Backup Restore Data Menjadi Lebih Mudah dengan Acronis True Image

Jan 25, 2012 by Under Computer Stuff - 9 Comments  

Rutinitas pengoperasian tanpa adanya perawatan rasanya justru akan dapat merugikan Anda sendiri sebagai pengguna komputer. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk menyadari betapa pentingnya perawatan dan pemeliharaan yang tidak hanya berkaitan dengan keberadaan hardwarenya tapi juga keberadaan software itu sendiri.

Menyinggung tentang perawatan dan pemeliharaan sistem komputer, setiap sistem operasi yang ada biasanya masing-masing telah menyediakan perangkat (tools) utilitas internal bawaannya sendiri yang notabene memiliki kemampuan untuk membantu para penggunanya dalam melakukan proses perawatan dan pemeliharaan sistem komputer yang ada. Kemampuan tool utilitas bawaan sistem operasi tersebut pun boleh dibilang tak kalah bagusnya dengan tool utilitas eksternal lain yang beredar di pasaran saat ini. Dan semuanya rasanya tinggal tergantung para penggunanya saja dalam mengoptimalkan penggunaannya.

Kemampuan utilitas bawaan ini, pada dasarnya memang akan terus ditingkatkan dan disesuaikan oleh vendornya sendiri seiring dengan dirilisnya versi terbaru dari sistem operasi yang dimaksud. Maka dari itu, bagi Anda yang tidak mau repot dikarenakan sibuk menjalani rutinitas keseharian menggunakan sistem komputer, dapat mempergunakan tool utilitas internal bawaan sistem operasi yang ada untuk membantu melakukan perawatan sistem komputer sesuai kebutuhan Anda tentunya.

Namun demikian, seandainya Anda kurang puas dengan tool utilitas internal bawaan yang ada dan Anda memerlukan software utilitas sejenis dengan fitur yang lebih lengkap dan handal, maka Anda bisa menggunakan Acronis True Image yang satu ini. Tapi mengingat keberadaan software ini berbayar (shareware) maka biasanya si vendor akan menyodorkan terlebih dulu versi trial-nya dalam tenggat waktu tertentu bagi para pengguna yang berhasrat mencobanya. Dan setelah mencoba ternyata si pengguna puas dan berkenan, maka si pengguna bisa langsung memesannya. Sedangkan bila sebaliknya jika tidak, si pengguna bisa langsung mengabaikan dan menghentikan penggunaanya dengan meng-uninstall-nya dari sistem komputernya.

Acronis True Image boleh dibilang sebagai salah satu software utilitas disk image handal, yang dikembangkan oleh Acronis, untuk melakukan proses backup dan restore sistem komputer sekaligus. Perangkat lunak ini memungkinkan para penggunanya untuk pembentukan disk image ketika sedang menjalankan pengoperasian Microsoft Windows atau offline sekalipun dengan proses boot dari CD / DVD, USB flash drive, PXE, atau media bootable lainnya. Sebagai perangkat lunak disk image, Acronis True Image dapat mengembalikan (restore) image yang diambil sebelumnya ke disk lain, mereplikasi struktur dan isi ke disk baru, juga memungkinkan melakukan kloning disk dan mengubah ukuran partisi, serta pembentukan disk baru dari kapasitas yang berbeda.

Backup menyeluruh sedini mungkin tentunya akan mencegah keluhan pada sistem komputer Anda. Acronis True Image tidak hanya mendukung keberadaan komputer, sistem operasi, dan data dengan proses yang mudah, otomatis, dan teratur tetapi juga mampu melakukan berbagai keamanan, privasi, dan tugas-tugas pemeliharaan yang dapat mencegah atau mengantisipasi permasalahan yang muncul. Hasil backup-an akan disimpan dalam file image (dengan ekstensi Tib.). Dan hebatnya lagi, Acronis True Image ini juga telah menyediakan kompatibilitas untuk file image yang terbentuk dari versi sebelumnya bisa langsung di-restore pada versi yang lebih baru atau sebaliknya.

Khusus bagi pemula, penggunaan Acronis True Image ini tidak hanya cukup fleksibel tetapi ternyata juga cukup mudah karena telah disertakan penjelasan yang jelas, tersedianya tool untuk membatalkan proses yang berjalan baik, dan antarmuka yang user-friendly. Pada kemunculan edisi paling barunya ini terdapat perbaikan dalam setiap kategori, terutama dalam penjadwalan, perlindungan, dan dukungan untuk fitur Windows terbaru.

Keunggulan yang diusung oleh versi-versi dari Acronis True Image yang terangkum sebagai berikut:

Acronis True Image Home 6.0 (2002) Versi ini mendukung pembuatan image disk pada media DVD recordable dan drive USB eksternal.
Acronis True Image Home 7.0 (2003) memiliki antarmuka wizard-driven, yang memandu pengguna melalui seluruh proses back up. Selain itu, versi ini juga mendukung fitur kloning disk, yang memungkinkan kloning hardisk yang satu ke hardisk lain secara langsung dan menghemat sumber daya dan waktu sistem komputer.
Acronis True Image Home 8.0 (2004) mengusung opsi-opsi dari penyimpanan image disk pada komputer remote atau laptop, dan kemampuan untuk mengembalikan (restore) file dengan menjelajahi file image.
Acronis True Image Home 9.0 (2005) meliputi SecureZone, yang memungkinkan back up image ke partisi drive tersembunyi, sehingga tidak dapat diakses oleh virus dan bahkan hacker sekalipun. Dengan adanya fitur Startup Recovery Manager, kabarnya bisa membantu untuk mengkonfigurasi sistem pengguna, membiarkan booting dan memulihkan (restore) dirinya sendiri tanpa keberadaan disk boot yang terpisah. Dan hal ini adalah salah satu fitur versi terbaru yang saat itu telah mendukung sistem operasi Windows 98 dan ME.
Acronis True Image Home 10.0 (2006) versi ini telah merilis kemampuan baru untuk pembackup-an dan pemulihan (restore) langsung pada jaringan berbagi (network share) dan FTP. Selain itu, juga dapat menyimpan arsip Outlook dan Outlook Express, termasuk Buku Alamat Windows (Windows Address Book) pengguna.
Acronis True Image Home 11 (2007) Versi ini menyediakan pengguna dengan lebih banyak pilihan, seperti File Shredder yang mampu menghancurkan file individual secara permanen sehingga tidak dapat dioperasikan lagi dan fitur Try&Decide, yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan fasilitas sementara, tempat yang aman pada hardisk di mana setiap perubahan sistem dapat dilakukan.
Acronis True Image Home 2009 memberikan perlindungan dengan fitur one-click yang memungkinkan pengguna untuk membackup komputer atau laptop dengan hanya sekali klik saja. Sedangkan fitur lain, seperti Windows Vista style dan sebuah option untuk pencarian teks lengkap, memperbolehkan pengguna berpengalaman melakukan pengoperasian image drive dan kloning disk dengan mudah.
Acronis True Image Home 2010 menyediakan pilihan baru berikutnya, yang terdiri dari Backup Acronis Nonstop, yang memberikan perlindungan data secara kontinyu, Virtual Hard Disk (VHD) dan dukungan Microsoft Windows 7. Versi ini memiliki Acronis Online Backup, yaitu sebuah fitur opsional yang memungkinkan untuk membuat backup data penting ke media online yang ada.
Acronis True Image Home 2011 (2010) Versi ini mencakup fitur-fitur baru sebagai berikut: Mendesain ulang GUI, Windows 7 Integrasi secara lengkap; dukungan USB 3.0; Predefined Backup Schemes dan Check Poin untuk Acronis Backup Explorer.
Acronis True Image Home 2012 (2011) Merupakan versi Acronis True Image terbaru saat ini yang memiliki fitur-fitur baru sebagai berikut: File sinkronisasi, dukungan NAS, Backup Nonstop melalui jaringan, dukungan Extended Capacity Disk, Integrated Online Backup, Improved Log dan Improved UI

Kebutuhan sistem untuk menjalankan Acronis True Image yaitu:

Sistem Operasi Windows XP SP3
Windows XP Professional x64 Edition
Windows Vista SP2 (semua edisi)
Windows 7 (semua edisi)
Media Penyimpanan Hardisk
perangkat penyimpanan jaringan (optional)
FTP server (optional)
CD-R/RW, DVD-R/RW, DVD+R (termasuk double-layer DVD+R), DVD+RW, DVD-RAM, BD-R, BD-RE
USB 1.0 / 2.0 / 3.0, FireWire (IEEE-1394) dan perangkat penyimpanan kartu PC
ZIP, Jaz dan removable media lainnya

Sedangkan sistem file yang didukung adalah sebagai berikut:

  • NTFS
  • FAT16
  • FAT32
  • ext2
  • ext3
  • ext4 (Sejak versi 2011)
  • ReiserFS
  • Reiser4
  • Linux Swap

Selain filesystem yang didukung secara resmi, Acronis True Image juga menyediakan pilihan backup dan restore raw sektor untuk semua filesystem lain. Modus ‘Raw’ menyediakan dukungan untuk sistem file yang korup, ataupun yang tidak secara resmi didukung, dengan menangkap image lengkap dari semua sektor yang ada pada disk. Metode ini menghasilkan sebuah file image yang lebih besar karena tidak bisa dikompres, diubah ukurannya, ataupun restore file secara selektif pada filesystem yang belum diakui. Ya, selamat mencoba!

  1. anang
    Jan 26, 2012

  2. bisa dicoba program ini, karena beberapa waktu lalu teman saya kehilangan datanya akibat salah hapus..thanks buat sharenya fastandcheap

  3. fariz
    Apr 11, 2012

  4. pertanyaan sya cuma 1 bisa gk ya dipake cpu/laptop yang dual core/lebih soalnya sudah sering pake hiren’s ghos untuk backup system xp/wind 7 sukses tpi kalo dual core selalu gagal, ok thanks.

  5. Fikri
    Apr 13, 2012

  6. @fariz: Bisa saja, karena saya sendiri pernah menggunakan untuk backup Windows 7 32bit pada laptop Core i5 (Dengan catatan menggunakan CD Hiren Boot versi terakhir).

  7. Jaket motor
    Jun 19, 2012

  8. wah seneg nih baca baca disini banyak yg manfaat nih

    sore komandan…
    ane coba ah ilmunya..
    tengkiw ya
    salam sukses

  9. manyunte
    Jul 25, 2012

  10. keren Gan, ta coba dulu ATI-nya…

  11. bejo
    Aug 13, 2012

  12. link downloadnya mana?

    sekalian ama cracknya.

    thank’s

  13. rullybachtera
    Jul 17, 2013

  14. Cara mem-backup tools driver nya gimana ya gan,?
    Jadi pada saat restore langsung menjalankan tools seperti EasyDriverPack.
    Seperti cara kerja universal ghost gitu gan… .

    Mohon petunjuknya,,

    Terimakasih.

  15. Chintya TH
    Oct 7, 2013

  16. Barusan nyoba Acronis backup & restore 10.
    Gagal untuk Win 7
    Bisa backup, tapi gak bisa restore.

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

cara mengembalikan winrar yang di uninstall cara backup data xp cara ganti hardisk pc Acronis true image adalalah cara repair windows 7 pakai acronis cara restore windows 7 lewat acronis fungsi acronis data laptop jenis-jenis penyimpanan eksternal kapasitas outlook 2010 laptop apa saja yang menggunakan os linux membuat win7 bootable hardisk internal www kakao com memasukan no hp ke twitter software alat bantu cara menggunakan advanced task killer cara memutuskan akun fb dengan twitter aplikasi vokle kumpulan aplikasi fitur untuk samsung champ cara agar wallpaper di android tidak di crop cara menginstal game berformat rar nonton bola dlm hp cara merubah twitter ke tampilan lama