Langkah Mudah Membuat Partisi di Windows

Nov 20, 2011 by Under Tips & Trik - 19 Comments  

Program bawaan Windows yang berfungsi untuk mengatur partisi adalah Disk Management. Untuk mencoba tutorial kali ini, penuliskan sarankan untuk melakukan backup semua data penting Anda ke dalam hard disk lainnya atau pun flash disk anda. Karena apabila terjadi hal-hal yang Anda tidak inginkan, anda masih memiliki data cadangan pada media penyimpanan lain.

Partition Windows

Dalam artikel ini penulis mencobanya dengan Komputer yang memakai prosesor AMD Athlon, Windows XP SP3, dan hard disk dengan ukuran volume 320 GB. Jika anda memakai Windows 7, Kami rasa tidak apa-apa, karena cara membuat partisi di windows 7 pun hampir sama dengan yang akan kami utarakan dalam artikel ini. 

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Klik menu Start dan jalankan Control Panel. Memilih Control panel
  2. Selanjutnya, pilih menu Administrative Tools. Administrative Tools
  3. Di lanjutkan dengan memilih Computer Managament. Computer Managament
  4. Setelah itu akan tampil jendela Computer Managament, pilih menu Disk Managament. Disk Managament
  5. Pilih partisi yang ingin anda buat pada ruangan hard disk, klik kanan dan pilih New Logical Drive. New Logical Drive
  6. Anda akan di minta untuk membuat partisi baru kemudian pilih Next.
  7. Pada jendela Select Partition Type, Anda akan di minta untuk membuat partition Logical Drive. Kemudian pilih tombol Next.
  8. Pilih berapa besar partisi yang ingin di buat. Pada kolom Partition Size in MB, dengan menggunakan tanda panah yang ada pada kolom tersebut, Anda mengurangi atau menambahkan partisi yang ingin di buat. Jika telah selesai mengaturnya, pilih Next. Partition Size in MB
  9. Pada jendela Assign Drive Letter Of  Path, Anda dapat menggunakan pilihan Assign the following drive letter untuk memilih drive mana yang akan digunakan untuk menempatkan partisi hard disk dan pilihlah Next apabila anda seudah menyelesaikannya. Assign Drive Letter Of  Path
  10. Seanjutnya Anda akan diminta untuk mem- format file system yang ingin anda gunakan dan volume label yang ingin di buat.
  11. Jika sudah, klik tombol finish. Anda dapat melihat partisi yang sudah dibuat.

Namun, jika anda masih merasa belum paham, anda bisa mencoba membuat partisi dengan menggunakan software seperti yang pernah kami utarakan dalam artikel yang berjudul EASEUS Partition Manager, Alternatif Software Partisi Gratis untuk Windows dan Partition Wizard Home Edition, Cara Mudah Partisi Hardisk dengan Cepat dan Aman.

Selamat mencoba! :)

  1. Komo
    Nov 20, 2011

  2. Kasus di atas ko cuma drive c saja? Terus ada sebagian hardisk yang kosong. Kalo kasus sudah punya drive c dan d terus ingin menambah partisi e apa bisa bro pake cara di atas? Soalnya ane ga bisa.

    ilmu dari FastNCheap Blog selalu menarik untuk dipelajari n sangat berguna sekali.
    @Komo: gunakan saja EASUS partition manager. di blog FastNCheap Blog sudah ada atau bisa kunjungi blog saya + tutorialnya.

  3. Omeco
    Nov 24, 2011

  4. Mantab gan. tutorialnya.. menarik ni dan sangat informatif.
    sukses selalu unuk Fast&Cheap

  5. topan
    Nov 25, 2011

  6. bang.. mohon bantuannya nih.. kemarin tuh nyoba ngpartisi hard disk d dan sukses. tapi setelah d restart koq malah jadi eror yah?? malah jadi gak n