AntiVirus Gratis Terbaik untuk Windows

Aug 17, 2010 by Under Tips & Trik - 127 Comments  

Melindungi komputer dari ancaman virus sangatlah penting karena virus akan mengganggu aktifitas anda yang berhubungan dengan komputer. Satu virus saja menyebar di komputer dapat membuat komputer anda sering mengalami trouble dan bahkan kadang kala tidak bisa digunakan sama sekali. Dibutuhkan antivirus yang handal untuk meredam serangan yang datang baik berupa virus, spyware, malware atau gangguan lain yang mengancam kelangsungan hidup sebuah operating system windows.

AntiVirus Terbaik untuk Windows

Kabar baiknya, ada banyak anti virus yang dapat di-download dan digunakan dengan gratis. Diantara banyak anti virus gratis yang ada, berikut kami berikan daftar anti virus terbaik yang kami ambil dari berbagai forum diskusi di internet.

Microsoft Security Essentials

Dirilis Microsoft pada akhir 2009, Microsoft Security Essentials mampu mencegah komputer anda terlindung dari virus. Sebuah terobosan baru dari Microsoft karena meskipun menggunakan embel-embel nama “Microsoft”, aplikasi ini dapat mendeteksi hampir semua ancaman pada sistem operasi windows.

Tidak dibutuhkan banyak setting untuk melakukan perlindungan penuh terhadap operating system karena microsoft telah merancang program ini bisa digunakan kalangan umum.

Microsoft Security Essentials

Catatan : Microsoft Security Essentials, terutama saat melakukan update online harus menggunakan operating system windows yang asli karena saat update website microsoft akan menverifikasi keaslian windows yang anda pakai. Jadi, bagi yang menggunakan versi bajakan, silahkan gigit jari karena tidak dapat melakukan update langsung. :D

Avira AntiVir Personal Edition

Avira AntiVir Personal Edition merupakan anti virus gratis yang mampu melindungi system anda daris serangan virus, spyware dan ancaman “rootkit”. Avira ini sangat mudah dan ringan dalam penggunaannya, tidak begitu membebani system dan dapat berjalan di “background” tanpa harus mengganggu aktifitas anda di depan komputer.

Avira AntiVir Personal Edition

Selain mencegah virus, avira juga dapat digunakan sebagai “mail scanning” untuk mendeteksi serangan yang masuk pada e-mail. Pada menu pengaturannya, pengguna dapat melakukan level pengontrolan apakah menggunakan yang super secure, medium atau level rendah. Semakin tinggi level yang anda tentukan, semkin besar pula beban “resource” komputer yang digunakan. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi komputer anda.

Avast! Free AntiVirus

Avast! free antivirus juga merupakan pilihan menarik bagi anda yang ingin menggunakan antivirus gratis di perangkat komputer. Tingkat ketelitian pendeteksian virus juga setara dengan antivus lain. Avast punya banyak fitur menarik seperti “real-time protection”, web scanning, mail, jaringan dan boot scanner.

Avast! Free AntiVirus

Jangan lupa juga, anti virus ini juga tidak begitu membebani resource di komputer sehingga tidak akan mengganggu aktifitas komputer anda sehari-hari.

Comodo Personal AntiVirus

Comodo AntiVirus juga tidak bisa dianggap enteng dalam menangani dan memerangi virus. Comodo menggunakan sebuah pendekatan teknologi yang mampu menghambat virus sebelum mereka merusak dan mendekati inti dari operating system.

Comodo Personal AntiVirus

Berbeda dari antivirus yang lain, comodo lebih banyak diam, dalam artian tidak begitu menampilkan pesan berupa window pop-up kepada pemakainya. Kedengarannya memang tidak begitu agresif seperti anti virus yang lain tetapi sangat efektif untuk menanggulagi bahaya yang masuk pada system.

Kesimpulan :

Tidak perlu repot-repot mengeluarkan isi kantong hanya untuk sekedar membeli lisensi dari perusahaan anti virus karena diluar sana ada banyak sekali antivirus yang bisa digunakan dengan gratis. Terkecuali jika digunakan pada perusahaan besar, anda mungkin harus membeli lisensi salah satu antivirus untuk digunakan menangani banyak komputer secara bersama-sama dan sekaligus mendapatkan dukungan dari perusahaan penyedia antivirus tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus yang anda gunakan guna menangani virus-virus varian baru yang muncul. Akan menjadi hal yang tidak berguna (meskipun anda menggunakan antivirus ber-bayar sekalipun) jika antivirus yang anda gunakan tidak pernah di-update guna untuk menangani ancaman baru dari varian virus baru yang beredar.

  1. Purwohadi
    Sep 1, 2010

  2. mau nanya kalau untuk fungsi windows defender apakah itu sama untuk proteksi juga, & satu lagi apakah bisa AVIRA digunakan secara bersama dengan microsoft security essential

  3. Fikri Online
    Sep 1, 2010

  4. @Purwohadi : Ya, sama, tertapi lebih spesifik untuk memproteksi spyware. Pada dasarnya Windows Defender merupakan anti spyware bawaan dari Windows Vista. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Wikipedia tentang Windows Defender.

    Untuk AVIRA dengan Microsoft Security Essential, kami belum pernah mencobanya tetapi secara logika bisa digunakan secara bersama karena merupakan program yang berlainan.

  5. ramadhaniwulan p
    Oct 25, 2010

  6. bagaimana cara mengatasi peng – update status pada comodo antivirus, yang selalu mbulet (mesti loading lama di 30 %) terus gagal ?.

  7. Fikri Online
    Oct 26, 2010

  8. @ramadhaniwulan p : Coba cek kenksi internet anda, apakah ada yang trouble? Kalau koneksi internet annda tidak bermasalah, kami sarankan anda menguninstall Comodo anti virus, restart komputer/notebook, bersihkan file temporary, cache dan file yang tidak dipergunakan lagi, restart lagi dan install Comodo anti virus versi terbaru. Setelah itu, coba update seperti biasa. Semoga berhasil! :)

  9. ramadhaniwulan p
    Oct 26, 2010

  10. trims sarannya. ^^

  11. Fikri Online
    Oct 27, 2010

  12. @ramadhaniwulan p : Sama-sama & terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog! :)

  13. casadena bentozt santosa
    Oct 29, 2010

  14. kira2 tu anti virus yg paling efektif bgt bwt proteksi komputer se apa??? bingung jeh, bolak balik instal yg ne, instal yg tu tp ttp aj KO m virus… kasih tw dungs ap yg paling handal, best of the bestlah bwt proteksi komputer….

  15. Fikri Online
    Nov 1, 2010

  16. @casadena bentozt santosa : Sepanjang pengalaman kami, memang anti virus itu datang setelah virus menginveksi (penyakit datang duluan baru ditemukan obatnya), jadi tidak ada anti virus yang sempurna karena semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    Kesimpulan, pilih salah satunya dan teruslah UPDATE antivirus tersebut baik softwarenya sendiri atau database antivirus tersebut!

    Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog! :)

  17. jose
    Nov 5, 2010

  18. bisa tuk virus shortcut g gan

  19. Fikri Online
    Nov 8, 2010

  20. @jose : Kalau buat shotcut, saya biasanya pakai avira engine & virus definitian terbaru. Jangan lupa juga, nonaktifkan sementara virus sebelum menginstall avira! :)

  21. fahmy
    Nov 9, 2010

  22. kalau registry kena virus ngatasinnya gimana ya?
    dari dulu pake mic essential security dan avira update trus.
    sama pake smadav pro 8.3. tapi gak ada yang bisa ngefix…
    mohon kasih saran?????

  23. Fikri Online
    Nov 9, 2010

  24. @fahmy : Coba anda gunakan registry cleaner untuk membersihkan registry. Jika masih belum bisa, pilihan terakhir install ulang windows anda! Semoga bisa membantu dan terima kasih telah berkunjung ke sini!

  25. fahmy
    Nov 9, 2010

  26. aku udah pake registry booster 2010, tuneup utilities 2011, advance system pro,
    tapi tetap gak bisa di fix.
    sepertinya karena terinfeksi virus.
    but thx atas sarannya.

  27. Fikri Online
    Nov 10, 2010

  28. @fahmy : Saran terakhir, install ulang windows anda! :D

  29. fahmy
    Nov 10, 2010

  30. @fikri online : akhirnya virusnya kena. jika butuh tutornya, http://4sharedtoday.wordpress.com/2010/11/10/tips-untuk-scan-menggunakan-antivirus/
    semoga dapat membantu yang lainnya.

  31. Fikri Online
    Nov 11, 2010

  32. @fahmi : Terima kasih banyak telah share dengan kami! :)

  33. chin
    Dec 13, 2010

  34. mas” klo mau membersihkan virus yg udah kedetect di avira free gmn?apa avira otomatis membersihkan sendiri?

  35. Fikri Online
    Dec 13, 2010

  36. @chin : Tergantung settingnya, kalau anda setting agar anti virus melakukan delete otomatis maka akan terhapus dengan sendirinya. Secara default, file virus akan dimasukkan ke dalam folder quarantine dan anda bisa melakukan delete secara manual. Caranya masuk ke bagian utama software avira free, cari bagian quarantine dan hapus secara manual virus yang ada di situ.

    Selamat mencoba dan semoga berhasil :)

  37. Michael
    Jan 12, 2011

  38. Microsoft Security Essentials memang bagus banget. Tapi, kalau Windowsnya bajakan (XP, Vista, 7), lama-lama akan ketauan dengan sendirinya.
    use it wisely, guys! (:

  39. Fikri Online
    Jan 12, 2011

  40. @Michael: Benar, memang seperti itu, harus menggunakan Original. Karena pada saat melakukan update, aktifasi dan lain-lain system akan melihat apakah windows tersebut masuk dalam database Genuine Microsoft.

  41. Lukisan Minimalis
    Jan 13, 2011

  42. Lg bingung dengan antivirus baru nih gan,,,, ad terus keluaran baru, smpe bingung di buatny,,,

  43. Fikri Online
    Jan 13, 2011

  44. @Lukisan Minimalis: Alangkah lebih baik anda menggunakan anti virus branded (Lebih ternama) karena hampir dipastikan anti virus tersebut tidak akan mati ditengah jana (Menghentikan proyek pembuatan anti virus). Sebagai contoh yang sudah kami sebutkan di atas. Semoga bisa membantu dan terima kasih telah berkunjung ke FastNCheap Blog! :)

  45. drogba
    Jan 15, 2011

  46. thanks gan buat infonya..

    mw nanya, bisa gak comodo gabung ma avg(digunakan bersama)?

  47. Fikri Online
    Jan 17, 2011

  48. @drogba: Kalau Comodo sama AVG kami belum pernah mencobanya. Yang kami pernah gabung hanya Avira + Avast, keduanya berjalan normal dengan catatan resource CPU dan memory pada komputer atau notebook banyak terpotong oleh kedua anti virus diatas.

    Saran kami, lebih baik anda menggunakan satu antivirus tetapi selalu up-to-date baik software engine atau virus definition database, dari pada menggunakan banyak anti virus tetapi semuanya tidak up-yo-date!

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog! :)

  49. ria
    Jan 24, 2011

  50. apakah anti virus bisa digandeng 2 dalam 1 komputer, misal avast dengan avira? mohon informasinya

  51. Fikri Online
    Jan 24, 2011

  52. @ria: Beberapa bisa dan dan beberapa yang lain mengalami crash. Sebagai contoh, di notebook saya sendiri menggunakan dua Anti Virus yaitu Avast dan Avira, sampai saat ini belum mengalami masalah. Tetapi dengan catatan, notebook/komputer anda sedikit lambat karena harus bekerja dengan dua Anti Virus.

  53. fauzan
    Jan 31, 2011

  54. bang mau nanya nih, g’mna yah ngatasin spyware yang udah lengket sama komputer kita ?
    mohon bantuannya…

  55. Fikri Online
    Jan 31, 2011

  56. @fasuzan: Coba update database antivirus yang anda miliki atau kalau perlu ganti anti virus sebelumnya dengan yang lain. Seudah itu, coba scan ulang seluruh file dan drive. Semoga bis membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung!

  57. khasanah
    Feb 6, 2011

  58. mz kan aq dah update avira.virusnya banyak banget.caranya gimana ya,agar virus itu kehapus..biar netbook ku.terhindar dari virus

  59. Fikri Online
    Feb 9, 2011

  60. @khasanah: Lebh baik anda menggunakan SATU anti virus saja tetapi harus selalu update database virus maupun engine dari software. Untuk update, biasanya antivirus sudah menyediakan cara sendiri dan anda bisa melakukannya dengan mudah.

    Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNcheap Blog!

  61. Felix
    Feb 19, 2011

  62. Hanya sekedar sharing mas, Sudah setahun lebih saya menggunakan kompi tanpa anti virus (menggunakan limited account) dan sejauh ini menurut saya sangat nyaman karena tidak perlu repot untuk melakukan update antivirus, juga kompi lebih enteng krn tidak perlu membagi memory dgn sang antivirus itu sendiri.

  63. Fikri Online
    Feb 21, 2011

  64. @Felix: Hanya menggunakan limited account, trik yang menarik untuk dicoba. Tetapi mungkin tidak efektif jika kita sering melakukan ujicoba pada system karena lebih banyak menggunakan user administrator.

    Terima kasih banyak telah berbagi pengalaman dengan kami dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog! :)

  65. nianji
    Mar 7, 2011

  66. apa avast bisa gabung dengan mse di pc ngak sih

  67. Fikri Online
    Mar 8, 2011

  68. @nianji: Saya beum pernah mencobanya sendiri, tetapi secara teori bisa digunakan secara bersama-sama karena menggunakan engine yang berbeda. Semisal ditengah anda menjalankan komputer terjadi masalah, anda bisa menonaktifkannya lagi kan?

  69. ZZg
    Mar 15, 2011

  70. mau nanya
    kemarin udah DL avast, trus pas diinstall ko lama gak selese2 ?? kira2 ada 3 jam saya nungguin. saya ada antivirus avira sama mse, rencana saya setelah install avast, avira mau saya uninstall karna saya telat update trus slalu muncul important massege di action centre. apa avast-nya crash sama salah satu antivirus tadi ya??
    mohon bantuannya

  71. Fikri Online
    Mar 15, 2011

  72. @ZZg: Kalau Avira sama Avast diinstall secara bersamaan bisa crash, tetapi jika diinstall MSE sama Avira atau MSE sama Avast tidak ada msalah karena keduanya memiliki engine yang berbeda. Berbeda dengan Avast dan Avira yang memiliki engine (Fokus anti virus) yang sama.

    Lebih baik lagi anda mencobanya sendiri.

  73. ZZg
    Mar 15, 2011

  74. oo gitu. makasih
    tapi mau nanya lagi :D
    kalo masa windows activation saya udah habis apa saya masih tetep bisa pake mse? soalnya saya gak nemuin serial number yg diminta.
    sorry banyak nanya.. xixixi

  75. Fikri Online
    Mar 15, 2011

  76. @ZZg: Maksudnya Windows yang anda miliki versi trial? Begitukah? Kalau versi trial, yang harus anda lakukan adalah membeli lisensi original Windows. Kalau Windows anda sudah aktif, secara otomatis MSE juga akan aktif.

  77. rio
    Mar 17, 2011

  78. bro mint cara setingan microsoft security essential biar kuat clean all virus.thx

  79. ndox
    Mar 17, 2011

  80. Mas mo nanya nih, kalo untuk netbook antivirus apa ya yang paling ringan digunakan namun tetap efektif ? dengan update yang tidak terlalu besar tentunya. Trims

  81. Fikri Online
    Mar 17, 2011

  82. @ndox: Coba anda ke sini http://blog.fastncheap.com/avast-free-antivirus-anti-virus-gratis-terbaik-2011/

    Selama ini kami installkan AV itu pada notebook maupun netbook customer kami. Semoga bisa membantu

  83. rudy roots
    Mar 23, 2011

  84. saran ane…avira+smadav atw avast+smadav. lumayan bwt ngeblog virus luar+dlm negeri, tp harus slalu update. kl mw pakai mse windowsnya dijadikan asli dulu (caranya cari di google)..stlh itu validkan ke http://www.microsoft.com/genuine/validate/ (pakai internet explorer jgn pakai opera atw mozilla) kl sdh valid akan muncul tampilan web dimana ada penawaran download mse. tp updatenya hrs offline spy gk kedetect sm microsoft.

  85. Fikri Online
    Mar 23, 2011

  86. @rudy roots: Terima kasih banyak telah berbagi pengalaman dengan kami dan pengunjung lain di FastNCheap Blog! :)

  87. kill machine
    Apr 5, 2011

  88. kalau bitdefender gimana???
    bagus gag???

  89. kill machine
    Apr 5, 2011

  90. klau bitdefender gmana??
    bgus gag??

  91. Fikri Online
    Apr 6, 2011

  92. @kill machine: Belum pernah mencoba jadi belum tahu kehandalanya.

  93. hen
    Apr 6, 2011

  94. kalau file nero nya kena virus , gimana delete nya ? apa klik deny access ?

  95. Fikri Online
    Apr 6, 2011

  96. @hen: Maksudnya virus dalam CD? Kalau seperti itu, copy file dari CD yang belum terkena virus ke komputer, buang CD tersebut dan burning ulang menggunakan aplikasi burning CD. Semoga bisa membantu dan terima kasih telah berkunjung ke sini.

  97. eni
    Apr 7, 2011

  98. mo tanya Gan…aku lagi seneng gunain DR.WEB Live CD…
    aku gunain di kantor saya..n bisa di jalankan…tp saat aku make di PC sendiri kenapa tidak bisa ya Gan???apakah mmg OS nya beda ya???atau mungkin bisa kasih saran gimana saya bisa gunakan av Dr. WEB di PC saya Gan???tq…

  99. Fikri Online
    Apr 8, 2011

  100. @eni: Bisa dijelaskan anda di kantor menggunakan OS apa dan di rumah menggunakan OS apa?

  101. Joe_drak
    Apr 13, 2011

  102. wah kali baru dpt nich Web yg ngejelasin + ramah thx y atas pemberitahuan nya sangat membantu kok kk….!!!
    cmn saya pengen nnya nich anti virus yg ga Berat+ ramah apa y >??
    mohon saran nya

  103. Fikri Online
    Apr 14, 2011

  104. @Joe_drak: Sepanjang pengalaman pribadi saya, Avast adalah yang terbaik. Selengkapnya anda bisa baca artikel yang khusus membahas tentang Anti Virus Avast. Terima kasih banyak telah berkunjung ke sini.

  105. asus87
    Apr 19, 2011

  106. wah…bagus2…klo dr.web ato clam av bgus ga tuh? kan free juga itu…

  107. Fikri Online
    Apr 19, 2011

  108. @asus87: Belum pernah memakainya jadi belum tahu kualitasnya. Jika anda punya pengalaman tetang kedua AV tersebut bisa share dengan kami di sini. Terima kasih banyak telah berkunjung ke sini.

  109. roni
    Apr 21, 2011

  110. bos nanya nih,kalau AVG 2011 gimana,trus klu dipasngkan sama mcrsof esentsiail,crash ngk ya..dilaptopku ada wndos biftendernya,tapi kok ngk ada keluar ya,klu di search baru keluar klu ada,atas penjelasanya trm kasih,maaf bru pemula..

  111. Fikri Online
    Apr 24, 2011

  112. @roni: Mohon maaf, kalau AVG belum pernah mencoba sendiri jadi belum bisa memberikan saran. Untuk memunculkan Bit Defender, buatlah ShortCut pada desktop atau Start Menu sehingga lebih mudah diakses. Jika ingin diload ketika Windows menyala, masukkan dalam folder Startup. Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  113. roni
    Apr 24, 2011

  114. terimakasih saranya mas

  115. Fikri Online
    Apr 25, 2011

  116. @roni: Sama-sama dan terima kasih banyak atas kunjungan baliknya ke sini.

  117. Achmad
    May 6, 2011

  118. @all: kembali mo share masalah ini…
    bagi pengguna yang menginstall windows xp-7 bukan OEM jangan pernah untuk install MSE (microsoft security essential).
    saat instalasi MSE takkan mencari registry time yg sudah d crack… tetapi setelah booting ulang maka file dan registry palsu akan langsung dimusnahkan.
    tetapi secara sepenuhnya MSE antivirus yang lumayan baik dalam mendeteksi spyware, malware, virus bahkan malicious code sekalipun, pernah saya sandingkan dengan avast! hasilnya sama imbang dalam mendeteksi malware dan spyware yang sengaja saya taruh dan saya sembunyikan di harddisk.

    gambaran tentang antivirus gratis saya memilih avast! pada awalnya saya install AVG 2011 tetapi saat saya menaruh crack untuk system windows AVG menilai itu virus jenis WORM kemudian setelah dibersihkan AVG windows reboot dan gak pernah masuk ke system windows lagee.

    sedang untuk avira pada saat scanning pada file yang mengandung malware atau bahkan mengandung virus sangat membahayakan avira sendiri sehingga file yang mengandung malware atau virus langsung di beri peringatan tetapi sulit untuk memperbaiki.

    avast! beda, dengan adanya tambahan aplikasi sandbox di avast!6 memberi peringatan tentang adanya malicious code sehingga instlasi dan jalannya aplikasi yang mengandung malicious code tersebut selalu dalam pengawasan terutama saat melakukan update via net.

    hanya saja avast! sangat berat karena realtime protectionnya tanpa ampun mensurvey file yang belum pernah di scanning dengan aplikasi ini.

    terima kasih…
    semoga bermanfaat.

  119. Fikri Online
    May 6, 2011

  120. @Achmad: Sekali lagi, terima kasih banyak telah berbagi pengalaman dengan kami di FastNCheap Blog.

  121. Roxas
    May 11, 2011

  122. gan, cuma nambahin, kalo aq pakai deep freeze, anti virusnya cuman smadav, jika ada virus masuk, tinggal d reboot aja,(cuma c: atau lokasi system aja yg di deep freeze) untuk software atau file exe kompres jadi zip ato rar, ga bakalan deh di templokin virus(kecuali sebelum dikompres dah kena virus) n kalo mo pake harus d extrak dulu jangan di klik2x. Kompi aq ga pernah instal ulang ato rusak oleh virus mulai beli ampe sekarang…

  123. Fikri Online
    May 12, 2011

  124. @Roxas: Terima kasih banyak telah berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lain di FastNCheap Blog.

  125. yayan
    May 27, 2011

  126. saya pake anti virus avas, biasanya kalo saya browsing langsung aktif avast spy warenya, tapi sekarang engga, kira2 kenapa ya?

  127. Fikri
    May 27, 2011

  128. @yayan: Coba di uninstall, restart komputer/notebook, kemudian install lagi.

  129. sam
    Jun 3, 2011

  130. NUMPANG NANNYA NIH..
    klw komputer dan laptop saya klw di pake lama2 muncul informasi Virtual memory low lalu kinerja komputernya jadi lemot, setau saya masalah ini terjadi bermula ketika flashdisk saya terkena virus shortcut dan autorun.inf kemudian saya colokan ke komputer dan laptop saya alhasil komputer jadi lemot, dan setiap kali flashdisk di colokin ke komputer dan laptop maka akan terkena virus shortcut dan autorun…aneh nya lagi flashdisk yang terkena virus itu udah saya format tapi masih aja ada virusnya komputer dan laptop saya pun udah saya instal ulang dan format drive C(system) pake windows xp(sama seperti sebelumnya) tapi masih aja masih aja muncul informasi Virtual memory low….
    MOHON BANTUANNYA untuk menghilangkan virus di flashdsik dan memperbaiki Komputer saya ….
    THANKS sebelumnya…

  131. Fikri
    Jun 3, 2011

  132. @sam: Kemungkinan yang terkena virus AutoRun itu drive selain C, jadi ketika windows sudah terinstall, C bersih dari virus, kemudian anda buka drive D maka virus kembali menyebar. Coba anda bersihkan virus di drive D secara manual menggunakan DOS (Atau tools ,lain) sehingga virus tidak kembali menyebar.

    Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  133. sam
    Jun 3, 2011

  134. klw boleh tau bagai mna cara membersihkan virus dgn DOS..???

  135. Fikri
    Jun 4, 2011

  136. @sam: Kalau pakai DOS ya harus masuk command prompt, ubah permission file dari virus kemudian hapus file virus tersebut. Tapi kadang kurang efektif karena saat menghapus file virus berarti mengeksekusi file yang artinya menambah “kans” virus untuk menyebar.

  137. DDV
    Jun 4, 2011

  138. saya mau nanya,beberapa hari lalu kan saya pakai comodo terus saya pakai lagi kaspersy..kan kapersky ma comodo crash.saya uninstal comodo trus saya instal kasprsk..beriktny saya instal lge comodo..bisa sih.tapi stlah laptop saya,saya restart.e,,comodonya error lalu saya uninstal.bebrapa hari berikutnya saya instal avg tp kaspersky saya uda saya unistal.trus sya instal i avg tp kok ada tulisanya crash sama comodo pdhal comodonya uda q unistal.tapi waktu itu di local disk c mash ada file comodo antvrus trus saya hpus trus sya instal i lgi avg tetep ga bisa.tulisannya tetep crash sma comdo.tolong pencerahannya.thanks

  139. Fikri
    Jun 6, 2011

  140. @DDV: Kemungkinan database tentang comodo masih ada di dalam registry, jadi masih crash meskipun sudah diuninstall. Coba gunakan registry cleaner untuk menghilangkan entry dari comodo, atau kalau memang anda bisa coba cari entry comodo pada registry secara manual, kemudian hapus.

    Saran terbaik, GUNAKAN SATU ANTIVIRUS TERPECAYA dan jangan sering gonta ganti anti virus karena malah merusak system windows itu sendiri. Saya sendiri memakai Avast pada notebook, Avira pada komputer kantor dan Avast pada komputer rumah dan belum pernah ganti AV, dengan catatan harus selalu update baik itu engine AV atau database virus definition.

    Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  141. chiqo
    Jun 12, 2011

  142. saya mau tanya..
    kemarin di CPU sy terinstal Symantec,lalu sy ganti dg AVG internet security pro..tp malah crash ama LAN dan ga bs dbwt koneksi..akhirnya sy uninstall,tp kelihatannya masih belum total untk proses uninstal-nya,, lalu coba sy isi dg AVIRA, ternyata pas loading instaler-nya terputus(belum sampai terinstal)… mohon bantuannya,,

    tks smblmnya..

  143. Fikri
    Jun 13, 2011

  144. @chiqo: Coba hapus secara manual semua Anti Virus yang sudah anda install, restart komputer dan coba install lagi. Saran kami, jangan terlalu sering gonta ganti Anti Virus, cukup dengan satu Anti Virus saja yang selalu di-update.

  145. burhan
    Jun 21, 2011

  146. mass..
    ni sy kan critanya diajarin sama bos ditmpt sy krj cara menginstall windows 7 n skaligus dipinjemin cd instalannya,tp stelah bbrpa komputer tlh di install & sy pasang anti virus microsoft esential di situ (antivirusnya) sllu muncul “genuine Microsoft” yg akhirnya anti virus tsb g mau di update,, trus apa yg hrs sy lakukan ?? mohon sarannya ,,
    sblm n sesudhnya sy ucapkan terimakasih ats bantuannya.

  147. Fikri
    Jun 22, 2011

  148. @burhan: Itu artinya windows anda bajakan, jadi yang harus dilakukan adalah membeli software asli Microsoft.

  149. bobo
    Jun 25, 2011

  150. bang fikri
    saya ada masalah dengan securty center untuk microsoft essential
    saya pake windows 7, di kolom bendera ada tanda (x) begitu di klik, di suruh aktifkan security center, tapi waktu di klik kok, di bilang “the widows service start cant be open”..
    sekarang securtiy essential saya, tidak bisa di pake, udah saya coba update, tapi tetep ga bisa
    saya juga coba windows solutions, tetap ga bisa..

    tolong pencerahannya

    regards
    bobo

  151. Achmed
    Jun 29, 2011

  152. Yah AVG tidak masuk

  153. cap
    Jul 6, 2011

  154. tetep eset dahhhhhh, selama makai eset aman2 aja

  155. Fikri
    Jul 6, 2011

  156. @cap: Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  157. gibran
    Jul 17, 2011

  158. aku sudah menggunakan avira+MSE+smadav dan itu baik-baik saja, tapi avira ku uninstaller dan sekarang MSE+smadav. pertanyaanya apakah MSE bisa di gabungkan dengan avg free edtion?dan avira vs MSE masih bagusan mana?

  159. Fikri
    Jul 18, 2011

  160. @Gibran: Untuk gabungan AVG dan MSE, mohon maaf belum bisa memberikan saran sebab saya belum pernah prakterk sendiri. Avira dan MSE, menurut saya pribadi lebih bagus Avira.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di FastNCheap Blog.

  161. Jun Akatsuki
    Jul 19, 2011

  162. Avast + Smadav = Is The Best

  163. gumilang
    Jul 19, 2011

  164. maaf ka,numpang nanya..
    tiap saya nyalain komputer tuh,suka keluar “Genuin Microsoft”. terus d’suruh masukan Paswod ..

    gara gara itu d’layar dektop ku jadi ga ada Walpapernya..
    kk mohon beri pencerahan ..

  165. Fikri
    Jul 20, 2011

  166. @Jun Akatsuki: Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  167. Fikri
    Jul 20, 2011

  168. @gumilang: Anda memakai Windows bukan original ya?

  169. Dede Siti
    Jul 22, 2011

  170. Mas,mau tanya saya pake netbook,nah antivirus yang ok untuk netbook saya apa? saat saya membeli netbook sudah ada antivirusny yaitu :SMADAV. apakah itu sudah cukup untuk antivirus di netbook? mengingat netbook tidak boleh menggunakan yang berat2. thanks mas

  171. Fikri
    Jul 22, 2011

  172. @Dede Siti: Kalau Smadav saja belum cukup, harus memakai atau menambahkan Anti Virus lain ke notebook. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastnCheap Blog.

  173. omen
    Jul 30, 2011

  174. gan..ane mw nanya ni..ane pny warnet..d kom 9 ma 10 ane tw2 koneksi terputus..pdhl yg laen ttp aktif.,.d cek kabelnya ttp pd tmpt`y, ane isntall ulang windows jg udah..tp ttp j diskonek truz pc 9 ma 10..tlong pencrahan`y ni gan..thx yo..:)

  175. Fikri
    Aug 1, 2011

  176. @omen: Coba eksperimen dengan menggunakan External LAN Card, barangkali bisa. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  177. Arka
    Aug 12, 2011

  178. gan, kaspersky ama MSE gk crash

    makin mantapss

  179. Fikri
    Aug 15, 2011

  180. @Arka: Terima kasih banyak telah berbagi pengalaman anda dengan kami dan pembaca lain di FastNCheap.

  181. Achmad
    Sep 6, 2011

  182. saya sendiri lebih suka pakai Avira AntiVir Personal – Free Antivirus gratis ringan

  183. Fikri
    Sep 6, 2011

  184. @Achmad: Betul, gratis dan legal memang lebih baik. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  185. indra
    Sep 24, 2011

  186. kenapa ia di laptop saya (toshiba) memakai koneksi im2 dan memakai anti virus microsoft security essentials malah tidak jalan koneksi datanya..
    setelah antivirus tersebut dimatikan,internet lancar kembali..
    padahal saat mendownload antivirus tsb koneksi sangat cepet..

    mohon saranny.

  187. Fikri
    Sep 28, 2011

  188. @indra: Mungkin karea software modem yang dipakai untuk koneksi im2 tereteksi sebagai sebagai virus, jadi tidak bisa connect. Atau coba anda nonaktifkan firewall dan security yang berhubungan dengan jakur koneksi internet agar bisa connect lagi.

    Semoga berhasil dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  189. bucocat
    Oct 2, 2011

  190. mau nanya nih gan, kalau smadav + MSE bagus gak?

  191. Fikri
    Oct 3, 2011

  192. @bucocat: Mohon maaf, belum pernah mencobanya sendiri jadi belum bisa memberikan referensi. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  193. radit
    Oct 9, 2011

  194. ,maav q tnya,,,
    ku pke avast pro,,,
    trus mnta di update,,
    kok gk bisa d update knpa,,
    pdahal kneksi internet nya HIGH…..,,
    trus slalu mncul tlisan buy avast,,,,,
    cra update avast pro jdi gratis gmana,,??

  195. Fikri
    Oct 10, 2011

  196. @radit: Kalau mau upgrade avast ke Pro ya memang harus bayar.

  197. wahyu masake
    Oct 28, 2011

  198. Om fikri… mo nanya nih…
    avast free ama full tapi crack lbh ampuh yg mana??
    trus versi crack kalo diupdate database & prgm-nya bisa gak??
    caranya gmn???
    thanks sblmnya

  199. Fikri
    Oct 28, 2011

  200. @wahyu: Mohon maaf, belum pernah coba yang crack jadi belum tahu hasilnya bagaimana. Selama ini masih setia memakai versi free. Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  201. ddwd
    Dec 12, 2011

  202. kalo avira diinstal sama avast bisa gak

  203. ddwd
    Dec 12, 2011

  204. kalo avira sama avast cocok gak

  205. Fikri
    Dec 13, 2011

  206. @ddwd: Bisa saja tetapi hasilnya saya kurang tahu sebab saya sendiri beum pernah melakukannya. Kalau menurut saya sendiri, satu Anti Virus sudah lebih dari cukup asalah engine maupun database Anti Viurs terus update.

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  207. xplo
    Jan 1, 2012

  208. gan adakah anti virus yang bisa diinstal dalam flashdisk dan yang lebih dicondongkan bwat menetralkan virus

  209. Alif Nizar
    Jan 3, 2012

  210. gan mending pake avast ama avira

  211. Alif Nizar
    Jan 3, 2012

  212. F-SECURE,SYMANTEC NORTON JUGA GAN DAN JANGAN LUPA ESET

  213. Fikri
    Jan 3, 2012

  214. @xplo: Wah, kalau yang seperti itu saya kurang tahu sebab saya sendiri tidak pernah menggunakan Anti Virus Portable. Mohon maaf belum banyak membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

    Coba ke sini http://portableapps.com/search/node/anti+virus barangkali anda menemukan Anti Virus terbaik untuk flash disk.

  215. Fikri
    Jan 3, 2012

  216. @Alif: Terserah pilihan masing-masing, karena menurut saya kedua anti virus tersebut memang bagus untuk komputer maupun notebook.

  217. ryan
    Mar 10, 2012

  218. mas mw nanya,.,
    klau avira sma MSE tu rngan y9 mna yah mas,.,???
    trma ksih sblmnya,.

  219. Fikri
    Mar 13, 2012

  220. @ryan: Untuk pemakaian pribadi, saya pengguna setia Avira :)

  221. dwi
    Apr 21, 2012

  222. kalo virus mendisable koneksi internet, gmn mas cara ngatasinya. jd bingung kmptr ga bs buat internetan. tlng bantuanya.. makasih..

  223. Fikri
    Apr 22, 2012

  224. @dwi: Coba update anti virus secara manual dan lakukan scan secara menyeluruh. Kalau perlu, coba lepas hardisk, pasang di komputer yang lain kemudian scan secara menyeluruh.

  225. cigrafalsbest
    May 19, 2012

  226. om , saya mau tanya cara ngapus WARNINGS di avira gimana ya ..
    Saya kan barusan scan komputer saya , di c saya ada 7 Warnings nya ,,
    di D saya ada 70 Warnings nya , gara gara leptop saya di pinjem temen saya ..

    Gimana soslusi nya om , tolong saya om ..

    Thx

  227. tri lamhot
    Jun 12, 2012

  228. mas avira saya gk bsa di update
    teruz klo saya mau ngupdate secara manual timbul tulisan seperti ini>>

    c:/windows/system32/dwmapi.dll is either not designed to run on
    Windows or it contains an error.Try installing the program again using
    the original installation media or contac your system administrator or
    the software vendor for support.

    Mohon sarannya dong Mas… :)

  229. Fikri
    Jun 13, 2012

  230. @tri lamhot: Solusi yang biasa saya lakukan kalau menemukan yang seperti itu:

    1) Download Avira versi baru.
    2) Uninstall Avira lama.
    3) Restart komputer.
    4) Install Avira yang baru (Yang baru saja didownload).
    5) Update Anti Virus.

    Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak telah berkunjung ke FastNCheap Blog.

  231. MHy
    Jul 14, 2012

  232. bg mau nanya kalau microsoft security essential & norton antivirus dijalankan berduaan gitu,,ada pengaruh gak buat laptop?

  233. Fikri
    Jul 15, 2012

  234. @MHy: Mohon maaf, kalau double-double seperti itu saya belum pernah mencobanya, jadi belum tahu jadinya seperti apa. Kalau saya sendiri biasa menggunakan 1 antivirus yang selalu update baik engine maupun database anti virusnya.

  235. irawan
    Jul 22, 2012

  236. saya cocok pakai avast,karena saya sering online dan bisa menangkal malware.selain itu,dengan kapasitas ram saya yang cuma 1GB,tidak mengganggu kinerja netbook saya..hehe

    just sharing.. :)

  237. Fikri
    Jul 24, 2012

  238. @irawan: Terima kasih banyak sudah berbagi pemgalaman dengan kami dan pembaca lain di FastNCheap Blog.

  239. farlin
    Dec 12, 2012

  240. kenapa laptop datanya timbul di libraries sedangka data yg saya simpan di drive D, ap cara mengatasinya teman teman tlong di kasih tau?

  241. Fikri
    Dec 12, 2012

  242. @farlin: Anda pada waktu simpan data di mana? Kalau data di dimpan di D ya akan ada di drive D. Kalau di simpan di Libraries ya munculnya di Libraries.

  243. faisal
    Dec 17, 2012

  244. avira bagus tapi ukuranya besar

  245. Fikri
    Dec 18, 2012

  246. @faisal: Terima kasih banyak telah berkunjung ke sini, jangan lupa baca artikel menarik lainnya di FastNCheap Blog.

  247. Agung
    Jan 7, 2013

  248. Gan kl pake 2 antid virus smadav degan avast bisa tdk dan bermasalah tdk?

  249. Fikri
    Jan 7, 2013

  250. @Agung: Sebaiknya pakai Avast saja dan tidak perlu ditambahkan Smadav. Tentunya Smadavnya harus terus diupdate.

  251. abdi syahputra
    May 19, 2013

  252. udah..pakai avast aja,dijamin aman dari virus.avast memang okkkkkkkk.

  253. Fikri
    May 20, 2013

  254. @abdi Thanks sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya.

(Required)

Saya bukan SPAMMER!

anti virus yag antivirus pc dengan dukungan web definition update Dampak jika mengaktifkan windows defender dan anti virus norton pada windows 8 Cara agar twitter diverifikasi cara download lagu yang berbayar dengan gratis edit foto di android menjadi bentuk angka edit foto tema cinta agar wallpaper tetap penuh tanpa crop gmn caranya tips menginstall game lawas di windows 7 kamera bb warna a burem gimana cara ngebenerin a tips merubah hdd usb external di pc windows xp cara bikin ulaunch elf dengan ashampoo Untuk mengedit foto yang bergabung cara memindah file sd card ke phone wp8