Cara Mudah Membuat Ponsel Android Menjadi Camera CCTV

Jul 10, 2011 by Under Tips & Trik - 76 Comments  

Saat ini penggunakan camera CCTV memang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari baik itu di lingkungan rumah atau di lingkungan kantor. Jika secara mendadak anda membutuhkan camera CCTV padahal anda sendiri tidak memilikinya, maka anda bisa menggunakan perangkat lain seperti ponsel Android sebagai camera.

Trik ini juga bisa digunakan untuk menguji kehandalan ponsel Android yang baru saja anda beli. Selain itu, anda juga bisa menggunakannya sebagai kegiatan iseng untuk mengisi waktu anda yang sedang kosong. Yang perlu diingat, jangan menggunakan trik ini untuk hal-hal negatif karena anda sendiri pasti tahu kalau hal-hal negatif bisa merusak kesehatan.

Berikut ini step by step cara menggunakan ponsel Android sebagi IP Camera yang biasa disebut dengan camera CCTV.

Tahap persiapan:

  • Satu buah ponsel Android.
  • Satu buah notebook yang terintegrasi dengan WiFi atau satu buah PC yang sudag dilengkapi dengan perangkat WiFi.

Proses Install Software:

  • Pergi ke Market, cari aplikasi dengan kata kunci IPCam dan di situ akan ada beberapa pilihan. Pada saat melakukan percobaan ini, kami menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Happy Droids yang bisa didapatkan dengan gratis.
  • Pilih aplikasi itu and install pada ponsel Android anda.

Setelah proses install selesai, saatnya mengguakan IPCam sebagai camera CCTV:

  • Aktifkan fasilitas Tethering WiFi Sharing pada ponsel Android.
    Tethering WiFi Sharing pada Android
  • Jalankan aplikasi IPCam yang barusan diinstall.
  • Pada bagian bawah paling kiri, anda akan melihat tombol dengan huruf (i). Itu adalah petunjuk penggunaan dari IPCam. Silahkan baca untuk sedikit memahami bagaimana camera ini bekerja.
  • Di sebelahnya ada gambar kunci. Pilihan itu untuk memberikan autentikasi jika ada yang ingin mengakses camera. Untuk percobaan kali ini, agar lebih mudah, kosongkan saja pilihan ini.
    Authentikasi pada Android
  • Pilih setting Quality sesuai dengan keinginan anda. Semakin baik Quality, maka akses bisa tambah lambat dan begitu juga sebaliknya, semakin jelek Quality maka akses semakin cepat (Gambar tidak patah-patah). Paca contoh kali ini, kami mencoba 50%, pertengahan dari kualitas camera.
    Quality Control Android Video
  • pada bagian size, pilih size sesuai dengan keinginan anda. Hal ini juga tergantung dengan ponsel, jika ponsel memang belum mampu mengambil resolusi yang tinggi, jangan dipaksakan. Pada contoh, kami menggunakan size ukuran 640×480 pixel.
  • Tekan gambar IP pada bagian bawah dan masukkan port yang akan anda gunakan. Jika anda belum faham apa itu port, gunakan por 8000 saja (Default port) dan lanjutkan dengan memilih Save.
  • Sekarang, nyalakan camera dengan cara “touch” pada bagian kanan bawah gambar tombol On/Off.
  • Di situ anda akan melihat IP address dari camera beserta port dari camera tersebut.
  • Saat ini, kembali ke notebook/komputer, koneksikan WiFi dengan ponsel Android yang sudah dikatifkan Tethering WiFi Sharing.
  • Setelah terkoneksi, buka web browser dan masukkan alamat IP address sesuai dengan yang tertera pada gambar sebelumnya. Pada contoh, IP address yang digunakan adalah 192.168.43.1 dengan port 8000 maka pada adress browser, tuliskan http://192.168.43.1:8000/
  • Jika semua proses sudah terkonfigurasi dengan baik, anda akan melihat tulisan seperti gambar di bawah ini.
    Setting camera berhasil
  • Selanjutnya pilih salah satu metode yang akan digunkan, apakah memilih menggunakan web browser, menggunakan media player atau menggunakan yang lain. Silahkan berkreatifitas. Pada contoh, kami menggunakan web browser Firefox.
    Mengakses camera menggunakan web browser
  • Yang perlu diingat, tidak semua web browser support dengan aplikasi ini. Untuk itu pastikan anda menggunakan web browser yang paling baru atau menggunakan media selain web browser.

Selesai sudah, sekarang ponsel Android anda bisa digunakan sebagai kamera CCTV seperti kamera convensinal. Anda bisa menempatkannya di mana saja asalkan sinyal WiFi dari Android bisa diterima oleh komputer/notebook.

Jika menggunakan web browser, pastikan komputer/notebook anda berkecepatan tinggi karena web browser memerlukan resource yang besar ketika streaming video dari camera Android. Jangan sampai keperluan camera CCTV anda menjadi terhambat hanya karena komputer/notebook yang lelet.

Selain menggunakan sharing dari WiFi langsung, anda juga bisa menggunakan jaringan WiFi yang sudah tersedia dengan syarat baik komputer maupun notebook sama-sama bisa mengakses jaringan tersebut. IP address dari Android juga akan mengikuti jaringan WiFi yang ada.

  1. Wati
    Jul 11, 2011

  2. mantap nih tipsnya jadi bisa bikin cctv sendiri

  3. yusak
    Jul 23, 2011

  4. mantap bangat tipsx

  5. cabal7
    Aug 6, 2011

  6. weeee,,,cobain ah,,

  7. dandy indra permana
    Aug 26, 2011

  8. Keren
    Buat yang lebih nanti y bro

  9. lol
    Sep 12, 2011

  10. yg ada hape lu dimaling orang

  11. Fikri
    Sep 13, 2011

  12. @lol: Betul, kemungkinan memang seperti itu.

  13. marlin
    Sep 13, 2011

  14. bisa di liat di internet, bukan bukan pake wifi????

  15. sarang semut
    Oct 7, 2011

  16. Muantap nih

  17. YuDaDa Blog's
    Nov 4, 2011

  18. Mantep Banget dah, sekian lama punya HP Android baru kali ini tw klo bisa dipake web cam :D

  19. Fikri
    Nov 4, 2011

  20. @Yudada: Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  21. ivan
    Nov 10, 2011

  22. harga ip cam yang murah berapa y?apa bisa pake web cam?

  23. Fikri
    Nov 10, 2011

  24. @ivan: Kalau buat web cam sebaiknya beli yang memang khusus untuk webcam, bukan IP camera karena lebih fungsionalitas sebagai web camera.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  25. Fikri
    Nov 10, 2011

  26. @ivan: Kalau untuk web camera, sebaiknya anda gunakan webcam sebab kualitasnya lebih baik. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  27. Ulfa
    Nov 15, 2011

  28. Dear,

    Kalo HP BB Gemini 8520 bisa ga yah dibuat webcam’an…????

    kalo bisa sharein caranya dongs..

    Makasih sebelumnya :)

  29. Fikri
    Nov 15, 2011

  30. @ulfa: Mohon maaf, saya bukan pengguna BB jadi belum bisa membantu. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  31. arif
    Dec 8, 2011

  32. gun…maaf nih…saya betanya dluar tema..
    gini gun..camera laptop saya buram-buram gitu gun trus berwarna hijau…klo boleh tau itu sebabbnya kenapa ya gun,,,

  33. Fikri
    Dec 10, 2011

  34. @arif: Kemungkinan ya hardwarenya ada yang error yang otomatis harus ganti camera baru. Sebaiknya anda beli lagi eksternal web camera (Pilihan yang kebih baik dari pada anda bongkar LCD laptop hanya untuk memperbaiki webcam).

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  35. adeetz
    Dec 12, 2011

  36. manatp om keren :)

  37. Fikri
    Dec 12, 2011

  38. @adeetz: Sama-sama dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  39. mas bro
    Dec 23, 2011

  40. hadew, kagak kuat beli hape android gue

  41. ICHAL
    Dec 25, 2011

  42. Kok saya sudah cari di android market aplikasi nya gak ada mas….
    Tolong minta bantuannya mas cariin link download aplikasi nya mas….
    Thank you…. !!

  43. Fikri
    Dec 26, 2011

  44. @ichal: Coba dicari lagi, pasti ketemu. Semoga berhasil dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  45. Fery
    Jan 4, 2012

  46. mas saya sudah coba instal, tapi kenapa di tablet android ip cam setelah ditekan tombol on/off, dipojok kiri bawah keluarnya seperti ini yah, saya pakai tablet samsung galaxy 7 plus
    Browser : http://fe80::beb1:f3ff:fe7b:a16e:8000/
    Player : http://fe80::beb1:f3ff:fe7b:a16e:8000/mjpeg
    dan tidak bisa diakses alamat diatas pake notebook
    saya pakai linksys untuk hotspot nya

  47. Fikri
    Jan 4, 2012

  48. @Fery: Kok nosa seperti itu ya?

    Mohon maaf saya belum bisa membantu sebab saya sendiri belum pernah menemukan hal yang seperti itu. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCjeap Blog.

  49. bayu suryatma
    Jan 21, 2012

  50. klo yng happy droid kok ndk ad lagi..?
    gantinya ap ni..?hayoo…..

  51. freddy
    Jan 24, 2012

  52. nice info…
    tp kok ane ga bisa buat d galaxy young ya bos???
    apa emang ga support???
    kl gt ada aplikasi lainnya ga buat ip camera???\mohon pencerahannya gan…

  53. Fikri
    Jan 25, 2012

  54. @freddy: Mohon maaf saya sendiri belum pernah mencoba trik ini menggunakan galaxy young, jadi kurang tahu apakah trik ini bisa diimplementasikan atau tidak.

    Tetaplah bereksperimen dan semoga berhasil.

  55. dwi
    Feb 1, 2012

  56. @freddy : pake IP Webcam bisa jg..sy dah coba..
    thx bung fikri atas info nya..

  57. Fikri
    Feb 2, 2012

  58. @dwi: Terima kasih banyak atas infonya, kalau memakai web cam saya sendiri belum pernah mencobanya.

  59. fajar
    Feb 15, 2012

  60. pngend nyobak tpi pha bsa

  61. Fikri
    Feb 17, 2012

  62. @fajar: Kalau tidak pernah mencoba anda tidak akan pernah tahu hasilnya bagaimana. Dan tentunya dengan segaal resiko yang ada.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke fastNcheap blog.

  63. hasan
    Feb 27, 2012

  64. beeeh keren brow

  65. donie
    Mar 15, 2012

  66. Thanks atas tips dan trikx seputar android

    Tapi sayang, Program IPcam for android hny terbatas 5 kali
    pemakaian stelah itu disarankan untuk beli versi yg berbayar.

    Barangkali ada program sprt itu yg benar2 gratis.

  67. Fikri
    Mar 15, 2012

  68. @donie: Kalau selain program itu saya kurang faham. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  69. afan
    Mar 22, 2012

  70. setelah saya coba pake firefox atau vcl tapi tetap tidak bisa kenapa?
    bagaimana cara mengatasinya biar bisa?

  71. Fikri
    Mar 24, 2012

  72. @afan: Anda pakai Android apa?

  73. Asmar
    Apr 1, 2012

  74. apakah notebooknya harus connect ke internet ? Makasi….

  75. Fikri
    Apr 2, 2012

  76. @asmar: Kalau masih jaringan internal tidak perlu, asal masih terkoneksi ke jaringan tersebut.

  77. derisains
    Apr 6, 2012

  78. kalo buka CCTV “http://y55afa5.durhost.com:888″ gimana yah gan?

  79. Noval
    May 22, 2012

  80. nice info..btw namanya sama kya nama abang gw..:)
    mw tanya..bisa ga klo ga pake WiFi? bingung mw nyoba di rumah tp apa daya..gda koneksi WiFi..

  81. Fikri
    May 23, 2012

  82. @Noval: Mohon maaf, kalau yang sepeerti itu saya belum tahu sebab belum pernah mempraktekkannya sendiri. Terima kasih banyak telah berkunjung ke fastNcheap blog.

  83. Toko Batik Online
    Jun 2, 2012

  84. Android emang mantep dah :P

  85. Fikri
    Jun 4, 2012

  86. @Toko Batik: Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini.

  87. Me Grey
    Jul 18, 2012

  88. Waahh Nice info… :)
    Makasih ya informasi’y

  89. choko
    Sep 28, 2012

  90. ini mantep bro,,,,,,,,,, tp ga bisa direkam yak bro?

  91. kassembler
    Oct 7, 2012

  92. kok punya Q
    Browser : http://fe80::beb1:f3ff:fe7b:a16e:8000/
    Player : http://fe80::beb1:f3ff:fe7b:a16e:8000/mjpeg
    gmana nieee

  93. IH
    Oct 24, 2012

  94. Iya punya saya juga seperti ini, Browser : http://fe80::beb1:f3ff:fe7b:a16e:8000/
    Player : http://fe80::beb1:f3ff:fe7b:a16e:8000/mjpeg

    ketika dimasukkan port, program menunjukkan invalid port

  95. Link Blogger Pemula
    Dec 14, 2012

  96. udah dicoba bro, SUCCESS! Thanks infonya!

  97. Link Blogger Pemula
    Dec 14, 2012

  98. Oh ya, pada awalnya di smartphone saya default portnya 8000, tapi gagal, bagi rekan2 yg portnya 8000, coba diganti menjadi 8080.
    silahkan dicoba.

  99. Fikri
    Dec 15, 2012

  100. @link: Terima kasih banyak telah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di FastNCheap Blog.

  101. Fikri
    Dec 15, 2012

  102. @link: Terima kasih banyak sudah berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lain di FastNCheap Blog.

  103. mujib
    Dec 28, 2012

  104. mas kalao laptopnya yang jdi cctv gmana,,jdi kita bisa liat keadaan rumah kita dari andoid,,tolong ya mas

  105. Fikri
    Dec 31, 2012

  106. @mujib: Kalau itu saya kurang tahu karena di sini yang jadi CCTV itu HP nya, bukan Laptopnya.

  107. gacok
    Jan 1, 2013

  108. kalo pake jaringan modem bisa gk?
    apa bisanya cuma pake wifi?

  109. Fikri
    Jan 3, 2013

  110. @gacok: Kalau pakai modem asal punya dedicated IP Address setahu saya bisa saja. Kalau tidak punya dedicated IP Address sepertinya tidak bisa.

  111. kursus
    Jan 19, 2013

  112. Untuk gadget android yg tidak bisa wifi sharing ada cara lain gak mas? Terima kasih dan salam kenal

  113. Fikri
    Jan 21, 2013

  114. @kursus: Sepertinya memang tidak bisa.

  115. Ardhi
    Jan 25, 2013

  116. Gan mau tanya nie
    Sebelumnya udah nonton film paranormal activity 4 belom…?
    Kalau udah nonton itu kan cuman menggunakan laptop udah bisa digunakan layaknya cctv, munkin ada software nya bagi donx gan atau gak kasih info nya :D
    trima kasih sebelumnya
    bagus nie blog nya saya slalu mengikuti, sukses dah (y)

  117. Fikri
    Jan 25, 2013

  118. @Ardhi: Mohon maaf, belum nonton jadi belum tahu maksudnya seperti apa :D

  119. Adjie Benni
    Jan 26, 2013

  120. Buat pak Ardhi, kalo yang anda maksud internal webcam (eksternal juga bisa) yang ada di laptop buat dijadiin CCTV coba anda install software webCamXP (buatan Moonware Studios), caranya mudah kok, ntar kita bisa akses baik melalui jaringan kabel, nirkabel (wireless), maupun internet (harus punya alamat IP Publik Statis, tapi kalo tidak punya juga bisa kok menggunakan IP dinamis menggunakan free dns). Mudah-mudahan membantu

  121. Ardhi
    Jan 27, 2013

  122. @Fikri : Gpp Bang Lagian Saya Menjelaskanya Sulit Untuk Di Pahami :D

    @Adjie Benni : Makasih Bang Atas Infonya Bisa Langsung Di Coba Ni Hehehe :D

  123. aryz
    Jan 31, 2013

  124. gan klo marketnya gx ada trus ada’a ”Play Store” itu pun gx ada di pencarian IPCam’a klo ada situs laen kasih tau donk

  125. Fikri
    Jan 31, 2013

  126. @aryz: Artikel ini dipublikasikan sebelum Android Market berubah nama menjadi Play Store. Jadi kalau sekarang ya tinggal cari di Play Store.

  127. fadly
    Feb 22, 2013

  128. kalo PC nya ga pake WIFI, tapi pake modem bisa ga yaa ???

  129. Fikri
    Feb 22, 2013

  130. @fadly: Untuk trik ini memang khusus menggunakan WiFi.

  131. AFIN
    Feb 23, 2013

  132. mantaaaaapp, lumayan dech, mksh bro…..

  133. opick
    Feb 24, 2013

  134. bohooong.. gw udah nyoba… kaga bisa… tipuuuu….

  135. EghyR01
    Feb 27, 2013

  136. Terima Kasih Atas infonya ..
    artikel yang sangat bagus ..

  137. aden
    May 21, 2013

  138. gan, ada ga yg via bluetooth?
    kasih tips nya donk….

  139. camel
    Jun 13, 2013

  140. Semua ponsel android bisa juga ya bro, termasuk galyoung….????

  141. putri
    Jul 11, 2013

  142. brarti klo buat full standby batre cepet abis donk min.

  143. irfan
    Sep 27, 2013

  144. Kok cuma bisa dipake 5 kali ya gan???

  145. helmi
    Oct 28, 2013

  146. Bro, bagaimana kah cara untuk me-Record nya? Dari CCTV handphone android tsb? Apakah fungsinya hanya melihat/rekam saja?

  147. Produsen Becak Mini
    Nov 9, 2013

  148. Terima kasih sudah berbagi. Awalnya sulit memang tetapi setelah berulang mengikuti petunjuk akhirnya bisa juga. Terima kasih.

  149. Fikri
    Nov 23, 2013

  150. @Produsen: Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lagi ya.

  151. rahmat juli setiadi ganteng
    May 4, 2014

  152. sukses,, mantap.. ‘
    ask – berapa jarak jauh bisa terkendali..??

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

IP WEBCAM cara menggunakan wifi untuk vidio control jarak yg jauh cara merusak cctv cara merusak kamera cctv apakah sesama android bisa cameranya bisa terhubung seperti camera pengintai trik cara agar merusak android orang cara mengubah kamera hp jadi cctv Analog hp bb ga konek harga kamera mini yg bisa konek sama hp tab sebagai cctv kamera pengintai konek ke android photo funia mata ciri2 windows jika rusak batrai laptop asus mati padahal batrai masih banyak cara memindahkan file excel ke word 2007 Kapasitas minimal/maksimal pada processor elek fb kena hacker cd r apa cd rw yang butuh untuk mastr windows xp cara memakai font yang berada di file yang tidak mau terbuka cara mengatasi flasdise tidak kebaca di dvd player cara kompres pdf cara memutar musik dilinux