Apa Arti dan Fungsi Hashtag di Twitter? Ini Dia Jawabannya!

Jan 31, 2012 by Under Tips & Trik - 20 Comments  

Kadang ungkapan atau istilah – istilah yang ada di twitter sering membuat kita bingung. Karena Twitter sering menggunakan jenis-jenis karakter huruf yang berbeda. Misalnya @ (at) atau pun hashtag (#). Sebenarnya apa sih tujuan penggunaan dari karakter-karakter tersebut dan fungsinya untuk apa ?

Twitter meng-indeks seluruh sekuruh tweet dengan hashtag yang sama untuk mempermudah hasil pencarian topik-topik percakapan dengan hashtag tersebut. Semua orang bebas membuat hashtag. Namun, apakah hashtag yang sama memiliki arti yang sama pula bagi orang yang berbeda?

Banyak sekali istilah di internet, muncul banyak istilah yang benar dan tak sedikit juga suka membuat kita bingung. Terlebih lagi dalam kamus besar Indonesia maupun kamus Oxford  tidak bisa meng-updatenya secara cepat. Padaha, istilah tersebut sudah umum di gunakan di media internet.

Karena istimewa, khusus untuk jenis hashtag ini, anda bisa meluhat atau pun membuat definisinya sama hal nya jika anda melihat urban dictionary. Jika di lihat lainnya, Website seperti tagdef mengumpulkan definisi tersebut untuk di akses oleh seluruh pengguna twitter.

Berikut beberapa petunjuk mengenai hashtag.

  1. Buka browser kesayangan anda, arahkan URL nya ke http://tagdef.com/. Jika di lihat secara seksama, tampilan awalnya pada website tersebut , akan ada kolom yang menunjukkan fitur topik yang paling populer. Anda bisa langsung melakukan pencarian dengan mengisikan nama topik ke dalam kolom Enter hashtag or search phrase. Adapun trending topik yang paling populer adalah All time High yang artinya hashtag tersebut sedang banyak di gunakan orang.  Apa itu HASTAG
  2. Sesudah mengetikkan hashtag yang di cari, tekan ENTER pada keyboard atau klik LookUp. Look Up
  3. Apabila hashtag yang hendak anda gunakan tersebut belum di gunakan oleh orang lain, Anda bisa membuat definisinya sesuka hati Anda. Ketikkan pada tombol yang tersedia kemudian klik tombol Explain this tag.
  4. Jika sudah di add, jangan lupa untuk masuk ke dalam akun twitter anda. Anda juga bisa melihat details berapa orang pengguna yang menggunakan topik anda dengan meng-klik kan pilihan Details.

Bisa di lihat statistik di atas, ini merupakan fitur paling menarik yang di punya situs tagdef. Dari gambar statistik yang muncul di atas juga akan terlihat seberapa cepat penggunaan  dan perkembangan terhadap seuatu definisi. Selamat mencoba!

  1. kakalushop
    Feb 29, 2012

  2. Share tentang hashtag ini sangat bagus gan. Trims

  3. yusran
    Mar 22, 2012

  4. lumayan bisa nambah isi otak… hehehehehe

  5. fadjartn
    Mar 24, 2012

  6. makasi info tentang hastagnya… :)

    tks bro, just got it now.

  7. Opick
    Jun 11, 2012

  8. oh jadi gitu ya, ane baru tahu

  9. fajar
    Aug 24, 2012

  10. br ngeh kmrn2 gan.bikin twitter udh dr sept 2009,br ngeh 2 mnggu yg lalu apa itu hashtag -_-’
    btw,nice share gan :)

  11. Fikri
    Aug 24, 2012

  12. @fajar: Terima kasih banyak sudah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  13. Zulfa Amalia
    Sep 23, 2012

  14. terima kasih buat infonya jd tau fungsinya, salam sukses

  15. Fikri
    Sep 24, 2012

  16. @zulfa: Terima kasih banyak sudah berkunjung ke fastNcheap blog.

  17. aurora
    Oct 17, 2012

  18. trimakasih

  19. Fikri
    Oct 18, 2012

  20. @aurora: Terima kasih banyak sudah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  21. bonek gothic 666
    Oct 21, 2012

  22. manta666 gan…..
    ….. Timbang tolah toleh :p

    hahaha, bagus ini infonya, biyar orang pada g sotoy dan ke obati keponya, hahahaha

  23. Pendidik2u
    Jun 14, 2013

  24. Terima kasih.. baru ku faham fungsi ni..

  25. optimasi seo blog
    Jun 27, 2013

  26. thanks atas share infonya jadi dapat dipahami pungsinya

  27. Fikri
    Jun 27, 2013

  28. 2optimasi: Thanks sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya :)

  29. Muzhaki
    Aug 14, 2013

  30. Terima Kasih.

  31. Fikri
    Aug 15, 2013

  32. @Muzhaki: Sama-sama dan terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lagi ya.

  33. Abu
    Nov 30, 2013

  34. Keren Infonya Min….makasih ye

  35. umar danny
    May 1, 2014

  36. waah mantab infonya gann…salut buat blog.fastncheap.com sudah lama ga berkunjung kemari..semoga makin sukses..

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

arti hastag hashtag hastag arti hashtag apa itu hashtag maksud hashtag maksud hastag APA ITU HASTAG pengertian hashtag hashtag artinya apa arti Hastag Cara memutar video hd di blackberry alat tes ic cara download video flash melalui uc browser kenapa tidak bisa pakai photo studio di bb apakah vram laptop bisa ditambah cara mengupload file fb via android aplikasi ios 6 terbaik Aplikasi indo chat jar Cara perbaiki audio mp3 download aplikasi penyimpan catatan untuk android cara merubah hasil windows movie maker ke mp4/