Cara Press Data Agar Hemat Hard Disk di Windows 7

Feb 6, 2013 by Under Tips & Trik - 4 Comments  

Hard disk dalam sebuah komputer memiliki batas kemampuan untuk menyimpan data sehingga diperlukan tindakan yang bijak dalam mempergunakan kapasitas yang ada agar komputer dapat bekerja secara optimal sebagaimana fungsinya. Pada era modern saat ini kapasitas hard disk semakin berkembang dengan pesat, Anda tidak akan dapat lagi menemukan hard disk baru dengan kapasitas di bawah 50GB, bahkan untuk netbook ukuran 10 inch saat ini minimal telah dibekali dengan hard disk berukuran 250GB.

Press data hardisk untuk menghemat tempat penyimpanan data

Namun dengan beban kerja, jenis kegiatan, jenis aplikasi yang juga berkembang dari masa ke masa, besarnya ukuran hard disk seolah bukan sebuah keuntungan yang dapat diandalkan atau bahkan mungkin terabaikan.

Agar kapasitas hard disk Anda tidak cepat penuh, sebaiknya simpanlah data-data yang penting saja di dalam komputer Anda, hapus data-data tidak penting terutama yang berukuran besar, biasanya beberapa orang suka mendownload aplikasi dengan format .Zip kemudian lupa menghapus file tersebut meskipun sudah diekstrak ke dalam folder, dan sebagian orang suka meng-instal aplikasi-aplikasi yang tidak bermanfaat dan jarang sekali digunakan yang kemudian mengendap dan membebani hard disk. Selain itu lakukan press data anda dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh Windows, kali ini kita akan membahas fitur ini.

  • Buka Windows Explorer anda, klik kanan pada salah satu folder di disk D untuk percobaan, kemudian klik Properties. Catatan: Saya hanya merekomendasikan Anda mengimplementasikan tips ini pada disk D komputer Anda.

Contoh folder yang ingin dihemat penggunakan hardisk

  • Pada jendela Properties perhatikan ukuran data di dalam folder tersebut sebagai perbandingan sebelum dan sesuah proses press nantinya. Klik Advanced untuk melanjutkan.

Folder Press Data Windows 7

  • Selanjutnya centang kotak pilihan Compress contents to save disk space lalu klik OK untuk melanjutkan.

Mengompress content agar space jadi lebih banyak

  • Setelah itu Anda akan kembali ke jendela Properties, untuk menjalankan perintah Compress tadi klik Apply.

Proses press data pada Windows 7

  • Anda akan diminta konfirmasi permintaan perintah compress, ada dua pilihan yang dapat Anda pilih. Anda dapat memilih tombol radio Apply changes to this folder only jika menghendaki proses press diaplikasi hanya pada folder yang Anda pilih di langkah pertama tadi tanpa mempengaruhi sub folder yang ada di dalamnya. Kemudian Anda dapat memilih Appy changes to this folder, subfolders and files jika menginginkan proses compress diaplikasi ke seluruh sub folder dan isinya yang berada di dalam folder terpilih.

Kompress data pada smua file, folder fan subfolder

  • Klik OK apabila Anda telah memilih salah satu dari pilihan tersebut, maka proses press akan berjalan, lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung besarnya ukuran folder yang Anda pilih. Apabila proses press telah selesai, silahkan lihat pada menu Properties dan bandingkan ukuran sebenarnya dengan ukuran yang telah Anda press. Selanjutnya Anda dapat melakukan langkah yang sama pada folder lain selama berada di data D.

Prosess memperbesar area space pada hardisk

Ibarat sebuah tas, semakin banyak barang yang Anda masukkan maka tas tersebut akan semakin berat, konsekuensinya Anda akan lebih cepat lelah ketika membawanya, lebih lambat ketika berjalan atau berlari, lebih merepotkan dan tidak efisien. Demikian pula dengan hard disk komputer, semakin banyak isi akan semakin membebani apalagi tanpa diimbangi dengan perawatan yang memadai. Untuk itu Anda dituntut untuk lebih bijak dalam menyimpan suatu data terutama untuk data-data yang memiliki ukuran besar namun dengan penggunaan minimal. Be Efficient and Productive!

  1. altiano
    Feb 10, 2013

  2. apa kelemahan dari press data?

  3. Bambang Winarso
    Feb 11, 2013

  4. Tidak ada mas Altiano, selama drive yang anda press adalah drive D, saya tidak merekomendasikan untuk men kompress data C.

  5. kampret giring
    Feb 14, 2013

  6. riskan gak, kl bwt ngompres file dalm ukuran 100gb

  7. Franky Simarmata
    Feb 2, 2014

  8. Kalau compressnya di C, Jangan gan
    windows anda bisa bisa korupt gan. Karena saya pernah compress yang C. Langsung deh hang laptop saya dan begitu di restart, tidak mu loading masuk windows. waktu itu saya pakai Windows 8

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

Cara menghemat kapasitas harddisk pada laptop Apa fungsi 7 zip pada laptop berapa ukuran minimum win 7 cara irit hardisk di vivotek submenu windows beserta fungsinya cara memakai wifi protect Melacak sms download apilkasi pengedit lagu jadi dj di hp nokia e63 cara mengembalikan aplikasi yang hilang di laptop cara menginstall linux kedalam flashdisk cara registrasi id iphone 5 cara mengembalikan registry ke default cara buat rar jadi iso tanpa pc bagaimana cara melakukan scanning gambar wallpaper untuk tampilan dekstop note book cara instal nero 8