EASEUS Partition Manager, Alternatif Software Partisi Gratis untuk Windows

Sep 26, 2010 by Under Tips & Trik - 169 Comments  

 EASEUS Partition Master, Alternatif Software Partisi Gratis untuk WindowsSebelumnya, kami pernah membahas bagaimana membuat partisi yang aman dengan menggunakan Partition Wizard Home Edition. Kali ini, yang tidak begitu berbeda dengan pembahasan tersebut, team FastNCheap mencoba memberikan alternatif software lain yang bisa digunakan untuk membuat partisi di Windows.

Software ini bernama EASEUS Partition Manager Home Edition, yang bisa di-download dengan gratis di official websitenya (Link download ada dibagian akhir artikel). Jika ingin memiliki fitur yang lebih maksimal, anda bisa mengupgrade software tersebut dengan konsekuensi harus membayar “fee” kepada pihak developer dari Easeus Partition Manager. Tetapi untuk penggunaan personal, free edition sudah lebih dari cukup untuk mengatasi problem dan membantu pekerjaan anda saat me-manage partisi hardisk.

Jika dilihat dari segi pengguanaan software, tool partisi ini tidak jauh berbeda dengan yang lain. Anda bisa membuat, merubah kapasitas partisi, merger partisi dan melakukan hal lain dengan partisi hardisk drive.

Beberapa fitur menarik yang bisa anda dapatkan dari EASEUS Partition Manager ini adalah :

  • Membuat dan menambah partisi NTFS pada sebuah hard disk drive tanpa harus melakukan restart komputer. Hal ini akan mempercepat proses kerja dari komputer itu sendiri.
  • Merubah kapasitas partisi hardisk tanpa harus takut kehilangan data karena tool ini sudah memiliki fitur menejemen data yang lebih baik.
  • Mampu membagi satu partisi menjadi beberapa partisi yang berbeda jika diperlukan.
  • Menggabungkan beberapa partisi sekaligus untuk membuat satu buah partisi dengan kapasitas yang lebih besar.
  • Meng-convert dari partisi FAT ke bentuk NTFS tanpa harus takut kehilangan data.
  • Dapat digunakan untuk menghapus semua data pada sebuah partisi (Format Partition Disk).
  • Bisa digunakan untuk meng-copy data dari datu partisi ke partisi lain sekaligus.
  • Mendistribusikan file pada partisi yang penuh ke partisi lain yang isinya lebih sedikit.
  • Bisa digunakan untuk memperbaiki Master Boot Record (MBR) yang rusak pada sebuah hard disk drive.
  • Memiliki fitur defragment hard disk yang lebih cepat jika dibandingkan saat anda mengunakan disk defragment tool yang tersedia di Windows.
  • Mendukung hampir semua sistem operasi windows, mulai dari XP/2000/Vista maupun Windows 7. Sayangnya, aplikasi ini masih belum tersedia untuk Windows ber-basic 64 bit.

Berikut beberapa screen shoot penggunaan EASEUS Partition Manager Home Edition yangdi-install pada Windows XP.

Jendela Utama  EASEUS Partition Master, Alternatif Software Partisi Gratis untuk Windows

Fitur Defragment Hardisk Drive yang lebih cepat jika dibandingkan menggunakan disk defragment default dari Windows.

Disk Defragment di EASEUS Partition MasterRe-size partisi menggunakan EASEUS Partition Manager Home edition.

Resize Partition EASEUS Partition Manager

Selain sebagai tool untuk membuat partisi, tool ini juga bisa digunakan untuk melihat semua data pada hardisk layaknya Windows Explorer. Klik kanan pada partisi hardisk dan pilih Explore untuk mencoba menggunakan fitur ini.

Partittion Explore, layaknya Windows Explorer di Komputer

Meskipun software ini sudah memiliki fitur keamanan tanpa harus kehilangan data saat melakukan partisi, ada baiknya anda tetap melakukan backup data-data penting anda ke media lain guna meminimalisir resiko yang akan anda hadapi saat melakukan partisi hardisk. Ada kalanya anda juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang lebih mengerti dengan system windows sebelum melakukan partisi hardisk.

Referensi :

Jika anda punya pengalaman dengan partisi hard disk, dapat share dengan kami, team FastNCheap dan pembaca yang lain dengan meninggalkan komentar di bagian akhir dari artikel ini. :)

  1. bajaj82
    Feb 17, 2011

  2. terima kasih atas bantuannya,semoga dibalas atas kebaikannya.

  3. ujungkulon tour
    Feb 21, 2011

  4. sangat bermanfaat, terima kasih mas

  5. Fikri Online
    Feb 21, 2011

  6. @ujungkulon tour: Sama sama dan terima kasih banyak telah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di FastNCheap Blog! :)

  7. Deka 67
    Feb 23, 2011

  8. Thanks ya kang …… ini sangat membantu saya

  9. Fikri Online
    Feb 23, 2011

  10. @Deka 67: Sama sama dan terima kasih banyak telah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di FastNCheap Blog! :)

  11. darfan
    Apr 4, 2011

  12. thx bro…. moga bisa menjawab permasalahan saya

  13. hendi
    Apr 6, 2011

  14. terima kasih mas.. kebetulan saya lagi cari aplikasi tersebut. jadi sangat membantu sekali. ok.. thanks…

  15. Fadlan
    Apr 10, 2011

  16. Permisi mas. Misalkan notebook saya sudah terinstal windows xp,trus saya mau nginstal lg linux ubuntu. Itu caranya gmn? Trima kasih sbelumnya..

  17. oyonx
    Apr 10, 2011

  18. bos apa EASEUS Partition Manager bisa tuk OS windows 7 starter?

  19. Fikri Online
    Apr 11, 2011

  20. @Fadlan: Coba anda pecah partisi terakhir dari windows XP, sisakan minimal 10GB pada partisi akhir untuk digunakan sebagai partisi Linux. Kemudian, install UBuntu Linux pada pastisi tersebut (Biasanya menggunakan pemilihan partisi manual).

    Yang perlu diingat, jangan lupa backup terlebih dahulu data penting anda. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastnCheap Blog.

  21. Fikri Online
    Apr 11, 2011

  22. @oyonx: Mohon maaf, kami belum tahu karena kami hanya pernah mencoba menggunakan software ini pada Windows 7 Home Basic dan Windows 7 Professional.

    Silahkan anda coba sendiri ya (Mohon maklum mengenai hal ini).

  23. aqsha
    Apr 12, 2011

  24. mas mau nanya, klo merubah partisi dari 2 menjadi 1, itu menghapus data ga ya? saya ingin membuat HDD eksternal saya menjadi satu partisi saja :D
    makasi tanggapannya.. :)

  25. aqsha
    Apr 12, 2011

  26. mas, klo merubah partisi HDD eksternal dari 2 partisi menjadi 1 partisi, itu menghapus data ga ya? saya ingin merubah HDD ext saya menjadi 1 partisi tp datanya jangan ilang :-s
    makasi tanggapannya mas :)

  27. Fikri Online
    Apr 12, 2011

  28. @aqsha: Kalau menggabungkan partisi berarti menghapus salah satu data. Coba anda backup dahulu data anda, hapus satu partisi, perbesar kapasitas partisi yang lain terkahir kembalikan data yang sudah dibackup tadi. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke sini.

  29. gembul
    Apr 14, 2011

  30. mas, saya beli laptop baru dengan OS yang sudah terinstall win7, yang menjadi masalah hanya ada drive C:. bisa gak kita partisi drive c: ini ke beberapa pertisi lain? notabene, di drivenya ada os.

    terimakasih

  31. Fikri Online
    Apr 15, 2011

  32. @gembul: Sebaiknya jangan karena biasanya pada setiap notebook yang terinstall windows 7 original ada partisi hidden yang berisi data windows original dari notebook. Partisi ini digunakan sebagai backup dan tool recovery jika notebook mengalami masalah.

    (Biasanya) Ketika memecah drive C menajdi beberapa bagian, (Info dari beberapa forum) partisi hidden tidak bisa terbaca lagi. Jika memang mau menanggung resiko kehilangan partisi recovery, silahkan anda bagi partisi C menjadi beberapa bagian.

    Semoga bisa membantu, selamat mencoba dan semoga berhasil.

  33. gunawan
    Apr 20, 2011

  34. nuwun sewu..help me,, sya ada problem’hardisk sy tiba2 brubah sistem’n semula basic ke dynamic..trus pas sy meng-gandeng hrdisk sy ke pc lain, sy tdk bisa mmbuka data yg ada di dlam’n..lalu sy kmbalikan lg ke pc smula ttap ga bsa..sy prnah coba pake virtual disk dr browsing dan brhasil buka Hardisk sy,ttapi tman sy meng-install ulang pc trsbut dan aplikasi virtual’n blom smpat sy copy sudah terhapus..dan sy lupa nama aplikasi tersebut..jd sy cri lg aplikasi yg lain sy blom sukses..apakah ada solusi lain..tlong bntuan’n…

    tks..

  35. ewa
    Apr 28, 2011

  36. klo mau nambahin memori d drive C: (ada windows seven nya, ) cz sisa d C: ku tinggal 1 gb, kbnyakan program neh, (program nya smua butuh jd gk ada yg hrus d uninstall)

  37. Fikri Online
    Apr 28, 2011

  38. @ewa: Perkecil kapasitas hard disk pada drive D kemudian pergunakan untuk menambah kapasitas drive C. Windows 7 sendiri punya tools bawaan untuk melakukan partisi tersebut tanpa harus menggunakan software pihak ketiga (Jangan lupa backup terlebuh dahulu data anda untuk meminimalkan resiko). Selengkapnya bisa anda lihat di sini, Cara Merubah Ukuran pastisi Hard Disk menggunakan Windows 7.

    Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  39. Helmy
    Apr 29, 2011

  40. Laptop OSnya pake XP dengan partisi C:D:E:F, setelah diinstal pake Vista/Seven yang F gak bisa dibuka, ngatasinya pake ini bisa?

  41. Fikri Online
    Apr 29, 2011

  42. @Helmy: Kalau untuk membaca data yang ada di dalamnya sepertinya tidak bisa karena tool ini hanya untuk mempartisi hardisk. Jika pada drive F memang tidak ada data penting, anda bisa partisi ulang menggunakan tool ini.

  43. ivan
    May 4, 2011

  44. kalau mau nge partisi drive C (system ) gimana caranya tanpa instal ulang, saya udah pake keduanya tapi ga bisa karena drive Cnya sedang menjalankan software itu sendiri ..
    mohon bantuannya …

  45. Lukito Kuntardjo
    May 21, 2011

  46. Saya masih mencoba untuk menambah kapasitas di drive C dari 25 GB ( Program) menjadi 35 GB dan drive D (Data) dikurangi dari 55 GB nenjadi 45 GB , Total 80 GB , Laptop Acer Aspire 5052ANWXAD , apakah bisa ? Mudah2 an bisa , terimakasih atas informasinya.

    Wass ;

    Lukito

  47. Fikri Online
    May 22, 2011

  48. @Lukito Kuntardjo: Bisa dan tetap harus diingat, berhati-hatilah saat melakukannya dan jangan lupa backup data penting anda terlebih dahulu ke komputer lain. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke sini.

  49. hamzah
    Jun 9, 2011

  50. bagaimana cara menggabungkan 2 partisi menjadi 1? thanks sebelumnya

  51. Fikri
    Jun 9, 2011

  52. @hamzah: Kalau untuk menggabungkan 2 partisi, saya biasa menghapus satu partisi dan memperbanyak lapastisa partisi lain. Sebagai contoh, misalnya kita akan menggabungkan partisi D dan E, pertama-tama pindah semua data di partisi E ke partisi D, lanjutkan dengan menghapus partisi E dan terakhir perlebar space partisi D dengan mengambil space kosong pada partisi yang dihapus sebelumnya.

  53. yovie
    Jun 10, 2011

  54. bang sa baru beli laptop nih..
    kapasitas hardisc nya 500gb
    terbagi ke drive c (200gb), drive d (110gb) dan e(110gb)
    nah yg masalah nya saya mw resize drive c nya menjadi lebih kecil.. gpp tuh bang? thanks

  55. Fikri
    Jun 10, 2011

  56. @yovie: Tidak ada masalah kalau anda menginginkan seperti itu. Harap berhati-hati dengan data anda ketika melakukannya.

  57. yovie
    Jun 10, 2011

  58. drive C isi nya Program File dan Windows bang.. trus windows nya W.7 home premium original… apa gpp tu bang?

  59. Fikri
    Jun 10, 2011

  60. @yovie: Secara teori tidak ada masalah dan saya juga pernah melakukannya di WIndows 7 Home Premium. Sebagai bahan referensi, buka halaman http://blog.fastncheap.com/merubah-ukuran-partisi-hard-disk-di-windows-7/

    Tetaplah berhati-hati dalam merubah partisi hard disk karena semua itu ada resikonya. Semoga berhasil.

  61. yovie
    Jun 13, 2011

  62. ok tx a lot kk

  63. Fikri
    Jun 13, 2011

  64. @yovie: Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  65. Kukuh
    Jun 17, 2011

  66. Mau tanya,bisa untuk partisi sdcard?thank

  67. Fikri
    Jun 17, 2011

  68. @kukuh: Tidak bisa, hanya untuk Hard Disk saja.

  69. Rfan
    Jun 25, 2011

  70. Kalo saya mau nambah kapasitas drive C gimana ya? soalnya udah kepenuhan tapi isi nya file yang penting dan gak ada yang mau di hapus trus size drive C nya juga udah kurang dari 1GB.. sedangkan size di Drive D saya masih sisa 20 GB lagi, jadi size nya drive D ini mau dibagi ke C.. caranya gimana saya belom terlalu ngerti?

    mohon pencerahannya.. thanks

  71. endy
    Jun 26, 2011

  72. buanggg…pliz bgt tolongin saya all data/ dokumen proyek sy ilang….gr2 sy instal power quest partition magic g’ bs dibuka programnya karena corrupt….lalu sy uninstall ada 2 pilihan (1. delete installer & 2. delete file & folder) sy pilih dua2nya, lalu restart & partisi sy ilang …jd yg tampil hanya (c:) nya saja bahkan dvd rom nya jg g’ tampil…..mohon pencerahannya bang….data/dok. proyek raib smua..pliz…pliz, sy tdk punya backup-an nya

  73. Fikri
    Jun 27, 2011

  74. @RFAN: Kalau masih memungkinkan coba perkecil partisi pada drive D kemudian gunakan space tadi untuk drive C (Coba pelajari dengan detail software ini).

    Tetap ingat, backup data pentng anda ke external drive seperti Flash Disk atau yang lain sebelum melakukan perubahan partisi.

  75. Fikri
    Jun 27, 2011

  76. @endy: Coba gunakan software seperti Ontrack REcovery Professional (Bukan yang free) untuk mengembalikan data, barangkali berhasil. TETAPLAH BERHATi-HATI ketika menggunakannya dan ingatah data penting anda.

    Alangkah labih baik lagi kalau anda membawanya ke tempat service yang memang menyediakan jasa recovery data.

  77. hamzah
    Jun 27, 2011

  78. apakah bisa harddisk 1 dicopy ke harddisk lainnya atau istilah dikloning? thanks sebelumnya

  79. Fikri
    Jun 28, 2011

  80. @hamzah: Bisa saja. Biasanya kalau urusan seperti itu saya menggunakan tools norton ghost yang biasa terinclude di CD Hiren Boot. Detail bisa dilihat di sini http://www.hiren.info/pages/bootcd

    Terima kasih banyak telah berkunjung.

  81. rocky
    Jul 6, 2011

  82. saya beli laptop baru sudah terinstall win7, yang menjadi masalah hanya ada drive C:. bisa gak kita pecah menjadi beberapa drive..
    terimakasih

  83. Fikri
    Jul 7, 2011

  84. @rocky: Kalau menggunakan trik ini http://blog.fastncheap.com/merubah-ukuran-partisi-hard-disk-di-windows-7/ bisa apa tidak? (Sebelum melakukannya ingat selalu untuk backup data di media penyimpanan eksternal). Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  85. bramasta
    Jul 8, 2011

  86. gan, cara mengembalikan partisi yg k delete pd windows xp gmn????

  87. Fikri
    Jul 8, 2011

  88. @bramusta: Kalau itu ya bakal susah. Dulu daya pernah dengar pakai utility punya Maxtor/Symantec, tapi lupa tempatnya di mana. Mohon maaf. Atau mungkin anda bisa menggunakan jasa recovery pihak ke tiga yang menyediakan service recovery.

  89. yopi
    Jul 10, 2011

  90. mas bro, sy mau menambah volume di C (system) menggunakan software ini tetapi hardisk saya kedetect sebagai dynamic disk sehingga saya tidak bisa merubah kapasitasnya…… mohon bantuannya, oiya pas scan hardisk software ini mengatakan hardisk saya bersifat read only dan dia tidak bisa melakukan tindakan apapun terhadap hardisk saya mohon bantuannya. terima kasih.

  91. Fikri
    Jul 11, 2011

  92. @yopi: Kalau kondisinya seperti itu biasanya saya lakukan partisi ulang karena itu jalan terbaik. Dengan catatan:
    1) Pada hardisk tidak ada data penting sehingga siap kehilangan semua file. (Kalaupun ada, biasanya saya backup terlebih adhulu sebanyak dua kali untuk meminimalisir resiko).
    2) Punya CD/DVD/Master installer windows, jadi bisa melakukan install ulang.
    3) Punya skill untuk menginstall Windows.
    Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu anda dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  93. Jah
    Aug 1, 2011

  94. Untuk menbuka atau mengaktifkan unallocat di windows seven dengan menggunakan partisi magic…soalnya drive saya satu tersembunyi atau tidak kebaca alias unallocat………Tolong

  95. ari
    Aug 9, 2011

  96. mas mau tanya q kan nginstal vista recoveri dari bawaannya laptop kok partisinya kembali jadi 1 ya, n data q yg d di d hilang semua gmna cara balikin data itu lg…
    Help Mee… cos itu laptopnya temen qqq. mohon bantuannya ya. tq

  97. Fikri
    Aug 10, 2011

  98. @ari: Kenapa sebelum di-recovery gak backup data terlebih dahulu? Kalau sudah terlanjur ya coba recovery data menggunakan tools semacam Proffesiional Ontrack Recovery Tools atau tool yang lain. Atau. leih baik lagi anda membawanya ke jasa recovery data untuk mendapatkan batuan lebih lanjut.

    Semoga berhasil dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  99. echo
    Aug 19, 2011

  100. ka mau tanya nih.. kalo saya kan punya MMC tapi partitonnya tipe RAW.. trus kan disuruh install eh malah ad tulisan “windows enable to formatted”… ntu rubah partitonnya gimana ka?? terima kasih..

  101. Nur Salim, S.Pd
    Aug 24, 2011

  102. Thks bos atas infonya.

  103. Fikri
    Aug 24, 2011

  104. @Nur Salim S.Pd: Sama-sama dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  105. abdul
    Aug 25, 2011

  106. Huebat huebat coy windows 7 ku udah aman sekarang aman aman aman…… semoga Allah memberi rejeki yang banyak pada agan. mohon maaf lahir batin ya
    Wassalam….

  107. Fikri
    Aug 26, 2011

  108. @abdul: Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  109. mahmudi
    Aug 27, 2011

  110. numpang tanya, HD saya yang D setelah saya partisi ukuranya berkurang, tapi sisa dari pengurangan itu kok tidak tampak, bagaimana cara mengembalikan D ke ukuran semula. trimakasih

  111. Fikri
    Sep 5, 2011

  112. @mahmudi: Coba gunakan tools lain, barangkali berhasil.

    Mohon maaf belum bisa memberikan penjelasan lebih jauh sebab saya sendiri tidak bisa berinteraksi langsung dengan hardisk anda.

  113. Hadi
    Sep 26, 2011

  114. bos ,mW tnya,, bsa untuk partisi flash disk gk.,.???

  115. teguh budi
    Sep 27, 2011

  116. Terimakasih bro. Masalahku terpercahkan…

  117. Fikri
    Sep 28, 2011

  118. @Hadi: kalau untuk keperluan seperti itu memang belum bisa karena Flash Disk berbeda dengan hardisk yang bisa dipartisi dengan mudah. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  119. Fikri
    Sep 28, 2011

  120. @teguh budi: Sama-sama dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  121. dwi
    Sep 30, 2011

  122. apakah HD yang masih ‘allocated bisa digabungkan lagi dengan HD yang sebelumnya? karena tidak bisa diformat HD ‘ allocated’ tsb?? mkasih..

  123. Fikri
    Sep 30, 2011

  124. @dwi: Bisa tapi KEMUNGKINAN besar data di “HD yang sebelumnya” akan terhapus. Jika ingin menggabungkan dua hardisk, pastikan data pada hardisk di backup terlbih dahulu.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  125. dwi
    Sep 30, 2011

  126. bagaimana caranya mas?? apakah dengan menngunakan aplikasi easus ini??

  127. Fikri
    Sep 30, 2011

  128. @dwi: Secara teori memang bisa, tetapi itu juga tergantung kondisi hardisknya (Kadang memang tidak bisa karena ada crach pada partition table). Jika ingin tahu bisa apa tidak ya harus dicoba terlebih dahulu dan siaplah dengan segala resikonya.

    Yang terpenting, BACKUP DATA anda terlebih dahulu sebelum melakukan/merubah partisi pada hardisk.

  129. didit
    Oct 15, 2011

  130. bos….aku bingung nih, laptop axioo ku pakai windows 7. pada awalnya hnya pakai drive c: aja. setelah aku partisi pakai partition wizard home edition ini, systemnya minta restart dulu,setelah restart secara otomatis,windowsnya mau prepare tetapi balik lagi restart kemudian prepare lagi, gitu terus…..gimana bos caranya biar selain partisinya berhasil,windowsnya setelah prepare bisa masuk keaplikasi windowsnya secara normal kembali?

  131. Fikri
    Oct 16, 2011

  132. @didit: Kalau masalahnya seperti itu, coba gunakan partition tools under dos atau tools yang lain. Saya sendiri biasanya menggunakan CD Hiren boot dan menggunakan tools yang ada di dalamnya.

  133. angga
    Nov 22, 2011

  134. Gan mau nanya dunk…saya pake PC os xp saya mau nambahin size C karna sudah terlalu full ngambil dr partisi D. saya pake easus partition master 9.1.0 home edition…waktu saya mau ngerubah size nya wkt prosesnya ada msg : there are some error occurred while writing partition chains on disk. itu kenapa yah….

  135. Fikri
    Nov 22, 2011

  136. @angga: Kalau seperti itu kemungkinan besar memang tidak bisa dan satu-satunya jalan lain yang saya tahu, harus partisi ulang secara manual (Dengan catatan semua data akan terhapus seperti ketika anda membeli laptop baru).

    Atau, kalau masih pakai Windows XP, coba pakai software semacam Partition Magic, barangkali bisa. Ingat selalu data penting anda sebelum melakukan semuanya. Semoga berhasil dan terima kasih telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  137. uqonk
    Nov 27, 2011

  138. mas bro klo mau ke rename partisi bisa apa nda menggunakan tool ini??
    contoh dr partisi saya:

    A.1.C. (hdd partisi)
    2.D. (cd-room)
    3.E. (hdd partisi)
    4.F. (hdd partisi)

    saya pengen nya klo bs gt>…

    B.1.C. (hdd partisi)
    2.D. (hdd partisi)
    3.E. (hdd partisi)
    4.F. (cd-room)

    seperti ini jd ga ke langkah ama drive cd-room jd ga ribet,mohon solusi nya klo ada yg mengalami kasus seperti saya..
    terima kasih.

  139. Fikri
    Nov 28, 2011

  140. @uqonk: Kalau seperti itu setahu saya memang tidak bisa dirubah karena sudah penamaan dari System.

    Kalau memang bereksperimen, coba lakukan seperti ini. Lepas CD-Rom, nyalakan PC/Notebook tanpa CD-Rom dan kemudia restart beberapa kali. Setelah itu baru pasang CD-Rom lagi. Barangkali bisa berurutan seperti yang anda ingikan.

    **Catatan: Saya tidak menjamin kalau saran yang saya berikan tidak berhasil jadi jangan pernah mencoba kalau anda sendiri belum yakin untuk melakukannya.

  141. uqonk
    Nov 29, 2011

  142. thanks bro fikri..ntr deh ogut cobain ga ada salah god tips..

  143. Fikri
    Nov 29, 2011

  144. @uqonk: Sama-sama dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  145. ary
    Dec 3, 2011

  146. numpang nanya ni soalx aku ndak bsa gni msalahx aku kan download lagu dngan IDM stlah complit lalu aku bka dngan open white kemudian keluar windows media center lalu aku klik eh tau2 semua program di leptop saya jadi windowsmedia senter semua gmana cara mengembakikannya biar sperti semula mohon bantuannya !!!

  147. marthin
    Dec 23, 2011

  148. selamat pagi mas abang maaf bisa numpang lewat sbntar???

  149. Fikri
    Dec 23, 2011

  150. @martin: Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  151. Mira Dlaw
    Dec 31, 2011

  152. Hy smua…!!!! W punya pertanyaan tentang masalah data w ni. Partisi D saya penuh dengan data, tapi ketika saya buka di explorer data y gak ada. Kata y system reserved……..!!! Saya pake software EASEUS Partition Manager, saya buka explorer y data y masih ada tp saya dak bisa ambil data y. Tolong donk solusi y, bagaimana cara y untuk mengambil data itu. Help me………!!!

  153. wawan
    Jan 1, 2012

  154. mau tanya.. apa software tersebut bisa digunakan juga untuk memformat pada unallocation yang terjadi pada saat kesalahan memasukan size partisi di windows 7.. trus ada gak cara lain yang bisa digunakan untuk mengembalikan unallocation disk secaramanual hanya lewat disk management.. trimakasih

  155. Fikri
    Jan 3, 2012

  156. @Mira Dlaw: Coba lepas hardisk, pindah ke komputer lain sebagai slave, barangkali masih bisa dibaca. Kalau tidak bisa, coba copy secara “clone” pastisi tersebut ke drive lain yang kosong, kemudian lihat data pada driver lain yang berfungsi sebagai “mirror” tersebut.

    Kalau masih belum bisa juga, coba gunakan recovery software semacam Ontrack Recovery atau software lain yang sejenis.

    Semoga berhasil.

  157. Fikri
    Jan 3, 2012

  158. @wawan: Secara teori, software ini bisa digunakan untuk hal tersebut dengan catatan tidak ada yang salah dengan “allocation partition” pada hardisk anda. Mohon tetap berhati-hati ketika anda menggunakannya dan selalu ingat, backup data anda terlebih dahulu sebelum anda melakukan semua.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  159. junaidi
    Jan 22, 2012

  160. Bisa nggak flashdisk dipartisi dari 2GB menjadi 6MB?

  161. retta
    Feb 23, 2012

  162. sy mw tny,,klo HD eksternal sy tdk terbaca apa software ini bs digunakan dan membantu memperbaiki..??

  163. Sunaryo
    Feb 25, 2012

  164. Mas bagaimana caranya merubah partisi hardisk dari FAT 32 ke NTFS dengan software ini,trmkash

  165. Fikri
    Feb 27, 2012

  166. @retta: Belum tentu sebab hardisk eksternal itu biasa lewat port USB sedangkan software ini digunakan untuk partisi hardisk intnernal.

  167. Fikri
    Feb 27, 2012

  168. @Sunaryo: Kalau menggunakan software ini, saya kurang tahu apakah bisa atau tidak sebab belum pernah mencobanya sendiri. Biasanya saya menggunakan partition Magic untuk merubah tipe partisi dari Fat32 ke NTFS.

  169. pradhika
    Mar 9, 2012

  170. Mas q hbs instal aplikasi ini, terus setelah selesai proses drive saya partis maksudnya biar saya kelompokkan data kuliah dan non kuliah, lah pas selesai proses partisi. Ternyata laptop saya g bisa dibuka mas. Karena partisi saya td jadi syistem mas. Sedih bukan main setelah tdk bisa dibuka2 laptopnya. Akhrnya saya putuskan untuk instal ulang laptop saya. Naasnya setelah proses instal ulang laptop. Ternyata data kuliah saya td hilang dan di driver D (yg saya partisi td itu) tp disitu masih terlihat data D masih terpakai 25 GB ( yaitu data kuliah saya) tp g di Baca sama drive D tadi. Untuk menangni kasus ini gmna caranya mas?? Mohon bantuannya. Jawabannya tolong dijawab ke email saya ya mas. Please tolong mas. Data skripsi saya terancam ini. Hik..hik

  171. Fikri
    Mar 9, 2012

  172. @pradhika: Coba lepas hardisk laptop anda, pasang di komputer lain sebagai slave dan backup data anda ke situ. Jika perlu, lakukan recovery data dengan menggunakan recovery software ke HARDISK LAIN, JANGAN HARDISK YANG DARI LAPTOP.

    Jika belum bisa, coba cloning partisi menggunakan tools seperti norton ghost ke hardisk lain dan lakukan backup dri partisi tersebut.

    Kalau masih belum bisa, siapkan hardisk baru (Bisa beli hardisk lagi), clone antar hardisk dari hardisk laptop ke hardisk baru tersebut menggunakan norton ghost menggunakan system pada komputer (Jadi nantinya di komputer ada 3 hardisk yaitu harisk asli komputer, harsik laptop dan hardisk yang digunakan untuk backup data).

    Selamat mencoba dan tetaplah berhati-hati dengan data anda.

  173. dave
    Mar 16, 2012

  174. wah terima kasih, bermanfaat sekali postingannya

  175. Fikri
    Mar 17, 2012

  176. @dave: Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  177. fahmi
    Mar 18, 2012

  178. Saya mau tanya mas. Untuk install ulang windows xp, data yg hilang itu di C kan ? Dan saya berniat untuk backup hdd saya ke hdd kompi kk saya. Itu bagaimana caranya yah ? Dan untuk mengembalikan lg ke hdd saya setelah inul windows slesai itu bgaimana caranya ? Mohon pncerahannya

  179. Fikri
    Mar 19, 2012

  180. @fahmi: Untuk Windows XP, file system ada di drive C. Untuk data, tergantung yang memakai, bisa jadi di drive C juga banyak data yang harus di backup. Untuk memindahka data ke hardisk lain, bisa memakai beberapa cara, pasang hardisk pada komputer lain atau bisa melalui kabel jaringan.

    Sebelum intall ulang, PASTIKAN semua data anda sudah di backup.

  181. umar
    Mar 26, 2012

  182. mas…
    software ini bsa untuk memmbatalkan mmbuat partis g??
    mslahnya wktu sya mw mmbuat prtisi tp, ggal….
    trus sya mw normalin hdd D sya spya mnjadi 200 GB,,,
    cz lumyan prtsi yg mw sya buat 50Gb jd,jd hdd yg D sy hilang 50…
    :’-(
    mhon bntuannya mas…
    spya hdd sy bsa jd normal lg…

  183. Atthariq
    Mar 26, 2012

  184. Bingung gan!! kk admin, klo pake computer management dipartisi gimana kk?

  185. Fikri
    Mar 26, 2012

  186. @umar: Kemungkinan bisa dengan catatan partisi yang hilang tersebut masih bisa dideteksi oleh tools ini.

    Tetapi, harap tetap berhati-hati karena tidak ada jaminan semua bakal berjalan dengan sempurna. Jangan lupa untuk selalu backup data penting anda sebelum melakukan partisi hardisk.

  187. Fikri
    Mar 26, 2012

  188. @Atthariq: Anda pakai Windows apa? Kalau Windows 7, bisa digunakan untuk partisi Windows dan fungsinya sama saja dengan aplikasi ini.

    Tetaplah ingat, backup data penting anda terlebih dahulu sebelum melakukan partisi hardisk.

    Semoga berhasil.

  189. putut
    Mar 30, 2012

  190. mas 1 tahun lalu saya beli netbook dan hanya terdapat 1 partisi yaitu C . merek nya ACER ASPIRE ONE PRO dan didalam nya tertanam Acer Erea C menjadi 2 misalkan partisi D , apakah program Acer Erecovery Manager OS WIN XP yg tertanam di dalam notebook saya akan hilang atau bermasalah ?? Mohon infonya

  191. putut
    Mar 30, 2012

  192. mas 1 tahun lalu saya beli netbook dan hanya terdapat 1 partisi yaitu C . merek nya ACER ASPIRE ONE PRO dan didalam nya tertanam Acer Erecovery Manager Win Xp. Jika saya ingin membagi partisi C menjadi 2 misalkan partisi D , apakah program Acer Erecovery Manager OS WIN XP yg tertanam di dalam notebook saya akan hilang atau bermasalah ?? Mohon infonya

  193. Fikri
    Mar 30, 2012

  194. @putut: Biasanya bermasalah sebab recoverynya akan mengenali sebagai partisi yang berbeda.

  195. Paskalis
    Apr 6, 2012

  196. Mas, saya mau tanya__
    (1) apa Buffalo Metro MiniStation saya, bisa saya partisi dengan EASEUS Partition Manager ? Mengingat kerja HD eksternal Buffalo Metro MiniStation (baca, copy bahkan delete) sangat lambat.
    (2) Makasih sebelumnya

  197. Fikri
    Apr 6, 2012

  198. @Paskalis: Mohon maaf, untuk produk Buffalo saya sendiri belum pernah melakukan partisi menggunakan software ini, jadi belum tahu bisa apa tidak.

  199. Paskalis
    Apr 6, 2012

  200. Mas Fikri___
    Oke… makasih.
    Ada satu pertanyaan lagi (maaf)
    Gini mas… setelah saya Memeriksa Kondisi Hardisk dengan Aplikasi HD Tune ___ pada error scan terdapat error atau bad sector pada permukaan disk yang ditandai dengan adanya blok berwarna merah (demaget) sebanyak 2,6 %.
    Menjadi pertanyaan saya : gimana kondisi HHD external saya ? Apa rusaknya parah ? Apa mungkin masih bisa diperbaiki ? Dengan software apa ?
    Makasih sebelumnya.
    peace

  201. Fikri
    Apr 9, 2012

  202. @Paskalis: Pilihan terbaik untuk kasus BAD sector secara fisik (seperti kasus yang anda alami) adalah dengan beli hardisk baru.

    Memang benar, HDD bad sector bisa diakali dengan cara meng-hidden bagian yang bad sector tetapi kemungkinan besar, jika hardisk terus digunakan, bad sector akan semakin membesar.

  203. cak blend
    Apr 20, 2012

  204. bang mohon petunjuknya saya mau bingung langkah langkah memperbesar drive c pad windows xp …!! mohon arahanya soalnya sisa spaec cuma 500mb

  205. Fikri
    Apr 21, 2012

  206. @cak blend: Pertama, coba perkecil kapasitas drive D di bagian track awal (Kalau dilihat dari gambar yang dekat dengan drive C). Setelah drive D mengecil, perbesar kapasitas drive C dengan mengambil space kosong yang diambil dari drive D tadi.

    PERINGATAN: Backup semua data penting anda sebelum melakukannya. Resiko proses yang salah/error anda sendiri yang menanggungnya.

  207. edy
    Apr 30, 2012

  208. mas Fikri, saya sudah mengosongkan Drive D. Data yg ada di drive D saya pindahkan ke Drive E.
    pertanyaanya:
    1. jika saya menambah kapasitas Drive C , apakah Ada pengaruhnya dengan Drive E?
    2.apakah Data di Drive C akan hilang jika kapasitas Drive C-nya di tambah.

  209. Fikri
    May 1, 2012

  210. @edy: 1) Tidak ada pengaruhnya karena yang akan dirubah adalah drive C (**)
    2) Data di drive C tidak akan hilang (**)

    Keterangan:
    (**) Tidak akan berpengaruh pada drive lain dengan catatan proses berjalan maksimal dan tidak ada kendala sama sekali. Yang saya maksudkan dengan backup data pada comment saya sebelumnya adalah backup ke hardisk lain (Atau media penyimpanan lain). Jika proses merubah kapasitas hardisk tidak berjalan optimal bisa saja drive E juga terpengaruh dan bisa berefek pada keseluruhan data.

    Sekali lagi saya tekankan, BACKUP DATA pada hardisk lain (Atau media yang lain). Mohon maaf, karena comment saya sebelumnya mungkin kurang jelas. Selamat mencoba, BACKUP DATA anda dan semoga berhasil.

  211. febri
    May 19, 2012

  212. widihhhhh makin sini makin keren aja ni BLOG…:D

    komentnya di tanggepin gk kayak BLOG lain PELITTTT

    Gannn ane mau nanya nihhh ber efek kagak?
    trs menimbulan viris atau malware kagak?

    terima kasih

  213. Fikri
    May 19, 2012

  214. @febri: Efek aplikasi ini, anda bisa merubah ukuran partisi dengan mudah (Jangan lupa bakcup data anda sebelum melakukan partisi hardisk).

    Untuk virus, tergantung di mana anda download dan di komputer mana anda install. Kalau anda donwload bukan dari website resminya, dan diinstall pada komputer yang sudah bervirus, bisa jadi menyebabkan terkena virus.

  215. chiu
    May 19, 2012

  216. wah gan bener bener mantaaaaaaaaaaaaaaap
    saya kasih 6 jempol deh gan ( yang 2 minjem jempol tetangga ) wkwkw
    ty banget gan info nya :D

  217. Fikri
    May 21, 2012

  218. @chiu: Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  219. day
    May 29, 2012

  220. Cara merubah format RAW ke NTFS tanpa menghapus data nya gmn ga bisa ga pake sofare ini ga?

  221. Fikri
    May 30, 2012

  222. @day: Kalau pakai software ini memang tidak bisa. Sebaiknya anda menggunakan tool lain seperti Partition Magic.

    *Catatan Penting: Apapapun software yang anda gunakan untuk merubah partisi hardisk, BAKCUP DATA merupakan hal paling penting sebelum proses tersebut. Backup data anda sebelum melakukan semuanya.

    Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  223. meilidda
    Jun 8, 2012

  224. mau nanya, kalau cara partisi notebook windows 7 yg original gmn yaa??bisa ngga? thanks :)

  225. Fikri
    Jun 9, 2012

  226. @melidda: Bisa saja, tetapi berhati-hatilah agar partisi recovery tidak ikut terhapus.

  227. Husaini
    Jun 18, 2012

  228. WinXP sy ada masalah, sy restore image winxp yg sebelumx sy biat pakai Ghost32 ternyata sy salah pilih hdd target yg sy pilih hdd cctv yg sembelumnya sy pasang 2 hdd, jadi hdd cctv yg tertimpah oleh image winxp. Pertanyaan sy bagaimana cara mengembalikan isi hdd cctv tadi pakai software apa. Terima kasih atas bantuan & jawaban Mas.

  229. Fikri
    Jun 18, 2012

  230. @Husaini: Kalau saya, biasanya menggunakan Ontrack Recovery Professional. Untuk recovery, coba lepas hardisk tersebut, pasang di komputer lain sebagai slave, kemudian lakukan recovery data.

  231. Husaini
    Jun 19, 2012

  232. Terima kasih atas sarannya Mas Fikri, Sy suda lakukan seperti saran mas, sy pakai Ontrack EasyRecovery Professional 6.22.02 apakah beda dg Ontrack Recovery Professional? Semalaman recovery data pagix cuma berisi image WinXP yg sy restore pakai Ghost32 folder2 isi Windows, Program Files, Documents and Settings, RECYCLER, dll. Sedangkan isi HDD CCTV yg berisi folder tanggal2 rekaman tdk ada nanpak. Utility Dalam CD Hiren’s BootCD 12.0 menu Recovery sy suda coba pakai tetap tdk ada nampak folder2 tgl. Adakah utility lain mas yg bisa mengembalikan data tadi. Terima kasih atas bantuannnya.

  233. Fikri
    Jun 20, 2012

  234. @Husaini: Mohon maaf, kalau sudah menggunakan utility yang sudah anda sebutkan (Ontrack Recovery Professioanl + Utility di CD Hiren Boot) tapi masih belum bisa juga, saya angkat tangan karena jarang menggunakan yang lain.

    Saran saya, coba ke Google, barangkali menemukan software lain yang lebih canggih dari software itu.

    Terimakasih banyak atas kunjungan baliknya ke FastNCheap Blog.

  235. Husaini
    Jun 20, 2012

  236. Terima kasih mas Fikri atas tanggapannya.

  237. Fikri
    Jun 22, 2012

  238. @husaini: Terima kasih banyak atas kunjungan baliknya ke fastNcheap blog.

  239. Agus Styawan
    Jul 2, 2012

  240. Assalamu’alaikum Mas Fikri…

    Mohon maaf ikut tanya. Saya pake netbook Samsung NC-108. Hardisk 320 Giga. Sudah ada 3 partisi. C (69 Giga), D(65 Giga), dan E (164 Giga). Saya pingin buat partisi baru di F dengan mengambil 25 Giga dari drive E. Sudah saya lakukan dan berhasil, baik pakai Partition Wizard atau EaseUS partition. 25 Giga yang masih unallocated. Waktu saya coba untuk membuat partisi baru di space unallocated yang besarnya 25 Giga tersebut, tidak bisa.

    Partition Wizard ngasih peringatan seperti ini :
    “PartitionWizard can not create a partition here. There are no free MBR slots on the disk.”

    EaseUS partition ngasih peringatan seperti ini :
    “Please convert an existed primary partition to logical partition, and try again.”

    Tolong bantu mas kasih penjelasan. Bingung sekali. Terimakasih sekali.
    Keep moving forward for this site!

  241. Fikri
    Jul 2, 2012

  242. @Agus: Artinya partisi C, D dan E yang anda punya semua primary jadi anda tidak bisa membuatnya lagi. Solusi:

    1) Memakai aplikasi Partition Magic untuk membuat partisi logical yang akan diisi pastisi D, E dan F (Ada resiko kehilangan data, jadi backup semua data terlebih dahulu). Jika belum berhasil, coba pakai solusi kedua.
    2) Partisi ulang dari awal secara manual (Semua partisi asli akan terhapus, begitu juga dengan datanya).

    Selamat mencoba, berhaati-hatilah dengan data anda dan semoga berhasil.

  243. Agus Styawan
    Jul 2, 2012

  244. Oke mas Fikri… Thanks banget.

  245. Fikri
    Jul 3, 2012

  246. @agus: Sama-sama dan terima kasih banyak sudah berkunjung balik ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di FastNCheap Blog.

  247. Agus Styawan
    Jul 4, 2012

  248. Mas, saya mau tanya lagi. Software partisi magic yang bagus apa ya? Saya download norton partition magic, tapi incompatible di netbook saya. Saya pakai Windows 7 Professional. Mohon kalau punya software partisi yang bisa saya download, dikasih link-nya. Makasih banyak.

    Sukses Selalu!

  249. Fikri
    Jul 5, 2012

  250. @Agus Styawan: Kalau saya sendiri, untuk partition magic biasanya menggunakan package tools dari Hiren Boot di sini http://bit.ly/PaNKst (Di situ ada banyak tools, termasuk Partition Magic yang bisa anda gunakan). Jangan lupa untuk selalu backup data anda sebelum melakukan partisi.

    Terima kasih banyak atas kunjungan baliknya ke sini.

  251. daru
    Jul 13, 2012

  252. mas, saya lagi butuh info banget nih mengenai norton ghost
    saya sedang restore windows xp, tetapi waktu memilih drive bukan c: melainkan e: jadi semua data di e hilang semua, bagaimana cara mengembalikannya ya?
    terimakasih

  253. Ido
    Jul 14, 2012

  254. maaf mau tanya nih ada ngak cara buat nambah ukuran RAM pada windows 7 Starter, thanks

  255. Fikri
    Jul 14, 2012

  256. @daru: Lepas hardisk, pasang di komputer yang lain dan coba recovery menggunakan software seperti Ontrack Recovery atau software lain yang punya fungsi yang sama.

  257. Fikri
    Jul 15, 2012

  258. @ido: Kalau RAM ya beli RAM baru lagi dengan kapasitas yang lebih besar.

  259. andre
    Jul 24, 2012

  260. mas fikri…saya mau nanya gimana ini kalau partisi harddisk salah terhapus saat install ulang saya mau hapus C saja tetapi karena teledor saya hapus partisi E saya…….sedangkan di partisi E itu sangat penting…..SKRIPSI dan tugas kuliah di sana semua…
    bagaimana cara mengembalikan partisi yg terhapus saat install ulang itu…???
    apakah ada softwarenya …???
    silahkan kasi linknya mas,,,THANKS

  261. Fikri
    Jul 24, 2012

  262. @andre: Yang biasa saya lakukan ketika mengalami masalah tersebut:

    1) Lepas hardisk dari komputer/laptop anda.
    2) Siapkan satu komputer lain yang masih normal. Install komputer tersebut dengan “beberapa” software reovery.
    3) Pasang hardisk yang baru saja anda lepas sebagai slave di komputer lain tersebut.
    4) Lakukan recovery menggunakan software yang sudah anda install.
    5) Gunakan beberapa software secara bergantian untuk mengembalikan data.
    6) Berdo’a.
    7) Semoga berhasil.

    Cara di atas tidak akan menjamin bahwa data akan kembali 100% tetapi dengan melakukan langkah tersebut ada peluang data anda bisa kembali. Dan yang terpenting, jangan menambah atau mengurangi (Hapus dan mengisi data) pada hardisk yang sedang direcovery untuk memperbesar kemungkinan kembalinya data anda.

    Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  263. yunus bati
    Sep 15, 2012

  264. terimakasi broo……….

  265. Fikri
    Sep 16, 2012

  266. @yunus: Terima kasih banyak sudah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  267. cynthia
    Sep 24, 2012

  268. mas, saya mau tanya tapi gak ada hbungannya sama artikel ini.
    barusan saya install ulang laptop pake CD driver bawaannya, spertinya trjadi ksalahan pas install jadi drive D sama isinya ga ada. yang ada cuma system (C) sama DVD ROM (D). nah cara biar data yang dulunya di drive D itu balik lagi gimana ? apakah bisa ? data penting saya ada di data D semua :(

  269. Fikri
    Sep 25, 2012

  270. @cynthia: Jika kondisi seperti itu, yang saya lakukan biasanya seperti ini:

    1) Bongkar laptop dan lepas hardiksnya.
    2) Pasang hardisk tersebut di komputer lain yang masih normal. Pasang hardisk sebagai slave.
    3) Nyalakan komputer dan install software/aplikasi untuk recovery data. Untuk software bisa menggunakan yang di sini http://blog.fastncheap.com/software-gratis-untuk-me-recovery-file-dan-data-yang-terhapus/
    4) Restart komputer tersebut dan lakukan recovery data.
    5) Coba gunakan software yang berbeda untuk recovery data.

    Jika anda belum mengerti langkah-langkah di atas, sebaiknya laptop anda bawa ke tempat yang memang khusus menyediakan recovery data.

    Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  271. aziz
    Oct 14, 2012

  272. mas,maaf mau nanya .bagaimana cara mengeluarkan data yang masuk di dalam EASEUS Partition Master 4.1.1 Server Edition .karena saya coba copy tdk bisa,waktu diinstal saudara saya tiba-2 data D nya hilang.dan ada didalam partisi tersebut ,terimakasih

  273. Fikri
    Oct 15, 2012

  274. @aziz: Mohon dicatat dulu, saya sendiri beum pernah menggunakan Server Edition, hanya menggunakan yang Home Edition (Free).

    Kalau boleh tahu, hilang sewaktu proses pemecahan/pembuatan partisi atau saat setelah proses memasukkan data ke dalam partisi?

  275. rudi
    Nov 29, 2012

  276. mas saya pakai easus buat partisi, terus pas di reeboot ada proses partisi tapi berhenti di 50%.. apa ada masalah atau mesti nunggu aja?
    tks.

  277. Fikri
    Nov 30, 2012

  278. @rudi: Kalau berhenti total ya berarti ada masalah. Kemungkinan besar hardisk bermasalah secara fisik.

    Solusi untuk mengetahui apakah hardisk secara fisik memang bermasalah, ya harus partisi ulang semua drive dari awal (Seperti ketika beli hardisk baru).

  279. fauzan
    Dec 5, 2012

  280. mas mau nanya, kalau kita mau ubah format harddisk dari dynamic ke basic, apakah data kita akan hilang???
    terima kasih sebelumnya mas

  281. Fikri
    Dec 5, 2012

  282. @fauzan: Secara teori (Dan pernah praktek juga) Data tidak akan hilang. Tetapi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, BACKUP DATA anda sebelum merubah partisi dari static ke dynamic.

  283. fauzan
    Dec 5, 2012

  284. oke mas
    terima kasih banyak mas…

  285. Fikri
    Dec 5, 2012

  286. @fauzan: Sama-sama dan terima kasih banyak sudah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  287. dhean
    Jan 11, 2013

  288. mas saya mau tanya aplikasinya bisa di pakai untuk nengconvert dari partisi raw ke fat32 ga??

  289. Fikri
    Jan 14, 2013

  290. @dhean: Mohon maaf, saya belum pernah mencoba, jadi belum bisa memberikan solusi.

    Untuk teori, bisa menggunakan Partition Magic.

  291. FaChRy
    Jan 20, 2013

  292. bang.,. gmana cara convert simple disk ke primary disk tanpa format?? soalnya data2 penting aneke banyak di harddisk neh,..
    udah coba software easuspartitionmagic versi terbaru kagak nemu2 solusinya, semua disk di lappy ane berubah jadi simple semua.,. bantuin dong bang!!

  293. Fikri
    Jan 21, 2013

  294. @fachry: Setahu saya memang tidak bisa, harus partisi ulang dari awal.

  295. juen
    Feb 21, 2013

  296. maaf mau tanya ne…..
    masalah nya ne salah satu partisi yaitu ‘D’ tidak terbaca, alias yang muncun cuma ‘C’ doank. saya udah coba instal ulang dan saya coba partisi ulang. kalau di partisi di management disk mau dia tapi tetap gak bisa di baca di My Computernya,,, waduh saya pusing ne udah instal berkali-kali trus di partisi trus tapi gak bisa2…
    tlg bantuannya….

  297. Fikri
    Feb 22, 2013

  298. @juen: Kalau partisi ulang manual menggunakan DOS gimana? Sudah pernah coba?

  299. blacksoul
    Apr 8, 2013

  300. mau tanya kk
    saya punya lapi toshiba tapi cuma ada drive C: saya mo partisi pake easeus berhasil sih tapi pas mau dicreate dia ga mau katanya primary hrs diconvert ke logic dl…klo data C: diconvert dari primary ke logic data ilang ga dan masih bisa boot ga???
    dah pernah pake disk manag tp pas mo diformat ga bisa katanya volume ga cukup padahal sisa masih banyak
    tolong soluisnya kk..
    makasih…

  301. Fikri
    Apr 9, 2013

  302. @blackdoul: Secara teori data tidak akan hilang, tapi RESIKO KEHLANGAN DATA tetap ada. Alangkah lebih baik kalau anda backup data penting data anda terlebih dahulu, baru melakukan partisi hardisk.

  303. blacksoul
    Apr 11, 2013

  304. makasih kk atas pencerahannya…
    mo nanya lagi klo diconvert ke logic masih bisa booting system ga???
    terus kalo dibalikin ke primary lagi bisa ga???
    makasih

  305. Fikri
    Apr 11, 2013

  306. @blacksoul: Kalau ke logic saya tidak pernah menggunakannya, jadi beum tahu hasilnya bagaimana. Mohon maaf belum bisa membantu.

  307. setiaji
    Apr 14, 2013

  308. numpang nanya mas, pada saat saya mau membagi partisi disk c menggunakan EASEUS Partition Manager Home edition, pas tahap terakhir tiba2 listriknya padam, setelah itu komputer sayanggak mau log in ke windows xp, solusinya gimana ya mas supaya bisa kembali normal…….. ma kasih

  309. Fikri
    Apr 15, 2013

  310. @Setiaji: Kalau listrik padam biasanya merusak system. Pilihan terbaik ya recovery atau install ulang windows.

  311. dito
    May 23, 2013

  312. om,, gmana caranya memindah ato mengcopy partisi hdd notebook ke hdd baru, dimana partisi tsb adlah hidden &berisi OS original dari hdd bawaan notbuk?,, terimaksh atas pencerahannya.

  313. danny
    Jul 14, 2013

  314. mohon pencerahan bro, hdd saya 1 tera, kemudian diakalin ‘teman’ dibagi 2 partisi.
    1. New volume D, 460, 71 GB
    2. (tak ada letter) 460.70 GB
    masalahnya: partisi yg ke 2 berisi file2 movie yang bisa diputar ditv (Lg 3d) langsung, tapi ngga biasa dibuka dilaptop (windows 7).
    waktu pake diskpart partisi no 2 ngga ada.
    pake disk management partisi no 2 ada tapi tasknya cuma bisa ‘delete volume’ dan ‘help’. sialnya lagi ngga bisa dibackup. kata ‘teman’ku itu caranya agar file2 movienya ngga boleh dipindah2 (pelit).
    pertanyaan: 1. bisa ngga partisi no 2 dibuka pakai software ini?
    2. bagaimana caranya?
    makasi sebelumnya.

  315. Fikri
    Jul 15, 2013

  316. @danny: Setahu saya kalau software ini memang tidak bisa. Coba tanya ke teman anda software yang bisa digunakan.

    Mohon maaf saya sendiri pernah dengar teori ini, tapi untuk software saya juga belum tahu yang digunakan. Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lgi ya.

  317. Wanto
    Jul 18, 2013

  318. Terima kasih artikelnya, gan. Ijin sedot yaa….????

  319. @Faisal
    Aug 4, 2013

  320. mas bisa bantu share solusinya mas. saya ada masalah data logical drive saya yang D hilang setelah melakukan instal ulang dari window 8 dikembalikan ke window xp service park3, padahal saya dengan sangat jelas memformat partisi yg C untuk sistem/primary untuk menginstal ulang bukan yg D, partisi logical drive saya D dan E dengan kapasitas semua 250 G yg D 53 yg E 53, nah setelah diinstal ulang partisi logical drive D saya tiba tiba hilang di cek di manage (disk management) partisi yg D statusnya menjadi free space.. bagaimana buat dimunculin kembali partisi D nya mas dan dikembalikan datanya soalnya ada data saya yg sangat penting terima kasih mudah2an mas membantu?

  321. iman
    Aug 22, 2013

  322. mas mohon info nya , partisi D saya tidak terbaca , saya sudah menggunakan softwere EASEUS Partition kemudian saya ikuti langkah partition recovery klik next yg muncul adalah “you have no unallocated space to search” , itu kenapa yaa? mohon bantuan nya

  323. Fikri
    Aug 22, 2013

  324. @iman: Mungkin bisa menggunakan software ontrack recovery atau software lain yang sejenis.

  325. abdul ajis
    Oct 25, 2013

  326. bagaimaba cara menggabungkan memory(RAM) yang sudah terbagi. untuk disatukan kembali
    makasih…

  327. Fikri
    Nov 23, 2013

  328. @abdul: Pindahkan data ke hardisk yang lebih aman. Lanjutkan dengan hapus satu partisi dan kemudian perbesar partisi yang ingin digabung. Selanjutnya kembalikan data yang di backup tadi ke tempat semula.

    Setau saya, kalau untuk menggabungkan hardisk secara langsung tidak bisa, harus seperti yang sudah saya jelasakn sebelumnya.

  329. jojo
    Dec 20, 2013

  330. mas,,, saya mau tanya ni,, ketika saya me resize drive c,, saat sudah berjalan tina-tiba ada tulisan there are some error occured while reading sector on disk,, itu gmana? mohn bantuanya mas,,,

  331. Fikri
    Dec 21, 2013

  332. @jojo: Sebaiknya jangan diteruskan.

  333. anang casanova
    Jan 3, 2014

  334. mas.laptop saya punya 2 partisi satu Driver C=225GB yg kedua Driver D 225 GB..saya sharink driver C menjadi 1 driver E=126GB..nah yg saya tanyakan apakah bisa saya gabungkan Volume driver E ke driver D..mohon kirim pencerahan nya..ke Email saya:anang_casanova@yahoo.com

  335. Matthew
    Mar 1, 2014

  336. Mas mau tanya nih saya waktu itu mau bikin dual boot tiba-tiba primary partition harddisk saya berubah jadi simple volume saya jadi gak bisa masuk ke windows tolong solusinya mas pake ini tapi di komp lain kedetek nya dynamic disk bkn basic jadi gak bisa di convert gimana dong Tolong solusinya ya

  337. Fikri
    Mar 3, 2014

  338. @mathew: Kalau sudah jadi dynamic partition, satu-satunya solusi ya harus dipartisi ulang dari awal.

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

convert fat 32 jd ntfs di windows 8 via easeus cara menyatukan drive c dan d masalah harddiskyang dihapus dan tidak bisa dikurang laptop dan solusinya Cara mengganti format GPT netbook yang baru beli menjadi NTFS Pengertian partisi under window hardisk tidak bisa diconvert ke fat ataupun k ntfs instal windows data partisi D pindah di partisi E dan pastisi E hilang gmn caranya hardisk tidak bisa di partition hardisk penuh tapi file sedikit free download aplikasi partition manager untuk sdcard mengatasi gagal booting easus Cara membuat dikumen baru pada komputer atau leptop tool kunci file agar tidak bisa di copy hapus reneme send to Baca sms orang membuat persentase di excel cara remote desktop menggunakan rd client download virtual dj untunk hp android cara dapat twitter pke no tlpon cara menghapus tanda aktif FB agar tidak muncul cara menggelola hp samsung s4 agar netbook support opengl 2 0 download wireles lan adapter untuk komputer merk predator