Cara Langsung Menyimpan File Attachment di Gmail ke Google Drive

Sep 11, 2012 by Under Tips & Trik - 4 Comments  

Google dikenal sebagai situs pencari terbesar di dunia. Selain itu, Google juga menawarkan berbagai jenis layanan. Dari sharing video melalui Youtube, layanan email gratis dengan Gmail dan lain-lain. Selain itu, Google pun menyediakan layanan penyimpanan awan dengan Google Drive.

Google Drive ini pun memberikan Anda kapasitas penyimpanan awan sebesar 5GB secara gratis. Cara untuk memperoleh layanan awan ini pun sangat mudah. Anda hanya tinggal membuat akun Google. Tidak sulit bukan? Selain itu, layanan awan ini juga menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan tarif tertentu. Sebagai contoh, kapasitas penyimpanan 25GB bisa diperoleh dengan biaya $2.49 USD per bulan, 100 GB seharga $4.99 USD per bulan serta 1TB yang dipatok seharga $49.99 USD per bulan.

Selain memberikan layanan penyimpanan awan dengan kapasitas yang besar, Google Drive juga bisa digunakan secara terintegrasi dengan layanan Google lain. Salah satunya adalah dengan Gmail. Dengan mengintegrasikan Gmail dan Google Drive, Anda bisa secara langsung menyimpan sebuah file Attachment di email ke dalam Google Drive. Lalu bagaimana cara melakukannya?

1) Tidak terlalu sulit ternyata. Pertama, integrasi layanan Google Drive dalam Gmail ini hanya bisa digunakan pada Google Chrome. Selain itu, untuk saat ini masih belum bisa dilakukan. Jadi, pastikan Anda telah menginstal browser Google Chrome di komputer atau perangkat mobile Anda.

2) Kedua, yang Anda butuhkan adalah sebuah ekstensi Google Drive yang bisa Anda unduh dari Chrome Webstore. Anda bisa mengunduh ekstensi gratis yang satu ini di sini https://chrome.google.com/webstore/detail/apdfllckaahabafndbhieahigkjlhalf . Yang perlu diperhatikan, dalam proses pengunduhan, akses internet yang Anda miliki harus cepat. Kalau akses internet yang Anda gunakan tidak terlalu cepat alias lemot, bisa-bisa proses pengunduhan akan gagal.

3) Selanjutnya, Anda tinggal klik tombol Add to Chrome yang terletak pada bagian atas. Dan, setelah Anda klik tombol tersebut, maka browser akan secara otomatis mengunduh ekstensi tersebut. Dan, jika proses instalasi telah berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti berikut.

4) Dan, kalau proses yang Anda lakukan benar, maka Anda sudah bisa menyimpan file attachment Anda secara langsung ke Google Drive.

Tidak terlalu sulit bukan? Dengan cara ini anda bisa menyimpan file attachment di Gmail menggunakan fasilitas dari Google Drive. Selamat mencoba dan ikuti terus perkembangan tips dan trik di FastNCheap Blog.

  1. Nanang
    Sep 14, 2012

  2. kenapa kok di firefox nggak bisa ya mas, padahal kebanyakan orang kan lebih suka firefox daripada Chrome :D
    sangat disayangkan sekali

  3. sarastiono
    Jan 23, 2013

  4. Terimakasih…kadang yang diperhatikan hanya unduh….Ok. Trim.

  5. bali villa
    Feb 12, 2013

  6. makasi mas bro… infonya membantu sekali. jadi bisa simpan file di google drive tanpa bawa flashdisk… asalkan ada koneksi internet…

  7. Fikri
    Feb 13, 2013

  8. @bali villa: Sama-sama dan terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya :)

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

mengundu lampiran gmail di galaxy y cara menyimpan foto dkomputer lewat hp/ download lampiran digmail galaxy y cara membuka google drive lewat operamini cara menyimpan file di gmail Cara download lampiran gmail di hp cara download lampiran email lewat hp cara download lampiran di gmail cara menyimpan file ke google drive Download file dari email lewat hp download attachment di gmail lewat hp solusi mengatasi laptop acer aspire 4736 masuk windows mati windows 8 selalu scan mengubah file psd menjadi pdf tanpa aplikasi laptop kalo dinyalain harus nunggu lama baru nyala cara membuat font pakai foto sendiri Jenis2 printer untuk scan cara update sttus biaR tercantum nama hp cara ubah file excel menjadi jpg cara install wifi lapyop acer cara menggangti IP modem smartfren mengatasi masalah baterai internal tidak bisa di charging pada laptop toshiba windows 8