Cara Install Windows 7 dengan Menggunakan “Unified Extensible Firmware Interface” (UEFI)

Jun 28, 2013 by Under Tips & Trik - 4 Comments  

UEFI atau Unified Extensible Firmware Interface merupakan salah satu tool yang disediakan oleh vendor Microsoft, ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh sistem instalasi yang menggunakan Unified Extensible Firmware Interface. Dengan cara ini anda tidak harus install melalui cara konvensional yang menggunakan DVD installer dan menggunakan DVD Rom.

Install Windows 7 UEFI

Dengan install Windows 7 melalui UEFI, maka user akan mendapatkan keleluasaan kepada pengguna seperti:

  • Cocok dengan sistem operasi yang hanya mendukung BIOS
  • kemampuan untuk booting dari disk yang besar
  • arsitek CPU yang independen
  • drive CPU yang juga independen
  • Sistem operasi yang lebih fleksibel
  • Kecepatan booting dari mode hibernate
  • dan banyak lagi

Install Windows 7 Tidak dengan Cara Konvensional

Di postingan kali ini saya akan memberikan panduan instal Windows 7 dengan menggunakan mode Unified Extensible Firmware Interface, langkah demi langkahnya kepada Anda.

  • Booting ke DVD instal Windows 7 Anda, tekan tombol apapun misalnya F11 maka akan muncul tampilan menu seperti gambar di bawah ini kemudian klik UEFI.

Cara install Windows 7 menggunakan UEFI

  • Kemudian Anda ikuti saja proses instalasi Windows 7 hingga kemudian Anda menemukan langkah seperti gambar di bawah ini. Hapus semua partisi, pastikan Anda melihat tampilan Unallocated Space di jendela instalasi.
  • Selanjutnya klik menu New – Apply, kemudian klik tombol OK. Maka sekarang partisi Anda telah diformat dalam format GPT dengan 3 jenis partisi. Pilih partisi 3 – Primary kemudian klik tombol Next (mungkin Anda akan menerima peringatan “Windows can’t be installed on drive 0″ namu selama Anda dapat mengklik tombol Next, tidak akan menjadi soal.

Proses partisi hardisk yang akan di install Windows 7 UEFI

  • Selanjutnya selesaikan proses instalasi hingga tuntas.

Ingin Install Windows 7 dengan UEFI? Di sini proses install-nya

Setelah komputer restart dan Anda berhasil booting, maka komputer Anda telah berhasil terinstal dengan menggunakan Unified Extensible Firmware Interface, selamat mencoba dan semoga berhasil.

  1. fahmi
    Jul 9, 2013

  2. lha kalo disk participan nya dihapus
    berarti disk nya cuma C aja
    lha gimana D sama E

  3. Software Pc Mania
    Aug 12, 2013

  4. wah sangat membantu sekali tutorial cara instal windowsnya,. salam kenal gan dari softwarepcmania

  5. yoga
    Jan 4, 2014

  6. Untuk activator nya gimana gan? Activator saya tidak bisa digunakan kalau windows di install pada uefi mode. Mohon solusi nya gan.

  7. dedy casiro
    Feb 15, 2014

  8. Terima kasih mas saya mau coba dulu kebetulan ne komputer saya lagi ada masalah

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

apakah bisa dual boot menggunakan mode UEFI cara booting uefi cara format hardisk lewat bios cara instal win 7 di bios uefi cara membuat dual boot pada mode uefi cara memformat harddisk yang terinstal windows hardisk tidak bisa install windows kelebihan cpu Partisi HDD di UEFI apa fungsi dan penjelasan aplikasi clean master buat hp android Modem ganti card macet laptop acer one tampilan ngak muncul repost instagram menjadi pro extract exe to iso apk wallpaper layar kunci lenovo download bisakah membuat kamera cctv dengan kamera hp Cara mengatasi hardisk internal yg eror karena notebook mati cara ganti id line fungsi air gesture samsung s4 masalah pada laptop sony yang tiba-tiba mati