data masih ada jika proses Shrink tidak berjalan dengan normal.

    Untuk itu, setiap artikel yang ada di blog ini, terutama yang berhubungan dengan data, setiap akhir artikel kami menambahkan warning agar backkup data anda terlebih dahulu sebelum melakukan partisi hardisk.

  235. Bayu Permadi
    Mar 17, 2012

  236. Boss…..
    mw tanya, cara partisi yg bner gmn supaya ga error?
    n jg mw nanyai knp harddisk sya yg dri 320GB hilang menjadi 229GB?
    apa penyebabnya?
    laptop sya asus k42f….
    mhon bntuannya…..

  237. Fikri
    Mar 19, 2012

  238. @Bayu: Cara yang dicantumkan di artikel ini sudah benar dan terbukti berhasil (Dan memang direkomendasikan oleh Microsoft sebagai penyedia OS) dengan catatan system Windows 7 dan hardisk tidak ada masalah. Kalau anda mencoba dan hasilnya berbeda, bisa jadi system anda atau hardisk anda yang bermasalah.

  239. Bayu Permadi
    Mar 20, 2012

  240. hmmm, trus apa penyebab harddisk q kehilangan memorinya dri 320gb jdi 229gb?
    apa ada sesuatu yg error?
    maklum ga ngrti yg kyk bgtuan….

  241. Fikri
    Mar 21, 2012

  242. @Bayu: Mohon maaf belum bisa memberikan penjelasan lagi sebab tidak bisa berinteraksi langsung dengan hardisk anda.

  243. Bayu Permadi
    Mar 21, 2012

  244. oh ya sudah gpp….
    trimakasih atas bantuannya ok?

  245. Fajar
    Mar 24, 2012

  246. Mas mau tanya. .
    Saya mau mengurangi drive C (system), untuk saya sisakan 10GB untuk install dual boot dengan ubuntu, jika dalam mengurangi drive C tsb dengan menggunakan cara Shrink diatas apakah system saya akan hilang??
    kalok data di c sih sudah saya bakcup,,tpai tujuannya agar lebih mudah dan tidak install windows 7 lagi ketika partisi C dikurangi.
    mohon pencerahannya.

  247. Fikri
    Mar 26, 2012

  248. @Fajar: Untuk buat partisi Linux seperti itu saya belum pernah coba. Biasanya, untuk Linux saya gunakan bagian terakhir dari partisi terakhir pada hardisk. Misalnya, jika ada partisi hardisk CDE, maka saya memotong barian akhir partisi E untuk install Linux.

    Selamat mencoba, jangan pernah lupa backup data dan semoga berhasil. :)

  249. uje
    Mar 27, 2012

  250. bro…laptop ane kan 2 partisi c.\ dan d.\…

    ane mau nambah kapasitas partisi c.\ dengan mengurangi dari partisi d.\….bagaimana caranya?
    apa dengan disk management itu jg?
    akan hilang gak datanya?
    jawab via email blh jg kq

    trims bantuannya.. :-)

  251. Fikri
    Mar 29, 2012

  252. @uje: Ya bisa dengan cara melakukan trik yang sudah disebutkan di sini. Untuk data, walaupun pihak Microsoft membuat tools yang aman, tetap saja BCAKUP DATA sebelum mencoba trik ini untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  253. imron
    Mar 30, 2012

  254. gan kan gw pnya laptop trus pas gw lagy partisi eh.. ga sengaja partisi hardisk gw terhapus.trus partisi cuma ada local disk C,gman cara balikin partisi hardisk tsb..??
    bntuannya gan

  255. Fikri
    Mar 30, 2012

  256. @imron: Lepas hardisk, pasang di komputer lain terus coba recovery data menggunakan Ontrack Recovery versi profesional untuk mengembalikan data. Untuk partisi, biasanya harus dibuat ulang secara manual.

  257. kiyamak
    Mar 31, 2012

  258. gan, mau nanya :
    1. Harddisk sudah dipartisi sampe 4 bagian (C,D,E,F), yang 3 bagian (C,D,E) sudah terpartisi dari laptopnya, sedangkan yang satu (F) saya partisi sendiri. Waktu tadi saya restart, kok yang muncul cuma 1? (hanya C saja)?
    2. Apakah partisi tersebut (yang hilang) bisa dikembalikan kembali seperti semula? karena datanya sangat banyak.
    3. Apakah file yang didalam partisi tersebut bisa kembali?
    4. Kira-kira penyebab hilangnya partisi tersebut apa ya?
    Sori kalau banyak tanya.

  259. Fikri
    Apr 2, 2012

  260. @kiyamak: Cara yang biasa saya gunakan untuk mengembalikan data:

    1) Lepas hardisk.
    2) Pasang di komputer lain sebagai slave.
    3) Lakukan recovery data menggunakan ontrack Recovery.

    Atau kalau mau lebih aman lagi, siapkah satu hardisk kosong lagi dan kloning hardisk tersebut ke hardisk lain dan lakukan penyelamatan data pada hardisk yang di cloning. Dan ingat, cloningnya jangan sampai terbalik.

  261. zazi
    Apr 10, 2012

  262. mau tanya, kalau saya partisi win7 saya, akankah data-data hilang? kok saya mendengar dari beberapa teman saya partisi data = format = data hilang. apakah benar?

    btw saya pakai laptop

  263. Fikri
    Apr 13, 2012

  264. @zazi: Kalau buat partisi baru sudah pasti menghilangkan data. Kalau merubah ukuran partisi, data tidak terhapus (Meskipun ada resiko kehilangan data). Karena hal itu juga, setiap tutorial partisi hardisk pasti saya sarankan untuk backup semua data untuk menhindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  265. akhmadi
    Apr 21, 2012

  266. mas, saya mau tanya..
    kalo saya ingin mengembalikan lagi dua disk yang sudah dipartisi agar mnjadi satu drive (sehingga lebih besar) itu gimana..??
    intinya integral dari cara martisi hard disk gitu..??
    terima kasih..

  267. lala
    Apr 22, 2012

  268. mas….gmnh caranya mencari data yang hilang/ tercecer setelah menggabungkan 2 drive??????( lupa backUp data)
    misalX: drive H 35gb, saya gabung ke drive G 80gb,,, setelah saya gabung ternyata data pada drive H hilang….
    mohon bantuannya…..terima kasih..

  269. Fikri
    Apr 22, 2012

  270. @akhmadi: Anda bisa menggunakan cara yang dijelaskan pada artikel ini dengan catatan, kosongkan dahulu data ke hardisk lain kemudian rubah partisi menjadi satu partisi.

    JANGAN PERNAH LUPA, backup semua data sebelum anda melakukan perubahan partisi hardisk.

  271. Fikri
    Apr 22, 2012

  272. @lala: walah, sudah juga kalau seperti itu. Coba lepas hardisk, pasang di komputer lain dan lakukan recovery menggunakan ontrack recovery. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  273. Mr Cruiser
    May 7, 2012

  274. numpang tanya,,,hardisk latop sy partisi D, E, F gak bisa di format saat instal windows,,cuma muncul “Drive Cannot Delete” tp kalo yg C bisa,,,
    knapa yak????
    bisa bantu ????

  275. Fikri
    May 8, 2012

  276. @M Cruiser: Coba dipartisi manual menggunakan tool DOS. Kalau saya sendiri biasa menggunakan tools pada CD Hiren Boot. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  277. arya
    May 31, 2012

  278. saya mo nanya mas admin…..saya nemuin masalah pas mo nginstal ubuntu, masalahnya pada hasil resize hardisknya (unlocated space) gk bsa di create partition ketika mo nginstal ubuntu…saya resizenya pke easus pdhal sblm2nya gk pernah ada masalah kyk gtu mas….trus saya coba partisi unlocated spacenya di windows ternyata bsa tp bgtu saya perhatiin semua partisi jd simple smua gk ada lg yg primary sama logical….kira2 knp ya mas bsa muncul masalah kyk gtu? trus solusinya gimana mas admin…. thanks

  279. Fikri
    Jun 2, 2012

  280. @arya: Itu karena partisi anda menggunakan Dynamic Partition bukan static partition sehingga pada saat install Linux tidak bisa di create lagi. Untuk mengembalikan ke static partition lagi, solusi yang saya tahu sampai saat ini, harus partisi ulang dari awal lagi.

    **Saya juga pernah melakukannya dan memang harus partisi dari awal, untuk membuat dual boot Linux dan Windows.

  281. arya
    Jun 2, 2012

  282. jd solusinya dpartisi dari awal kyk pertama kali mo nginstal windows gtu ya mas admin?…..:berduka:

  283. Fikri
    Jun 4, 2012

  284. @arya: Betul memang harus seperti itu (Sebab itu satu-satunya solusi yang saya temukan di internet). Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini.

  285. oxta
    Jun 15, 2012

  286. mas mau tanya, saya instal win7 di laptop, ketika sudah selesai instalasi, saya buka disk mangement, ternyata drive C (tempat saya menginstal windows ) dan drive yang saya partisi lainnya terbaca “dynamic” apakah itu memang defaultnya atau bagaimana?
    karna saya denger2 seharusnya terbaca basic/primary (pada drive tempat instal windows).. apa betul begitu? trima kasih.. ^^,
    jika benar, solusi untuk merubah jadi basic/primary’nya bagaimana?

  287. Bimo
    Jun 17, 2012

  288. bingung… yg saya mksd mau menambah kapasitas drive C dari drive D?? bisa ga pakai cara diatas?

  289. Fikri
    Jun 18, 2012

  290. @oxta: Defaulnya, kalau anda memang pertama melakukan partisi (Anggap saja notebook baru yang tidak ada systemnya) menggunakan installer Windows 7, maka akan membuat partisi Dynamic, bukan static.

    Jika ingin menggunakan/memiliki Static disk, harus partisi secara manual.

  291. Fikri
    Jun 18, 2012

  292. @Bimo: Bisa saja dengan cara, perkecil drive D terlebih dahulu baru perbesar drive C. Sebelum melakukannya, jangan lupa backup terlebih dahulu data anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  293. mahfudpb
    Jun 30, 2012

  294. baru saja sya mengurangi kapasitas hardis E, trus muncul drive baru, gmna cara mengembalikannnya lg agar kapasitas hardis E td balik semula

  295. Fikri
    Jul 2, 2012

  296. @mahfudpb: hapus driver baru dan perbesar ukuran partisi dari drive E. Jangan lupa backup data anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  297. Nurul Zeyn
    Jul 9, 2012

  298. help me. pembagian partisiku sebelum diinstall WIN 7
    local disc (C): 17,6.
    favorite (D): 87, 57.
    important (E): 9, 75.
    gallery (H): 55, 8
    movies (F): 125, 23.
    nah, habis diinstall Win7 jadinya yang drive C sama F ketuker. local disknya :125, 23. dan yg movie tinggal: 17, 6.
    cara balikinya gimana? aku udah shrink volume tapi di C (size setelah install) cuma berkurang 5GB gitu.
    tolong yaah bantuanyaaa :(

  299. Fikri
    Jul 10, 2012

  300. @nurul Zeyn: Kalau sudah di Shrink tidak bisa lagi, jalan terbaik adalah dengan partisi ulang semua drive secara manual (Seperti pada saat baru membeli hardisk).

    Memang benar, ada cara lain (Menggunakan tools disk manager seperti partition magic atau tools pada Hiren Boot CD) untuk merubah ukuran partisi hardisk, tetapi tidak ada jaminan bakal berhasil.

    Saran terbaik, partisi ulang dari awal.

  301. Hollys kurniawan
    Aug 9, 2012

  302. mas mau tanya partisi notebook saya 3 c d e,gmana caranya nambah satu lagi biar jadi 4?

  303. Fikri
    Aug 10, 2012

  304. @Hollys Kurniawan: Coba yang E perkecil partisinya, kemudian gunakan sisa partisi tersebut untuk digunakan sebagai drive selanjutnya. Harap BACKUP DATA PENTING anda terlebih dahulu sebelum melakukannya.

  305. vitto
    Aug 13, 2012

  306. ne udh puny partisi C: & D: dan Ane mw tambah lagi partisi kok g bisa…..,
    malh sekarng da tambahan partisi yang ( unallocated ), mw ane Creat ( New Simple Volume ) kok malah muncul pesan ” you cannot create a new volume in this unallocated space because the disk already contains the maximum number of partitions ”
    Jadi gmn penyelesaiaan.nya gan?????
    cara balikinnya gimana gan ?

  307. Fikri
    Aug 14, 2012

  308. @vitto: Itu artinya di hardisk anda sudah terlalu banyak partisi primer jadi tidak bisa ditambah lagi. Untuk mengatasi hal itu (Yang saya tahu) harus melakukan partisi ulang secara keseluruhan dan pada saat melakukan partisi menggunakan tipe logical bukan primer sehingga bisa dibuat lebih banyak drive.

  309. ali
    Aug 22, 2012

  310. sebelumnya salam kenal
    saya ada pertanyaan gan.
    saya sudah memiliki 4 partisi di laptop saya yaitu C,D,E dan F. seiring berjalannya waktu saya membutuhkan tambahan space untuk drive C, karena saya melihat drive F banyak space yang kosong akhirnya saya shring / pecah menjadi 2 berarti jadinya ad C,D,E,F dan Unlocated. Nah pertanyaannya untuk partisi yang masih unlocated ini kenapa saya tidak bisa menambahkannya ke drive C tapi hanya bisa ditambahkan ke D,E, atau F. mohon petunjuknya bagaimana agar partisi yg masih unlocated ini bisa di gabungkan ke Drive C. terimakasih

  311. Fikri
    Aug 22, 2012

  312. @ali: Ya memang tidak bisa sebab secara lokasi fisik “Unalocated” pada drive F berjauhan dengan lokasi drive C.

  313. semprul
    Sep 22, 2012

  314. Gan sya udh ngurangin drive C trus pngen nmbahin yg dikurangin tdi ke drive G, tpi kok opsi extend drive G’a ga muncul ya??

  315. Fikri
    Sep 22, 2012

  316. @semprul: Kalau nguraning drive C ya hanya bisa digunakan untuk nambahin drive D, tidak bisa loncat ke drive lain yang secara fisik hauh dari lokasi drive C. Semoga anda bisa mengerti dengan penjelasan saya.

  317. Anjarr
    Sep 29, 2012

  318. 1, mas , minta pencerahanya, jd lptop saya ada 2 partisi C dan D, Nah yg D saya bagi Menjadi Beberapa partisi yaitu E, G,H, DAN I, ,,nah skrng yg sy mw tnyakan gmna caranya mnghapus partisi (H DAN I) ???? apakah pembagian memorinya nanti jk H dan I sudah d hapus akan otomatis msk k partisi lain?
    2, bgmna caranya mengembalikan partisi yang telah d bagi2 tadi ke partisi semula, apakah msh bisa? mksiihhh

  319. Anjarr
    Sep 29, 2012

  320. mas sy sudah membagi partisi yg standarnya C dan D sy bg menjadi beberapa bagian spt E,G,H dan I,, NAH YG SY MAU TNYAKAN Bgmna crnya mengembalikan partisi yg tlah d bagi2 td ke bentuk semula??? mohon pencerahanya ? makasih ……………..

  321. Fikri
    Oct 1, 2012

  322. @Anjar: 1) Partisi yang sudah dihapus akan menjadi unalocated partition, artinya tidak dipakai. Jadi spacenya tidak akan otomatis pindah ke yang lain.

    2) Tidak bisa, hapus partisi satu per satu, kemudian buat partisi baru yang ukurannya sama dengan partisi yang lama.

  323. Fauzi
    Oct 5, 2012

  324. Saya mau nanya nih mas bro.. saya punya notebook lenovo thinkpad x120e windowsnya 7 Profesional… tp memory local disk C berukuran 287 GB dan disk Q cm 9.,78 GB. saya ingin merubah ukuran tersebut agar disk Q nya lbih besar dr pd disk C nya… Gimana caranya merubah partsinya ?? dan apakah bisa kalo di windows 7 Profesional ? Terima kasih jawabannya…

  325. Fikri
    Oct 7, 2012

  326. @Fauzi: Bisa, tinggal menggunakan cara ini. Pertama, perkecil ukuran disk partisi C pada bagian akhir, setelah selesai baru perbesar ukuran drive Q menggunakan partisi C yang sudah diambil tadi.

    Jangan lupa backup data penting anda terlebih dahulu ke media yang lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  327. wahyu
    Oct 26, 2012

  328. mas, mohon pencerahannya..
    saya waktu itu salah membuat partisi disk, jadi partisi di disk C kurang, jadi selalu low disk space, sementara kapasitas hardisk 320GB, jdi partisi yg banya G, H, I, yg menjadi permasalahan adalah ketika low disk membuat beberapa program software ji tidak bisa diinstal, dan tidak bisa membuka flash player di youtube,

    , mohon penjelasannya mas supaya free space di C saya bisa bertambah dan gk selalu Low disk Space,

    Trima kasih

  329. Fikri
    Oct 29, 2012

  330. @wahyu: Pilihan terbaik adalah melakukan partisi ulang sebab akan lebih terstruktur (Tentunya akan ribet saat backup data). Jika tidak mau partisi ulang, ya harus resize partition beberapa kali.

    - Partisi D diperkecil untuk alokasi partisi C.
    - Partisi E diperkecil untuk alokasi partisi E.
    - Partisi F diperkecil untuk alokasi partisi G.

    Dengan begitu partisi C akan lebih besar.

    Smeoga bisa membantu.

  331. arnold
    Nov 8, 2012

  332. mas ada kasus gini.: kmren beli laptop baru…total HDD 500Gb tp cuma 1 partisi yaitu C : 100Gb pas sya mau nambah partisi D : ga tau sya yg slah atau gmn kok yg C jadi Cuma 55Gb, dan D 400Gb. yg mau sya tanyakan gmna mengemalikan yg C jadi 100Gb lagi.

    bisa bls ke email sya.. arnoe89@gmail.com

  333. Fikri
    Nov 9, 2012

  334. @arnold: Pilihan terbaik ya partisi ulang dari awal (Hapus semua partisi dan partisi ulang). Jangan lupa backup data anda terlebih dahulu :)

  335. Tyan
    Nov 27, 2012

  336. Gan ,kalow mau balikin seperti semuala bisa gak ?
    tadinya saya coba mengurangi drive C…dan muncul unallocated.
    terus ke dua saya kurangi drive D dan muncul free space..
    mohon pencerahannya gan,,,,,

  337. Fikri
    Nov 28, 2012

  338. @Tyan: Kalau balikin kayak semula ya tinggal diperbesar saja alokasi partisinya, ambil dari yang unallocated dan free space. Hati-hati dengan data anda. Backup itu hal yang penting.

  339. bobto malau
    Dec 2, 2012

  340. gan, mau nanya nih
    tdi saya ngerubah/ngeconvert disk dari basic ke dynamic, terus pada saat di restart windows saya rusak atau ga bisa masuk ke starting windows
    saya pake windows 7 gan…
    mohon bantuannya, terima kasih :)

  341. Fikri
    Dec 3, 2012

  342. @bobto malau: Kalau lepas hardisk, pasang di komputer lain lalu dideteksi, datanya masih ada apa tidak? Kalau masih bisa berarti hardisk bisa dikembalikan lagi ke komputer semula, lalu dilanjutkan dengan install ulang Windows 7.

    Mohon maaf belum bisa memberikan solusi karena saya belum pernah mengalami malsah dengan hal yang sama. Dulu pernah merubah partisi dari statis ke dimanis, tidak ada masalah.

  343. emon
    Dec 3, 2012

  344. maaf mas . sy butuh bantuan .
    saya punya local disk C saja . ada juga yg E itu jg baru sya dpet waktu lihat ada local disk yg unlocatted dan infonya saya tau dri sini.
    local disk C saya gak bisa di shrink (dalam shrink C) , (capasitas 221,83 gb free 178,25) krn size of avaible shrink in MB dan enter the amount of space in shrink in Mb hanya ada 12 saja . tidak bisa diubah-ubah , mohon sangat bantuannya , saya ingin skelai bisa dipartisi menjadi 2 , C dan D . terimakasih banyak .

  345. Fikri
    Dec 4, 2012

  346. @emon: Kalau sudah seperti itu pilihan terbaik ya harus partisi ulang dari awal. Untuk solusi lain, saya belum pernah menemukannya.

  347. bobto malau
    Dec 4, 2012

  348. klo saya masukin ke komputer lain, lokal disknya apa bisa diconvert lagi dri dinamis ke basic??

  349. Fikri
    Dec 5, 2012

  350. @bobto malau: Setahu saya tidak bisa.

  351. Fikri
    Dec 5, 2012

  352. @bobto: Setahu saya tidak bisa dirubah, tetap akan menjadi dynamic.

  353. emon
    Dec 5, 2012

  354. oke thx . cara nya partisi ulang dari pertama gmn ? langkah2nya mas , minta tolong dngan sangat , apa dampaknya bagi laptop sya ? apakah datanya ilang semua . mohon petunjuknya gan .

  355. Fikri
    Dec 6, 2012

  356. @emon: Yang pasti kalau partisi ulang dari awal datanya pasti hilang semua. Untuk tutorial, anda bisa mengikuti di sini http://www.pcworld.com/article/73826/partition_your_hard_drive.html atau, anda juga bisa menggunakan tools yang sudah disertakab pada CD Hiren Boot yang bisa didapatkan di sini http://www.hirensbootcd.org/category/all-versions/

  357. emon
    Dec 6, 2012

  358. lapto sy prtama kali dibuka udah ada data2nya . istilahnya file2nya udah paketan sekalian laptopnya , kalo di partisi ulang , trus gmn ? apa sy harus instal dngn yg bajakan ?

  359. Fikri
    Dec 7, 2012

  360. @emon: Aslinya itu memang asli atau “memang bukan asli”? Kalau asli biasanya setiap kita restart ada menu recovery yang bisa digunakan untuk mengembalikan system tanpa harus install ulang. Kalau OS nya memang tidak asli ya harus install ulang.

    Untuk membedakan asli atau tidak, di bagian belakang, coba check ada sticker hologram dari Microsoft yang berisi serial number. Kalau ada sticker berarti memang asli. Kalau tidak ada sticker, keasliannya diragukan (Saya bisa mengatakan, 90% OS nya tidak asli).

  361. emon
    Dec 7, 2012

  362. OS saya asli bos , jadi apa yg sya harus lakukan minta petunjuk untuk prtisi ulang. apakah jika partisi ulang akan mengurangi kelemotan dalam laptop sy ? krn kata teman sy kalo local disk C hnya untuk sistem , maka dari itu sy ingin partisi . trims , maaf merepotkan

  363. Fikri
    Dec 8, 2012

  364. @emon: Kalau dipartisi ulang tidak akan berpengaruh pada kecepatan laptop. Tetapi, anda biasanya tidak bisa lagi menggunakan recovery bawaan sari laptop.

  365. emon
    Dec 24, 2012

  366. sebenarnya sy ingin partisi krn laptop sy lemot . teman sy menyarankan sperti itu, krn local disk sy hnya C saja . apakah itu brpengaruh krn local disk C biasaya hnya untk sistem saja, lalu bagaimana sarannya agar laptop sy tdak lemot ? apakah ada faktor lain ? makasih

  367. ichwan
    Dec 25, 2012

  368. Gan,sya mo tanya,bagaimana cara mengatasi hdd yang tidak bisa dipartisi ulang pada saat instal ulang windows 7???soalnya saya sudah berkali2 mencoba instal ulang masih tidak bisa,dan type partisinya kok berganti menjadi dynamic disaat instal ulang windows???
    apakah karena ada yang salah pada saat instal ulang windows???bagaimana caranya supaya hdd saya bisa dipartisi ulang kembali???
    Terima Kasih

  369. Fikri
    Dec 26, 2012

  370. @emon: Faktor lain (Yang biasanya jadi kendala utama), yaitu Processor dan Memory. Kalau memang dari sananya itu lambat, ya mau bagaimana lagi. Untuk partisi hardisk memang memberikan efek, tapi itu tidak begitu signifikan.

  371. Fikri
    Dec 26, 2012

  372. @ichwan: Coba partisi ulang secara manual (Menggunakan DOS atau yang lain), kemudian install Windows. Pada saat install Windows, jangan melakukan partisi, cukup format saja.

    Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  373. Rama
    Feb 11, 2013

  374. bang mau tanya dong. saya udah coba partisi drive C, drive C saya kapasitas 450gb. saya shrink 100gb lalu dialokasikan ke F. sekarang kapasitas drive C saya 350gb. tapi saat saya akan shrink lagi untuk bikin drive E, kenapa maksimum yg bisa dishrink hanya 130gb ya mas?

  375. Fikri
    Feb 11, 2013

  376. @rama: Kalau shrnk volume dari C ke F memang tidak bisa, harus dari C ke D (Berurutan dan menggeser ke kapasitas disk yang ada di sebelahnya).

  377. Gianina
    Feb 13, 2013

  378. Saya mau tanya, Hardisk saya Bufallo 500GB. Sudah hampir 4 tahun dipake dan belum pernah rusak. Padahal sudah beberapa kali jatuh dan saya tidak menggunakan hardcase untuk menyimpannya.

    Tapi 2 hari yang lalu sampai sekarang harddisk tidak bisa terdeteksi di PC saya. Awalnya sya pikir ada trouble pada Port USB, tapi setelah saya coba dengan flashdisk bisa. Saya juga inisiatif mengganti kabel USB pada Harddisk, tapi tetap tidak bisa.

    Apa ada yang bisa menjelaskan kenapa dengan harddisk saya ? Kalau memang ada kerusakan, bisa kasih referensi tempat service yang bisa memperbaikinya ? Data didalamnya sangat penting sekali, jadi saya butuh tempat service yang bisa melakukan backupdata terlebih dahulu. Karena Harddisk ini satu-satunya tempat backup data, kebetulan Laptop saya baru dijual beberapa bulan yang lalu, dan saya belum memindahkannya dari Harddisk ke PC atau tempat lain.

    Mohon bantuannnya :)

  379. Yuli
    Nov 13, 2013

  380. rencananya sich mau extend volume C biar lebih besar, aku udah hpus smua files yg ada di data D,tapi waktu aku klik kanan volume partisi D, delete volume tdk bisa diklik(abu-abu) trus aku cek propertis Data D ternyata masih ada terdeteksi space yang digunakan(used space). Data D sudah aku disk cleanup tapi masih terdeteksi ada space yang di gunakan. Mohon bantuannya gan… :)

  381. wili sega
    Nov 21, 2013

  382. numpang baca baca master,, buat ngisi pikiran,, barangkali nanti berguna kan lumayan jozz..

  383. Fikri
    Nov 22, 2013

  384. @wili: Terima kasih banyak sudah mampir ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lagi ya.

  385. Fikri
    Nov 22, 2013

  386. @yuli: Mungkin harus di format ulang partiti D nya.

  387. aidi Jr
    Dec 6, 2013

  388. agan,sya mw tanya!
    Kmarin sya mw nginstal win7 ke partisi yg baru dibuat dan itupun bekas instalan win8, stelah masuk proses membagi partisi,saya delete dan saya tekan new tapi tdk mw… Itu knp ya?

  389. Fikri
    Dec 7, 2013

  390. @aidi: Mungkin anda harus melakukan partisi ulang secara keseluruhan.

  391. sang pecinta
    Feb 14, 2014

  392. mantab gan,,, sudah say buktikan dan hasilnya cukup memuaskan,, hehe

  393. zayu
    Feb 19, 2014

  394. gan ane mw nanyak.
    pxa q windows 7 hom premium
    ktka di prtisi data c nya gag bisa muncul prngatan number of partisi full. gt gan gmna caranya bia bisa di partisi tu data c nya.
    mohon bantuan nya ya…

  395. Riyan Kemal Septiayana
    Mar 24, 2014

  396. Gan..!!!! Saya punya HP Probook 4331s, saya install dengan menggunakan windows bawaannya yang sudah di tanam di harddisk, nah stlh selesai install saya shrink volume tuh si drive c, ok berhasil di partisi, nah saya coba lagi memanggil recovery nya dengan menekan F11 lalu Power malah recovery di harddisk tidak bisa di panggil lagi, waduh kacau malah belum bikin backupnya. Nah itu bisa di kembalikan gak supaya saya bisa panggil lagi recovery nya dengan F11 dan Power, soal nya klo disk recovery nya masih utuh pas saya unhide. Tolong pencerahan gan, sayang nih windows original nya…

  397. Fikri
    Mar 24, 2014

  398. @riyan: Kalau seperti itu, sepertinya anda harus membawanya ke service center resmi untuk mendapatkan recovery dari HP milik anda.

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

cara partisi ulang hd yang ada datanya agar drive yang unallocated bisa di gunakan cara ubah volume drive pada win7 Cara partisi hardis agar pas 100 giga cara menambah ukuran partisi D(logical drive) partisi hardisk pada windows 7 punsi healthy primari partition jelaskan program aplikasi untuk menambah atau mengurangi ukuran partisi pada harddisk Kenapa tidak bisa buat local disk baru? kenapa install windows 7 selalu gagal di partisi hardisk knapa partisi e gak bisa format cara menggunakan wifi manager android indikator batteri ipod nano terisi penuh spesifikasi HTC one mau edit fhoto melalui black berry cara mengubah tampilan twitter menjadi transparan app kill apa aja KOREA WALPEPER TULISAN HANGUL printer dan jenis printer contoh setel jaringan internet smartfriend manual gaya huruf samsung GT-S6802 simpan halaman web ke pdf obline