Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel.

May 30, 2011 by Under Tips & Trik - 38 Comments  

Membuat pengolahan data penelitian atau data administrative tidak selalu dengan program-program statistik, ternyata Microsoft excel juga mampu melakukan hal tersebut.

Seorang mahasiswa kebingungan saat diberi tugas dosennya untuk membuat data statistik, karena pada laptop maupun PC nya tidak ada program statistik. Dalam benaknya, data statistik harus diolah dengan program statistik, misalnya SPSS, SAS, dan lain sebagainya.Yang lebih lucu lagi mahasiswa tersebut justru kaget begitu diberitahu bahwa data statistik dapat diolah dengan program Microsoft Excel. Dia mengira bahwa Microsoft Excel hanya ada fungsi-fungsi statistik yang pemakaiannya sangat terbatas pada statistik itu sendiri.

Demikianlah gambaran sebagian orang tentang kegunaan dari program Microsoft Excel dalam pengolahan data statistik. Untuk itu pada tulisan ini, FastNCheap akan mengajak anda untuk bermain statistik bersama Microsoft Excel 2010.

Statistic adalah ilmu dan seni atau teknik untuk mengumpulkan data, menyajikan data, mengumpulkan data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data yang berhasil dihimpun.

Cara Mengaktifkan Referensi Tools Statistik Pada Excel 2010.

Microsoft Excel 2010 sudah menyediakan dua fasilitas untuk mengolah data statistic, yaitu dengan memanfaatkan fungsi-fungsi statistik yang ada, dan perintah analisis yang merupakan perintah tambahan (add-in) sehingga tidak ditampilkan pada menu utama Microsoft Excel 2010.

Sebelum dapat menggunakan perintah data analisis, langkah pertama yang harus dilakukan adlah mengaktifkan referensi tools yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel , di mana langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Aktifkan program Microsoft Excel hingga terdapat worksheet kosong.
  2. Klik Office button Microsoft Excel yang berada di ujung kiri atas jendela utama.
  3. Klik Menu Options yang berada dalam kumpulan menu vertical, mulai dari menu back sampai exit.
  4. Sebuah kotak dialog Excel Options ditampilkan, dan klik menu add-ins yang ada di jendela sebelah kiri.
  5. Pilih dan Klik Analysis tool pack pada daftar aplikasi add-ins yang tidak aktif.
  6. Klik tombol Go, dan sebuah kotak dialog add-ins ditampilkan.
  7. Berikan tanda check (lihat gambar) pada kotak check analysis tool pack.
  8. Terakhir, klik tombol OK dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berakhir.

Cara melakukan analysis stastik deskriptif dengan Excel bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang sebenarnya siapa saja bisa melakukannya.  Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam standar proses analysis adalah sebagai berikut :

  1. Dari menu utama MS.Excel, klik menu Data (lihat gambar).
  2. Klik menu Data Analysis pada grup analysis dan sebuah kotak dialog data analysis ditampilkan (lihat gambar).

Analysis statistik yang akan di lakukan adalah mencari ukuran pemusatan dari segugus data yang diolah. Ukuran pemusatan merupakan sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data yang telah diurutkan, dari yang terkecil sampai yang terbesar. Ukuran pemusatan yang paling banyak antara lain :

  • Mean.

Mean merupakan nilai rata-rata atau nilai tengah dari segugus data.

  • Median.

Median merupakan nilai yang berada di tengah dari segugus data setelah diurutkan.

  • Modus.

Modul merupakan nilai yang paling sering muncul dari segugus data yang ada.

Contoh :

Hitung nilai mean, median, modus dari segugus data nilai Ujian Akhir Semester, yaitu: 95, 75, 70, 80, 75, 68, 80, 78, 97, 85, 64, 100, 70, 67, 90, 68, 65, 89, dan 75.

Jawab :

  1. Input-kan data-data UAS (lihat gambar).
  2. Klik menu Data pada menu Utama MS.Excel , dan klik menu Data Analysis yang ada di grup Analysis.
  3. Pada kotak Dialog Analysis , pilih menu Descriptive Statistik, dan klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog tersebut.
  4. Selanjutnya ditampilkan kotak dialog Descriptive Statistics.
  5. Klik button pada Input Range, dan masukkan data kedalam kolom Input Range, yaitu dengan cara mem-blok data pada sheet (lihat gambar).
  6. Berikan tanda cek pada Label in First Row jika cell yang dimasukkan tadi memuat label dari data.
  7. Klik Output Range, klik pada kolom output range, dan tempatkan pointer pada sembarang cell yang kosong.
  8. Berikan tanda cek pada pilihan Summary Statistics.
  9. Klik tombol OK.

Simpulan :

Dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai rata-rata (mean) adalah 77, 8, nilai median 75, dan nilai modus adalah 75.

HISTOGRAM

Dan tutorial yang terakhir adalah mengenai histogram.

Pasti sudah pada bosan lihat tutorialnya kepanjangan kan? Jangan khawatir, ini yang terakhir kok.

Sedikit bercerita dahulu, Kata Histogram berasal dari kata Yunani yaitu Histos dan Gramma.

Microsoft Excel 2010 menyediakan fasilitas untuk membuat histogram, yaitu melalui perintah Histogram pada kotak dialog Data Analysis.

Contoh :

Buat sebuah histogram dari hasil penjualan buku perhari selama satu bulan, dimana bentuk datanya adalah sepert gambar dibawah ini.

Jawab :

  1. Klik menu Data, dan pada grup Analysis klik menu Data Analysis.
  2. Pada kotak dialog Analysis, klik menu Histogram.
  3. Klik tombol OK sampai tampil kotak dialog Histogram.
  4. Masukkan data penjualan buku tersebut pada kolom Input Range, dan abaikan isian Bin Range.
  5. Berikan tanda cek pada kotak cek Pareto (Sorted Histogram). Cummulative Percentage, dan Chart Output.
  6. Klik tombol OK, hasil proses pembuatan Histogram lihat gambar dibawah.

Sekian dulu tutorial bermain statistik dengan Excel  ini. Semoga bisa menjadi pembelajaran buat semua pengunjung setia blog fastncheap.

Tambahan lainnya untuk stastik yang lebih deskriptif bisa di lihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika_deskriptif .

  1. deni
    Jun 16, 2011

  2. mas q mau tax ni,,, apa yang dimaksud mail server.,.,.,?

  3. Fikri
    Jun 16, 2011

  4. @deni: Wah, keluar dari topik artilkel ini nih. Tapi tidak apa-apa akan kami jelaskan kepada anda.

    Mail server adalah komputer server yang digunakan untuk mengelola keseluruhan eMail seperti account, username, password, keluar masuknya eMail dan lain sebagainya. Sebagai contoh yang paling sering digunakan adalah Yahoo Mail dan Google Mail.

    Semoga bisa jelas dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  5. yudi
    Jul 9, 2011

  6. bagaiman cara merubah tulisan abjad dari abjad kecil menjadi besar semua pada excel?thank’s

  7. rizz
    Sep 8, 2011

  8. search cara mindah dr excel to word malah keluar kek gini…
    klo bs dijelasin dunk cara simpelnya mindahin data tabel2 excel ke word…
    tq

  9. dedod
    Oct 7, 2011

  10. excel nya yang 2010 tapi koq wordnya pake yang 2007 ya gan….

  11. amka
    Dec 7, 2011

  12. pakai excel 2007 atau 2010 nih…, soalnya aq pake keduanya nih….

  13. lintang
    Feb 7, 2012

  14. wah, ms saya pake linux-open office nih,,, gmn cra buatnya ya ms??

    Wah.. Mas Bagus artikelnya..
    Thanks ya mas..

  15. Yudha
    Feb 28, 2012

  16. mo tanya mas, gimana cara menyembunyikan rumus yg nampak di exel, sehingga tampilan data tampak seperti biasa, padahal data tsb pakai fungsi/rumus

  17. Yudha
    Feb 28, 2012

  18. mas minta bantuannya, rumus apa yg dipakai untuk menentukan nilai secara urut dari kelompok rangking nilai , contoh 5 terbaik (dr rangking ke 1-5) dan 5 terjelek (kebalikannnya) menggunakan exel

  19. Fikri
    Feb 29, 2012

  20. @Yudha: Kalau seperti itu setahu saya memang tidak bisa.

  21. Imam Muhtarom
    Mar 15, 2012

  22. Mau tanya mas, saya mau printing file Excel pemberian orang, ternyata saat diprint tidak ada satu pun data yang tercetak! apakah file ini sdh ditambahi perintah Macro untuk menyembunyikan data Excel? gimana solusinya agar dapat diprint lagi? Trims!

  23. Andrea Adelheid
    Mar 15, 2012

  24. @Imam Muhtarom

    wah kalau data macro saya kurang paham juga gan, coba di buka dulu file excel nya di open office..

  25. HANS
    Apr 2, 2012

  26. nanya bos,,
    saya pny data hasil perhitungan (bukan data ketikan biasa)
    nah pas di sorot tuk melakukan perhitungan fungsi diatas,,keluar data input non-numeric,,,
    cara merubah ke numeric gimana? data tersebut 1 digit dan ada angka nol…thanks 4 your info..

  27. rinal siboro
    May 1, 2012

  28. thanks ya gan

  29. Bahaya Darah Tinggi
    May 11, 2012

  30. Mkasih nih informasinya…

  31. ANiz
    May 12, 2012

  32. Ok…kereeenn bngetzzz info.nya??

  33. SYAFRUDIN
    May 12, 2012

  34. makasi penjelasannya. Mau nanya mas klu di link dengan data sms modem bisa atu tidak mas

  35. orang
    May 16, 2012

  36. artikelnya bagus nih,.,. thanks

  37. wisnu samino
    Jul 19, 2012

  38. Mantap gan

  39. Abner
    Jan 11, 2013

  40. Apa perbedaan Mo Word dengan MO excel.

  41. Fikri
    Jan 14, 2013

  42. @Abner: Wah banyak sekali. Intinya, word untuk ngetik dan excel untuk hitung.

  43. randi prasetyo
    Jan 19, 2013

  44. maaf bos saya mau tanya
    fungsinya office button itu apa dalam microsoft excel ??

  45. Fikri
    Jan 21, 2013

  46. @randi: Office button yang sebelah mana ya?

  47. Dwi Yanto
    Jan 22, 2013

  48. terimakasih tutorialnya gan..
    lam kenal..

  49. Fikri
    Jan 23, 2013

  50. @Dwi: Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung ke sini, jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya.

  51. mohd
    Feb 6, 2013

  52. Salam sejahtera…

    saya ingin bertanya mengenai cara mengira masa bertugas menggunakan exel….

    contohnya masuk kerja jam jam 0830 dan balik jam 0900.
    mengapa jika penggiraan menggunakan calculator jumlahnya 70?sedangkan masa bekerja hanya 30 minit?

    Tolong bantu yaaa

  53. Fikri
    Feb 7, 2013

  54. @mohd: Coba rubah fieldnya menjadi time/date, bukan angka biasa.

  55. faiz
    Mar 4, 2013

  56. mas saya ada tugas sekolah suruh nyari langkah mengambil gambar di ms excel 2010 ama gambarnya

  57. ar
    Mar 13, 2013

  58. trmksh ya sangat membantu dalam pnyelesaian TAku….

  59. Fikri
    Mar 14, 2013

  60. @ar: Terima kasih juga sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya :)

  61. sarastiono
    Mar 16, 2013

  62. Hebat…ini pengetahuan baru buat sy..terimakasih.

  63. mas tri
    Mar 22, 2013

  64. mas, kalo copas data angka dari table di word ke excel biasanya angka terakhir berubah menjadi nol semua, misal : di word 245512.2546.0002 kalo di copas ke excel berubah jadi 24551225460000 gitu gimana caranya biar gak berubah ? thank u sblumnya..

  65. rendi
    Jun 12, 2013

  66. minta tlg: bgaimana caranya agar pada suatu file excel itu memasukkan datanya hanya dengan ketik langsung saja,,,tidak bisa paste dari data lain,,jd intinya kalo tidak diketik langsung tidak bisa,,harus diketik biasa,,terima kasih,,kalo tidak keberatan tlg diemailkan ke rendi_wirawan@yahoo.com

  67. Fernando
    Aug 11, 2013

  68. mantap, sangat membantu, heheeh :D
    teruskan karyanya.. (y)

  69. Chum Gmp
    Aug 23, 2013

  70. mksih gan tutorial ya…….
    :)

  71. Fikri
    Aug 24, 2013

  72. @chum: Sama-sama dan terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lagi ya.

  73. aan
    Sep 26, 2013

  74. mas saya mau tanya kalau pakek microskop excel 2010 gimana caranya ya?

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

sebutkan 4 kegunaan program ms excel sebagai program pengolah angka sederhana perintah statistika database cara mengakses fungsi statistik dalam pengolahan angka di ms excel kepanjangan bar kegunaan program Microsoft excell cara menyajikan statistik mean median modus pada excell menggunakan data analisis Cara membuat histogram dan diagram di ms word 2007 membuat histogram di word fungsi-fungsi program pengolahan angka membuat grafik histogram statistik di word cara mengatasi printer ip 1980 cara memblokir facebook sendiri cara mengatur internet explorer di regedit cara download video youtube dengan cepat tips agar internet kartu axis berjalan cepat di hp conversi file word ke pdf cara download wifi cara video call skype download aplikasi foto yg bisa ganti background lewat blackberry flashing cross a5a dengan livesuite dowlonad vidoe sek di india